September 24, 2020

PostgreSQL Hadir untuk Berikan Pengalaman Manajemen Data Open Source yang Lebih Baik

Penulis: Desmal Andi
PostgreSQL Hadir untuk Berikan Pengalaman Manajemen Data Open Source yang Lebih Baik  

Mobitekno – PostgresSQL Global Development hari ini meluncurkan versi terbaru dari aplikasi datatabse open source miliknya, yaitu PostgreSQL 13. Aplikasi ini membawa banyak keunggulan dibandingkan versi sebelumnya. Salah satunya adalah peningkatan pada sistem indeks dan fungsi pencarian yang menguntungkan database open source yang besar. Selain itu, PostgreSQL 13 juga memberikan penghematan ruang, waktu respons lebih baik untuk query yang menggunakan agregat atau partisi, dan peningkatan kinerja perencanaan query yang menggunakan statistik.

“Sejak awal kami selalu optimistis dan percaya bahwa open source adalah solusi masa depan. Selain efisiensi, terutama open source memungkinkan kita mengadopsi teknologi apapun secara bebas dan mandiri serta future proof,” ujar Julyanto Sutandang, CEO Equnix Business Solution yang merancang PostgreSQL.

Kinerja yang Semakin Meningkat

Sudah sepantasnya versi terbaru harus lebih baik kinerjanya dibandingkan versi sebelumnya. Hal ini juga bisa dirasakan pada PostgreSQL 13. Dengan keunggulan-keunggulan yang ada di dalamnya, tentunya bisa memberikan keuntungan pada pelanggan seperi penggunaan ruang yang lebih sedikit untuk kebutuhan indeks B-Tree.

Aplikasi PostgreSQL 13 juga memiliki sistem pengurutan bertahap, dimana data yang diurutkan dari langkah sebelumnya pada sebuah query dapat dipercepat lagi pada langkah selanjutnya. Selain itu, PostgreSQL dapat juga menggunakan sistem statistik yang diperluas dan dapat diakses melalui Create Statistics. Hal ini berguna untuk pembuatan sebuah plan yang lebih baik untuk query dengan klausa OR dan pencarian atas daftar IN/ANY.

PostgreSQL 13 juga lebih menyederhakan penggunaan query. Di versi ini query dengan kelompok besar tidak harus dimasukkan seluruhnya ke dalam memori lagi. Query dengan tabel partisi juga bisa mendapatkan manfaat yang lebih besar.

Sistem Administrasi yang Lebih Optimal

Pada PostgreSQL 13 ini, aplikasi dapat meningkatkan kinerja sistem vacuuming dengan cara melakukannya secara paralel untuk indeks. Dengan demikian, Administrator dapat memilih jumlah parallel worker dengan lebih cepat dan mudah. Proses autovacuum pun dapat dimulai dengan proses ‘Insert Data’.

Selain vacuum, replication slot yang digunakan untuk mencegah masalah write ahead log (WAL) kini sudah dihapus sebelum diterima oleh replika. Aplikasi juga bisa menentukan jumlah maksimal untuk file WAL ini. Dengan demikian, kesalahan bisa dicegah karena kapasitas disk yang menipis. PostgreSQL 13 juga menambahkan lebih banyak cara agar administrator dapat memantau aktivitas database, termasuk menampilkan statistik penggunaan WAL pada bagian ‘EXPLAIN’.

Kenyamanan dan Keamanan

Penggunaan aplikasi inijuga semakin nyamankarena dapat bekerja dengan data yang berasal dari sumber berbeda. Versi terbaru ini juga dilengkapi dengan sistem partisi PostgreSQL yang lebih fleksibel.

Dari sisi keamanan, PostgreSQL 13 juga bisa bekerjasama dengan database lainnya seperti dari Oracle atau MySQL. Dengan otentikasi berbasis sertifikat, membuat cara kerja ini dapat berjalan lebih aman.

“PostgreSQL memberikan pengalaman manajemen data yang lebih baik untuk beban kerja besar, dengan pengoptimalan untuk administrasi transaksi finansial enterprise, keamanan lebih baik dan kinerja yang tinggi. PostgreSQL adalah buah pengembangan global secara berkesinambungan lebih dari 25 tahun,” tutup Julyanto.

Tags: , ,


COMMENTS