December 5, 2017

Asik! Google Go dan Files Go Kini Sudah Tersedia di Indonesia

Penulis: Eko Lannueardy
Asik! Google Go dan Files Go Kini Sudah Tersedia di Indonesia  

MOBITEKNO – Melanjutkan usaha Google dalam mengembangkan produk untuk miliaran pengguna yang baru mengenal internet (Next Billion Users), Google kembali meluncurkan dua aplikasi terbaru yang didesain berdasarkan hasil studi pengguna di Indonesia, yaitu Google Go dan Files Go.

Google Go merupakan aplikasi browser racikan Google untuk hemat kuota bagi pengguna ponsel pintar dengan keterbatasan internet dan Wi-Fi. Sedangkan Files Go merupakan aplikasi untuk mengirim dan menerima file tanpa menggunakan internet.

Google Go – (Link unduh)

""

Berdasarkan riset Google di 170 kota yang tersebar di Indonesia dan India, pengguna baru internet lebih cenderung memanfaatkan ponsel sederhana dengan kapasitas memori antara 512 MB hingga 1 GB. Mereka juga kerap mengakses internet di tempat-tempat dengan kualitas jaringannya tidak stabil. 

Untuk itulah, Google menghadirkan Google Go yang dibuat untuk bekerja lebih cepat pada ponsel dengan RAM rendah dan jaringan internet 2G. Dalam aplikasi ini, Google juga telah berinovasi dengan menyematkan teknologi kompresi. Berkat teknologi kompresi tersebut, pengguna bisa menghemat kuota sekitar 40%.

Keunggulan lainnya, website yang diakses bisa ditampilkan dengan lebih cepat. Jika akses internet terputus saat sedang menelusuri informasi di Google, secara otomatis aplikasi ini akan memberikan hasil penelusuran saat pengguna kembali online.

Google Go juga sudah dilengakpi dengan fitur Multi-bahasa. Tak hanya itu, berbeda dengan tampilan browser Google yang mayoritas berwarna putih, pengguna juga bisa melakukan personalisasi halaman depan Google Go. Mulai dari menambahkan ikon situs web favorit hingga memilih latar belakang aplikasi sesuai keinginan.

Files Go (Link unduh)

""

Setiap hari, jutaan ponsel kehabisan slot penyimpanan file. Dari gambar, video, aplikasi, hingga dokumen tidak hentinya masuk dan tersimpan, yang kemudian bisa mempengaruhi performa ponsel itu sendiri saat digunakan untuk menelusuri beragam informasi di internet. 

Untuk itulah, Google menghadirkan aplikasi Files Go yang dirancang untuk mempermudah pengguna dalam hal pengelolaan file atau data di ponsel. Tak hanya berkaitan dengan pengelolaan, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membersihkan slot penyimpanan dari file-file yang telah usang.

Fitur lainnya yang menjadi daya tarik File Go adalah dukungan transfer file tanpa menggunakan kouta. Bahkan, Google juga mengklaim bahwa proses transfer data dijamin aman dengan proses enkripsi dan bisa berlangsung lebih cepat, yakni hingga 125 Mbps.

Jika pengguna tidak yakin untuk menghapus sebuah file, mereka dapat memilih dari menu "Files" dan akan menyimpan file cadangan ke Google Drive atau aplikasi penyimpanan komputasi awan lainnya. Tentu saja, aplikasi Files Go ini sangat menarik bagi mereka yang sering berhadapan dengan pengolahan data atau file di ponsel.

Tertarik untuk menggunakan Google Go dan Files Go? Keduanya di pasar Indonesia sudah bisa diunduh secara cuma-cuma lewat Google Play Store. Namun, yang harus Anda perhatikan kedua aplikasi Google ini hanya bisa berjalan pada ponsel dengan sistem operasi minimal Android 5.0 alias Lollipop.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS