May 9, 2016

Inilah Sensus, Gitar Pintar Pertama di Dunia

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Inilah Sensus, Gitar Pintar Pertama di Dunia  

MOBITEKNO – Kemajuan teknologi sudah menyentuh berbagai aspek kehidupan manusia. Misalnya di bidang seni atau dalam hal ini di dunia musik. Inilah yang dilakukan ’MIND Music Labs’ dengan meluncurkan ‘Sensus’, sebuah alat gitar pintar (smart guitar) dengan sistem wireless.

Smart guitar ‘Sensus’ bukan sembarang gitar pintar akustik, listrik, atau apa pun yang hanya sekadar dipasangkan dengan peraltan elektronik. Sensus memiliki bodi kayu yang bisa dipakai untuk menghasilkan berbagai jenis suara dan modulasi dalam kualitas tinggi (high fidelity). Simak juga video demonya saat Sensus dimainkan oleh gitaris Valerio Fuiano..

MIND Music Labs berani menyatakan bahwa Sensus adalah gitar pintar pertama di dunia. Gitar ini dirancang untuk memuaskan kebutuhan para musis komtemporer yang selama ini selalu mengeksplorasi suara atau bunyi baru serta cara baruu untuk mengekspresikan kreasi mereka ke lebih banyak orang (pendengar).

Selain berfungsi seperti gitar yang sebenarnya, Sensus juga menyertakan sistem wireless audio 360 derajat untuk mentransmisikan suara yang dihasilkannya. Menurut MIND Music Labs, gitar ini bisa menjadi bagian dari perangkat IoT (Internet of Things) yang saat ini sering dibicarakan.

Seorang gitaris bisa memainkan Sensus seperti layaknya gitar, tapi berkat teknologi inovatifnya, gitar ini bisa menyediakan sesuatu yang lebih dari itu. Bodi kayunya bisa menghasilkan suara dan modulasi berkualitas tinggi dan tentu saja telah mendukung koneksi Internet untuk penerapan yang lebih luas.

Suara yang dihasilkan dari bodi kayu yang sama dengan kayu pada biola Stradivari ini merupakan efek dari vibrasi yang dihasilkan dari petikan senar saat dimainkan. Faktor inilah yang membuat MIND Music Labs masih menyebutnya sebagai sebuah gitar.

Seperti halnya sebuah perangkat ‘smart’, Sensus menggunakan standar platform, disebut LoT (Lab of Things), yang memungkinkan antar-perangkat bisa saling dihubungkan. Menurut MIND Music Labs, gitar ini sudah menyertakan sensor dan otak-digital “state-of-the-art” yang dapat menerima, mengolah, dan memagikan musik dan data secara optimal. Artinya, Sensus dapat memodulasi dan membuat efek musik yang hanya dibatasi oleh kreativitas pengunanya.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS