October 23, 2017

Tesla akan Buka Fasiltas Manufaktur di Cina. Untuk Buat Apa?

Penulis: Iwan RS
Tesla akan Buka Fasiltas Manufaktur di Cina. Untuk Buat Apa?  

MOBITEKNO – Sejauh ini pabrik produsen mobil listrik Tesla berada di negara AS. Namun, tren pertumbuhan mobil bertenaga listrik global yang kian meningkat di masa mendatang mau tidak mau mendorong produsen ini mulai mengambil ancang-ancang untuk menambah pabriknya.

Selain AS, pasti pasar potensial mobil listrik lainnya adalah Cina. Tidak mengherankan jika produsen mobil yang dipimpin oleh visioner Elon Musk ini mulai melirik negara Tirai Bambu ini sebagai lokasi pabriknya nanti.

Menurut laporan Wall Street Journal terbaru, fasilitas manufaktur Tesla pertama di Cina akan mengambil lokasi di kota Shanghai. Kabar ini mulai berhembus setelah Tesla diketahui telah mencapai kata sepakat dengan pemerintah lokal Shanghai (Shanghai Municipal Government) untuk membuka pabrik pembuatan mesin kendaraan listrik.

Kuat dugaan, berdirinya pabrik pembuatan mesin mobil listrik akan menjadi cikal bakal berdirinya pabrik pembuatan mobil Tesla yang lengkap seperti halnya pabrik Tesla di AS. Belum diketahui apakah Tesla juga punya agenda lanjutan untuk membangun pabrik baterai raksasa Gigafactory di kota yang masuk kawasan perdagangan bebas (free-trade zone) tersebut.

Pemerintah Cina diketahui selama ini belum pernah melakukan kerjasama seperti ini dengan produsen mobil non-Cina. Tesla mungkin akan tetap dikenakan tarif impor 25%, tapi hadirnya fasilitas ini diprediksi akan memberikan dampak pengurangan biaya produksi.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES