August 23, 2016

Sony Bakal Umumkan PS4 Slim dan PS4 Neo Secara Bersamaan Bulan September. Ini Perbedaannya!

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Sony Bakal Umumkan PS4 Slim dan PS4 Neo Secara Bersamaan Bulan September. Ini Perbedaannya!  

MOBITEKNO – Sejak dirilis November 2013, konsol game (game console) andalan Sony, PlayStation 4 (PS4) sudah laku terjual hingga lebih dari 40 juta unit di seluruh dunia. Raksasa elektronik Jepang ini bahkan masih optimis bisa menjual 20 juta unit lagi sepanjang satu tahun fiskal ini (April 2016 – Mei 2017).

Setali tiga uang, penjualan software (game) PS4 pun tidak kalah cerahnya. Menurut Sony, penjualan software PS4 telah mencapai 270.9 juta unit (copies) melalui toko retail dan jaringan PSN (PlayStation Network).

Tidak heran jika Sony pun dikabarkan baru berniat meluncurkan generasi penerus PS5 pada tahun 2020 nanti. Agar para fans PlayStation di seluruh tidak harus menunggu terlalu lama, Sony Interactive Entertainment (SIE) selaku pengembang game console PlayStation berencana menghadirkan versi ‘penyegaran’ dari PS4, yaitu PS4 Slim dan PS4 Neo.

Kedua console diprediksi akan diperkenalkan Sony secara bersamaan di ajang PlayStation Meeting di New York City, AS pada 7 September 2016. Prediksi ini bisa saja tidak terjadi mengingat kebiasaan Sony yang sebelumnya tidak pernah meluncurkan dua model (SKU/stock keeping unit) game console secara bersamaan.

Menurut informasi, PS4 Neo akan hadir sebagai model high-end dengan peningkatan spesifikasi hardware, sedangkan PS4 Slim akan datang dengan dimensi lebih ramping dibandingkan PS4 standar.

Baik PS4 Slim dan PS4 Neo akan menjadi andalan Sony untuk menghadapi rival Microsoft dengan dua console andalannya, Xbox One S yang baru saja dirilis dan Xbox Project Scorpio yang dirilis akhir tahun depan. Xbox Project Scorpio menarik perhatian pecinta game karena dukungannya terhadap teknologi VR dan display 4K.

Sejauh ini, informasi peningkatan spesikasi pada PS4 Neo yang diketahui adalah Sony melakukan sejumlah optimalisasi pada modul CPU dan modul GPU-nya. CPU pada PS4 Neo akan memiliki 8 core AMD Jaguar dengan frekuensi/clock 2,1 GHz (sebelumnya 1,6 GHz)

Adapun optimalisasi modul GPU ditempuh dengan meningkatkan frekuensi dan jumlah CU/Compute Unit (26 CU dengan clock 911 MHz, 2,3 FLOPS) pada GPU berbasis AMD GCN (sebelumnya 18 CU pada clock 800 MHz).

 

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS