March 21, 2016

Untuk Mobil Otonom, Goodyear Tawarkan Konsep Ban Masa Depan

Penulis: Desmal Andi
Untuk Mobil Otonom, Goodyear Tawarkan Konsep Ban Masa Depan  

MOBITEKNO -Perkembangan mobil otonom yang dapat menjalankan kendaraan tanpa harus ada orang dibalik kemudinya membutuhkan dukungan dari berbagai hal, termasuk ban. Goodyear sebagai perusahaan pembuat ban sudah menyadari hal tersebut sehingga mereka mencoba inovasi baru untuk model ban di masa depan.

Baru-baru ini, Goodyear mengumumkan konsep ban yang akan mereka lakukan untuk mempermudah pergerakan kendaraan di berbagai situasi. Goodyear sadar bahwa kendaraan otonom di masa depan tidak hanya harus bermanuver di jalan raya besar, tetapi juga harus dapat bermanuver di jalan sempit. Apalagi di kondisi area parkir yang iinfrastrukturnya bermacam-macam kondisi. Menyadari hal tersebut, Goodyear berinovasi dengan merancang konsep ban bulat spherical Goodyear Eagle 360s.

Masih menggunakan bahan karet, ban ini mengusung bentuk bulat dilengkapi dengan berbagai sensor di dalamnya. Dengan demikian, kondisi jalan raya bisa diinformasikan ke kendaraan dengan cepat sehingga komputer di mobil otonom bisa mengambil tindakan dengan tepat untuk proses pengendalian kendaraan secara otomatis. Keadaan jalan yang licin, basah, atau kering bisa dikondisikan terlebih dahulu sebelum kendaraan melakukan manuver.

Karena bentuknya yang bulat, model suspensi untuk ban jenis ini juga akan berubah. Eagle 360s menggunakan sistem suspensi magnetic levitation. Menurut Goodyear, sistem ini akan membuat goncangan lebih halus dan senyap didengar dari dalam kabin. Saat ini, Goodyear tidak terlalu banyak memberikan informasi mengenai ban ini. Namun, inovasi ini merupakan ide yang pintar untuk mendukung sistem berkendara di masa depan.

Sumber: mashable

Tags: , , ,


COMMENTS