December 5, 2023

Penjualan Tesla Buatan China Melorot, BYD Catat Rekor 31 Persen

Penulis: Rizki R
Penjualan Tesla Buatan China Melorot, BYD Catat Rekor 31 Persen  

Mobitekno – Data terbaru dari China Passenger Car Association (CPCA) mengungkapkan bahwa penjualan mobil listrik (EV) Tesla buatan China turun 17,8 persen pada bulan November, mencapai 82.432 unit. Meskipun ini merupakan penurunan terbesar sejak Desember 2022, pengiriman Model 3 dan Model Y dari Tesla naik 14,3 persen dibandingkan Oktober.

Di sisi lain, pesaing Tesla, BYD, mencatat rekor dengan mengirimkan 301.378 unit kendaraan penumpang pada bulan November. BYD, dengan berbagai mobil listrik seri Dynasty dan Ocean, serta model hibrida bensin-listrik, menunjukkan kinerja yang mengesankan dengan peningkatan 31 persen dari tahun sebelumnya.

Tesla

Meskipun perusahaan tengah menghadapi tekanan persaingan di pasar otomotif China, CEO Elon Musk mempertahankan pesona di negara tersebut. Musk, yang termasuk dalam kelompok eksekutif AS teratas, bertemu dengan Presiden China Xi Jinping, yang menyatakan dukungannya untuk pengembangan Tesla di China.

Tesla Terus Beradaptasi

Sejak akhir Oktober, produsen otomotif yang berkantor pusat di Texas ini telah melakukan lima penyesuaian harga di China, di mana pertumbuhan permintaan kendaraan listrik melambat karena konsumen lebih memilih plug-in hybrid yang lebih terjangkau meskipun dengan semakin banyaknya kendaraan listrik baterai. Li Auto bulan lalu mengatakan bahwa produksi massal dan pengiriman kendaraan listrik penuh pertamanya dijadwalkan pada Februari.

20160509130220 Tesla Motors Akan Produksi 500 Unit Per Tahun di Tahun 2018

Terkait perang dan penyesuaian harga Tesla di China, pangsa pasarnya turun menjadi 5,78 persen pada Oktober. Dalam konteks persaingan yang semakin ketat, Xiaomi, produsen ponsel pintar, juga merambah ke produksi kendaraan listrik dengan perencanaan membangun dua mobil bermerk Xiaomi.

Pabrik Tesla di Tiongkok di Shanghai saat ini memiliki kapasitas tahunan lebih dari 950.000 kendaraan, menjadikannya fasilitas produksi terbesar perusahaan di dunia berdasarkan volume. Pabrik tersebut memproduksi sedan Model 3 dan crossover Model Y, yang tidak hanya dipasok ke konsumen lokal tetapi juga diekspor ke pasar lain.

Secara keseluruhan, perusahaan menargetkan pencapaian 1,8 juta kendaraan pada tahun 2023. Selama tiga kuartal terakhir, pabrikan AS ini telah mengirimkan total 1,324,074 kendaraan secara global. Agar dapat mencapai target 1,8 juta kendaraannya, perusahaan harus mengirimkan setidaknya 475,926 kendaraan pada kuartal keempat ini.

20161004152722 Cetak Rekor Baru Tesla Sukses Kirimkan 25 Ribu Unit Mobil Listriknya Selama Kuartal Ketiga 2016

Sementara Tesla terus beradaptasi dengan pasar yang dinamis, BYD menunjukkan dominasinya, menandai dinamika persaingan yang semakin seru di ranah kendaraan listrik China.

Tags: , , , , ,


COMMENTS