September 8, 2016

Sony Umumkan PS4 Pro dengan Performa Lebih Cepat Serta Dukungan 4K dan HDR

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Sony Umumkan PS4 Pro dengan Performa Lebih Cepat Serta Dukungan 4K dan HDR  

MOBITEKNO – Setelah kurang lebih sebulan dispekulasikan, Sony akhirnya mengumumkan kehadiran konsol game generasi terbarunya, PlayStation 4 Pro (PS4 Pro) di ajang PlayStation Meeting di New York, AS. Menurut Sony, PS4 Pro akan menghadirkan “high-fidelity graphics experiences” bagi pengguna dengan menyediakan dukungan pada format 4K dan HDR (High Dynamic Range).

Seperti yang diduga, PS4 Pro yang sebelumnya bersandi PS4 Neo, membawa peningkatan spesifikasi hardware dibandingkan konsol PS4 sebelumnya. Misalnya, CPU dengan clock lebih tinggi, AMD GPU arsitektur Polaris 2x lebih cepat, dan bandwidth memory lebih besar.

Mark Cerny, bos arsitek PS4, menyatakan bahwa kapasitas hard disk 1 TB PS4 Pro dianggap bisa mengakomodasi kebutuhan media penyimpanan konsumen untuk beragam konten dan software digital.

Konsol PS4 dan PS4 Pro akan sama-sama tersedia di pasar, dimana PS4 Pro juga lebih dioptimalkan (sesuai spesifikasi hardware-nya) menjalankan game-game lama PS4 (forward compatibility). Beberapa game lama mendukung fitur ini, misalnya ‘Spider-Man’, ‘Deus Ex: Mankind Divided’, ‘For Honor’, ‘Days Gone’, Horizon Zero Dawn, dan ‘Call of Duty: Infinite Warfare’.

Agar tampilan game-game lama tidak kalah kualitasnya dengan game PS4 baru, Sony akan memadukan teknologi boosted core resolution dan metode anti-aliasing yang disematkan pada PS4 Pro. Sony menjanjikan akan merilis update lainnya agar PS4 Pro kompatibel; dengan aplikasi Netflix dan YouTube 4K, serta konten HDR streaming lainnya.

Dalam mengembangkan PS4 Pro ini, Sony mengaku tidak memilih pendekatan menaikkan performa dengan cara ‘brute force’ karena justru akan memakan biaya lebih tinggi. Menurut Cerny, mereka justru lebih memilih pendekatan algoritme dalam menggenjot semua aspek PS4 Pro (performa, efisiensi, dan lainnya).

Selain PS4 Pro, Sony juga menjanjikan upgrade software untuk mengaktifkan fitur HDR di semua konsol PS4. Dengan HDR, berbagai adegan di dalam game akan terlihat lebih detail dan nyata karena level contrast, luminance, dan shadows yang lebih baik.

Peranan HDR pada game PS4 Pro terbaru dibuktikan Sony saat menjalankan beberapa game, seperti Watch Dogs 2, Deus Ex: Mankind Divided, For Honour yang terlihat lebih tajam dan detail.

Sony PS4 Pro akan tersedia di pasr mulai 10 November 2016 seharga US$ 399. Selain PS4 Pro, Sony juga meluncurkan versi ‘facelift’ PS4 standar dengan desain yang lebih ramping, lebih ringan, dan lebih efisien. PS4 terbaru ii akan hadir di pasar mulai tangga 15 September 2016 seharga US$ 299.

 

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS