February 4, 2016

Toyota Stop Brand Scion

Penulis: Desmal Andi
Toyota Stop Brand Scion  

MOBITEKNO – Toyota Motor Co pada Rabu kemarin menginformasikan tidak akan ada lagi brand Scion untuk tahun-tahun mendatang. Merek Scion akan kembali menggunakan brand Toyota.

Scion yang lahir pada tahun 2003 sebenarnya dimunculkan Toyota untuk menarik kaum muda. Namun, selama kiprahnya 13 tahun, ternyata merek Scion tidak kunjung menarik pelanggan baru dan bahkan terus menggerus keuangan induknya, yaitu Toyota. Angka penjualannya dari tahun e tahun terus merosot.

Semua varian dari merek Scion akan dilebur ke brand Toyota, seperti model sportcar seri FR-S, sedan iA, dan seri iM yang merupakan varian hatchback lima pintu. Sementara model tC yang memiliki bentuk coupe akan dihentikan produksinya. Dengan berhentinya merek Scion, seperti yang dilansir Autoblog, 22 tim khusus Scion akan diberikan kesempatan untuk bergabung ke Toyota.

“Ini bukan langkah mundur untuk Scion, tetapi lompatan ke depan untuk Toyota. Scion akan menjadi bagian Toyota dan akan bersaing melalui jaringan Toyota,” ujar Jim Lentz, Founding Vice President and CEO Toyota Motor North America, seperti dikutip dari Autoblog.

Scion mengklaim selama 13 tahun beberapa kali memperoleh kesuksesan dari jualannya yang menyasar ke pelanggan muda. Sejak diluncurkan 2003, Scion telah berhasil menjual lebih dari satu juata unit terbaiknya. Sementara tahun terbaiknya ada di 2006 saat mampu menjual 173.034 unit dalam tahun tersebut. Selanjutnya, penjualan terus menurun dan kemudiaan semakin jatuh pada tahun 2009 yang hanya mampu menjual 57.961 unit. Dan akhirnya, pada tahun 2010, Scion benar-benar jatuh dengan hanya menjual 45.678 unit di tahun tersebut.

Sumber: Autoblog

Tags: ,


COMMENTS