May 9, 2016

Korban Airbag Takata Bertambah, Dua Pembalap Malaysia Kehilangan Nyawa

Penulis: Desmal Andi
Korban Airbag Takata Bertambah, Dua Pembalap Malaysia Kehilangan Nyawa  

MOBITEKNO – Masalah keamanan airbag dari Takata tampaknya masih terus berlanjut. Dua pembalap Honda kehilangan nyawanya di dua kecelakaan terpisah yang diduga karena masalah inflator pada airbag Takata. Kejadian yang terjadi di ajang Honda City Car pada tanggal 26 April dan 1 Mei 2016 ini membuat angka kematian akibat masalah airbag Takata bertambah menjadi 13 kasus. 10 kasus terjadi di Amerika Serikat.

Di dua kasus kecelakaan yang terjadi di Malaysia ini menyebabkan inflator pada airbag sisi pengemudi pecah dan airbag tidak mengembang dengan baik. Tidak sempunanya airbag justru membuat material pecahan dari inflator terlontar ke bagian tubuh pengendara dan menyebabkan kematian. Hal ini sudah dikonfirmasi oleh Honda yang bekerjasama dengan Royal Malaysia Police dalam penyelidikan kasus ini.  

“Honda Malaysia sedang bekerha dengan otoritas keamanan lokal untuk mendapatkan data dari pemilik kendaraan,” ujar Jordhatt Johan, perwakilan Honda Malaysia, dikutip dari AutomotiveNews.

Dua kendaraan Honda City ini sebenarnya sudah masuk ke dalam daftar recall akibat masalah airbag Takata. Delapan setengah bulan lalu, seorang wanita hamil menjadi korban pertama masalah airbag Takata di Malaysia.

Tags: , ,


COMMENTS