August 26, 2020

Review Epson EH-TW570: Gambar Ciamik, Bikin Ketagihan Nonton Konten

Penulis: Rizki Romdoni
Review Epson EH-TW570: Gambar Ciamik, Bikin Ketagihan Nonton Konten  

Mobitekno – Anjuran Pemerintah RI untuk tetap berada di rumah sebisa mungkin selalu dipatuhi dalam kondisi seperti sekarang, agar penyebaran Covid-19 tidak semakin meluas dan segera berhenti. Hanya, tidak sedikit dari kita yang merasa bosan lantaran harus tetap di rumah selama masa karantina. Apalagi bagi mereka yang dalam kesehariannya sering melakukan kegiatan di luar rumah maupun senang bertemu dengan orang banyak.

Meski berpotensi menimbulkan kebosanan maupun gangguan kesehatan mental, tentu ada sisi baik dari masa karantina mandiri ini. Misalnya, kita dapat lebih sering bertemu dengan keluarga, atau kita bisa menekuni hobi yang selama ini ditinggalkan akibat kesibukan sehari-sehari. Beragam aktivitas lainnya juga dapat kita lakukan bersama anggota keluarga lain, dengan tetap mengedepankan imbauan seperti menjaga jarak, rajin mencuci tangan, tidak berbagi peralatan makan, dan lain sebagainya.

Dari sekian banyak aktivitas, salah satu yang paling favorit dilakukan adalah menonton film bersama keluarga. Kegiatan ini menjadi hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan di tengah karantina mandiri. Selain dapat menghibur diri bersama keluarga, kedekatan antaranggota keluarga makin terjalin erat.

Nah, belum lama ini redaksi Mobitekno mendapat kesempatan mencicipi salah satu lini produk Epson, yakni proyektor seri EH-TW570 untuk merasakan pengalaman menonton bioskop dari rumah. Mungkin dari kalian ada yang bertanya, “Lho, kok seri itu masih ada? Bukannya sudah discontinue alias dihentikan produksinya?” Iya, benar. Perangkat hiburan ini sudah disuntik mati oleh Epson. Kami mendapat kesempatan mencoba perangkat ini atas inisiatif Epson Indonesia yang sedang menggelar program media review.

Meski begitu, secara kualitas EH-TW570 terbilang masih bagus—apalagi di masa seperti sekarang, seluruh bioskop masih belum mendapat izin operasi baik dari Pemprov maupun Pemda.

Sebelum mengulas lebih jauh tentang home projector tersebut, kalian bisa melihat isi kotak kemasan Epson EH-TW570 terlebih dahulu di bawah ini. Apa saja kelengkapannya?

  • Unit EH-TW570
  • Lembar manual
  • Remote control
  • Kabel power

Sebagai pendahuluan, EH-TW570 merupakan proyektor hiburan rumah portabel yang mampu menyuguhkan grafis mendalam dan pengalaman sinematik 3D yang cerah. Memiliki bobot yang tergolong ringan di antara jajaran proyektor Epson, yaitu sebesar 2,4kg saja, secara teknis perangkat ini memberikan keluaran cahaya putih dan warna yang sama tingginya, yaitu 3000 lumens. Artinya, kualitas gambar yang dipancarkan sangat oke dalam format 2D ​​untuk menonton film, sehingga tidak perlu berada dalam ruang kondisi redup/gelap untuk menyaksikannya. Jadi, penulis membiarkan lampu di ruangan menyala sambil streaming film atau YouTube-an. Video dan gambar akan terlihat bagus pada resolusi layar lebar (WXGA), karena kebanyakan perangkat modern saat ini sudah mendukung layar lebar, sehingga kamu bisa menyesuaikan kualitasnya.

Epson Indonesia juga membekali paket hiburan ini dengan  Amazon FireTV Sticks, salah satu layanan streaming stick Amazon yang bertindak sebagai sumber konten. Penulis bisa menyaksikan tayangan Netflix, YouTube, IMDB TV, dan lain sebagainya lewat perangkat mini tersebut. Menariknya, Amazon FireTV Sticks juga menyediakan asisten virtual, Alexa. Cara mengaktifkannya cukup mudah, tinggal tekan tombol khusus Alexa pada bagian atas remote, lalu tunggu sampai layar berwarna biru, terakhir tinggal melakukan perintah suara.

Lebih dari itu, proyektor portabel ini memiliki rasio lemparan gambar standar. Contoh konkretnya begini: bila kamu berjarak sekitar 2m dari layar, maka lebar gambar yang akan terpampang akan berada di kisaran 128cm sampai 153cm. Home projector ini tidak hanya berguna di rumah saja, melainkan juga di kantor. Itu karena perangkat ini memiliki rasio kontras yang sangat tinggi, dimana bayangan pada gambar terlihat jernih dan tidak pudar. Pemandangan gelap dalam film dan olahraga akan terlihat bagus. Semua kualitas itu ditopang oleh teknologi 3LCD yang melahirkan warna cerah, jernih yang elok.

Tags: , , , ,


COMMENTS