April 15, 2015

Inilah Konsep Sepeda dan Sofa Racikan Mazda

Penulis: Desmal Andi
Inilah Konsep Sepeda dan Sofa Racikan Mazda  

MOBITEKNO – Mazda Motor Corporation mempersembahkan dua buah karya seni besutannya, "Bike by KODO Concept" dan "Sofa by KODO Concept". Keduanya merupakan konsep rancangan sepeda dan sofa yang terinspirasi desain KODO khas Mazda. Di sela-sela pembukaan Mazda Design: The Car as Art, yang berlangsung di Milan, Italia, kedua konsep tersebut juga diperlihatkan.

Selama bertahun-tahun, Mazda telah mempertahankan konsistensinya dalam merepresentasikan dinamisme sebuah gerakan di setiap desain produk buatannya. Dengan mengangkat tema desain KODO – Soul of Motion,  seluruh produk generasi terbaru Mazda dapat mengekspresikan kekuatan sebuah gerakan layaknya gerakan binatang yang sedang melaju kencang di alam bebas.
 
Melalui perhelatan acara Mazda Design: The Car as Art ini, Mazda juga mencoba melakukan evolusi yang menerapkan dua elemen eskpresi berlandaskan seni estetika dari Jepang, yaitu RIN. Arti dari RIN sendiri merupakan sebuah kewibawaan dan ketenangan; dan EN, sebuah unsur sensualitas yang dapat memikat panca indera.
 
"Bike by KODO concept" adalah sebuah rancangan sepeda balap yang ingin mengekspresikan keindahan alami yang tertanam pada sepeda tersebut. Struktur minimalisnya dibangun dengan menggunakan jumlah komponen yang seminim mungkin. Kerangkanya dibentuk secara cermat dan hati-hati dengan menempa satu persatu lembaran baja. 
 
Pelana kulit berwarna hitam hasil jahitan tangan menampilkan keseragaman desain benang dan jahitan warna merah yang serupa dengan desain All-New Mazda MX-5. Gabungan unsur dinamisme dan daya tarik yang terdapat pada rancangan sepeda ini juga terisnpirasi dari rancangan Mazda MX-5.
 
Sedangkan rancangan "Sofa by KODO Concept" merupakan karya hasil kolaborasi dari desainer Mazda dan perancang furnitur asal Italia. KOnsep sofa ini menampilkan perpaduan yang indah dari desain Mazda dengan kepekaan yang halus serta keahlian khas Italia dengan tradisi dan hasil karya furniturnya. Terlihat tegap layaknya All New Mazda CX-3.
 
Tak hanya "Bike by KODO Concept" dan "Sofa by KODO Concept", gelaran Mazda Design: The Car as Art juga memperlihatkan beberapa karya seni pengrajin tradisional Jepang yang terinspirasi dari filosofi desain Mazda, KODO – Soul of Motion. 
 
Karya seni yang ditampilkan antara lain, KODOKI, sebuah alat pendingin air anggur yang terbuat dari selembar tembaga hasil karya studio seni logam yang terkenal di Jepang, Gyokusendo. Hasil karya seni lainnya adalah SHIRAITO, kotak tradisional karya Kinjo-Ikkousai yang mengekspresikan kekayaan fenomena alam dengan menggunakan beberapa lapisan pernis dan pecahan kulit telur.
Tags: , ,


COMMENTS