September 25, 2020

Lenovo EdVision Percepat Transformasi Digital di Dunia Pendidikan

Penulis: Rizki R
Lenovo EdVision Percepat Transformasi Digital di Dunia Pendidikan  

Mobitekno – Menggandeng Microsoft, Lenovo baru saja meluncurkan Lenovo EdVision, sebuah program yang menawarkan solusi menyeluruh bagi institusi untuk memberdayakan generasi baru tenaga pengajar dan siswa melalui teknologi cerdas dan keterampilan digital. Program ini juga dirancang untuk mempersiapkan masa depan pendidikan Indonesia melalui percepatan transformasi digital.

Di bawah program Lenovo EdVision, nantinya sejumlah institusi pendidikan di Indonesia yang bergabung akan mendapatkan akses gratis ke platform pembelajaran online yang dapat mendukung perjalanan transformasi pendidikan, serta akses komplementer ke solusi teknologi Pendidikan terbaru. Institusi pendidikan yang tergabung juga akan mempromosikan dan mendorong adopsi teknologi di ranah pendidikan secara luas.

Mereka juga memiliki akses untuk mendapatkan pelatihan atau webinar tentang penggunaan produk TI penunjang proses pembelajaran dan menambahkan manfaat lain, di antaranya kesempatan untuk menghadiri Lenovo EdVision Summit.

Budi Janto, General Manager, Lenovo Indonesia, mengungkapkan bahwa pendidikan teknologi sangat penting untuk mempersiapkan karir siswa serta ekonomi Indonesia di masa depan. Saat ini, siswa di sekolah akan memasuki dunia karir yang belum terbayangkan. Artinya struktur dasar pendidikan juga akan berubah.

“Lenovo memahami tantangan yang dihadapi sekolah dalam mentransformasi pendidikan, dan menerapkan model pengajaran, pembelajaran, serta kolaborasi baru, sembari mengelola biaya, efisiensi, dan keamanan,” jelasnya.

LenovoEdVision01

Perangkat teknologi saat ini dapat dijangkau di hampir seluruh wilayah Indonesia, namun laporan Bank Dunia (2020) menyebutkan terbukanya akses tersebut perlu diiringi dengan keterampilan teknologi yang mendukung proses pembelajaran. Untuk itu, diperlukan transformasi yang mendorong tenaga pengajar dan siswa mendapatkan pelatihan memanfaatkan teknologi secara maksimal. Salah satunya adalah transformasi kepemimpinan yang melibatkan institusi pendidikan dan tenaga pengajar untuk memahami pentingnya teknologi dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud) juga menyadari pentingnya memberdayakan tenaga pengajar guna memajukan pendidikan di Indonesia, melalui program yang berkelanjutan. Kemdikbud juga terus melakukan pengembangan digital native untuk menjadi pemimpin masa depan hingga pembuatan platform khusus bagi tenaga pengajar untuk bertukar ide dan belajar tentang teknologi terbaru yang mendorong transformasi pendidikan. Mendukung perubahan nyata yang dilakukan Pemerintah bagi pendidikan Indonesia, Lenovo meluncurkan Lenovo EdVision.

Nunuk Suryani, Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kerja Kependidikan, mengatakan, “Kolaborasi antara penyedia teknologi dengan institusi ini sangat baik. Kami berharap kolaborasi ini membantu kami, agar guru-guru bisa bersinergi meningkatkan kompetensi,”

LenovoEdVision

Mitra dalam program EdVision juga akan menikmati gambaran awal tentang teknologi masa depan yang dapat membuat pendidikan lebih fleksibel, disesuaikan dengan kebutuhan, dan efektif. Lenovo dan Microsoft menawarkan rangkaian solusi menyeluruh, dirancang untuk kenyamanan penggunaan, kemudahan pemahaman, fleksibilitas, dan kolaborasi. Ini juga akan memberikan personalisasi skala besar agar sesuai dengan kebutuhan masing-masing sekolah.

Benny Kusuma, Education Lead, Microsoft Indonesia menegaskan bahwa Microsoft dan Lenovo bermitra untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang dipersonalisasi melalui teknologi yang mudah dikelola, serta diciptakan untuk ruang kelas dan pendidikan masa sekarang dan mendatang. Pembelajaran yang dipersonalisasi dapat memaksimalkan kesuksesan siswa dalam proses pembelajaran sekaligus mempersiapkan siswa untuk pekerjaan masa depan yang berkembang dengan cepat.

“Dengan perangkat Windows 10 yang terjangkau dan mudah didapat, ditambah solusi Microsoft 365 for Education, kami dapat mendorong potensi perkembangan siswa yang tak terbatas. Kemitraan strategis ini memungkinkan Lenovo untuk memperluas portofolio solusi pendidikan yang sesuai untuk kebutuhan e-learning,” kata Benny.

Sekolah dan mitra industri yang bergabung dengan program EdVision akan bekerja sama dengan Lenovo dan Microsoft untuk mempromosikan transformasi digital pendidikan, dengan berpartisipasi dalam konferensi pers dan aktivitas outreach lainnya.

Tags: , , ,


COMMENTS