June 12, 2020

Begini Tongkrongan Konsol Terbaru Sony PlayStation 5. Rilis Akhir Tahun, Harga Masih Misteri

Penulis: Iwan RS
Begini Tongkrongan Konsol Terbaru Sony PlayStation 5. Rilis Akhir Tahun, Harga Masih Misteri  

Mobitekno – Penggemar atau game enthusiat setia PlayStation pasti sudah lama menantikannya. Sony akhirnya mulai mengungkap satu per satu informasi seputar konsol generasi generasi berikutnya, PlayStation 5.

Pada streaming presentasi belum lama ini (11/6/2020) di platform YouTube dan Twitch telah menarik perhatian netizen (lebih dari 2 juta). Jim Ryan, bos dari Sony Interactive Entertainment mengatakan PS5 dalam pernyataannya menyatakan bahwa PS5 akan membawa pengalaman bermain transformatif masa depan yang mendefinisikan kembali apa yang sebuah game tawarkan permainan bisa.

Sebelumnya, Sony telah mengumumkan bahwa PS5 akan kompatibel dengan layar defini tinggi 8K dan dukungan solid-state storage untuk proses loading yang lebih cepat. Berikut adalah beberapa hal baru seputar game console generasi kelimadari Sony tersebut.

Berkaitan dengan desain atau tampilan produk, Sony sudah membuka ‘tirai’ agar penggemarnya bisa sekilas melihat ‘sosok’ PS5. Bodi PS5 bercorak dua-nada (hitam-putih), yang didominasi oleh warna putih. Paling mencolok adalah desainnya yang berbentuk V. Boleh jadi menunjukkan konsol generasi kelima (V mewakili angka lima Romawi).

Menurut Hideki Yasuda, analis Ace Research Institute, warna hitam selama ini biasanya menjadi standar untuk menunjukkan game console dengan spesifikasi tinggi. Pengecualiannya adalah Nintendo Wii sebagai konsol populer berwarna putih. Menurutnya, pilihan warna putih mungkin dimaksukan Sony agar konsol PS5 terlihat kecil dan solid (compact). Sejauh ini Sony belum mengumumkan dimensi dari PS5.

PS akan hadir dalam dua versi, yaitu standar edition dan Digital Edition (tanpa optical disk/Blu-ray drive). Jadi PS5 Digital Edition tidak dapat digunakan sebagai Blu-ray player. Diduga, eksisnya PS5 Digital Edition dilatarbelakangi oleh keingina Sony untuk mendorong pembelian game secara digital/online.

Preview singkat Sony juga mengungkapkan beberapa aksesori PlayStation 5, seperti headset nirkabel Pulse 3D (dengan dukungan fitur audio 3D PlayStation), kamera HD dengan lensa dual 1080p, remote media khusus, dan pengisi daya (charging station) untuk DualSense PlayStation 5 controller.

Sony sudah mengumumkan bakal hadirnya 28 game tittle untuk PS5 terbarunya. Diantaranya, “Marvel’s Spider-Man: Miles Morales,” sekuel hit 2018 “Marvel’s Spider-Man,” yang laris manis terjual lebih dari 13 juta unit. Game lainnya adalah “Gran Turismo” dan “Ratchet & Clank: Rift Apart” yang juga dibuat oleh Insomniac Games (pengembang seri Spider-Man).

Sony menegaskan bahwa PS5 akan tetap diluncurkan pada masa musim liburan tahun ini (akhir tahun) meski wabah COVID-19 masih berlanjut. Seperti yang ditegaskan oleh Kenichiro Yoshida, CEO Sony pada pertemuan strategi Sony bulan lalu. “Terlepas dari coronavirus saat ini, rilis PS5 tetap dijadwalkan pada akhir tahun, mengingat proses pengembangann software dan hardware-nya sudah berjalan mulus.”

 

Informasi soal harga jual PS5 masih menjadi misteri karena Sony memutuskan belum meberikan kisi-kisi harga bagi penggemar PlayStationdi seluruh dunia.

Keputusan ini kemungkinan ditempuh untuk mengantisipasi langkah pesaing Sony, yaitu Microsoft yang juga akan mengumumkan di konsol Xbox Series X terbaru di akhir tahun. Menurut Yasuda (Ace Research), strategi menunggu pesaing untuk mempublikasikan harga lebih dahulu dianggap efektif bagi Sony selam ini.

Ketika Sony merilis konsol PlayStation 4 (PS4) pada tahun 2013, Sony menetapkan harga yang lebih rendah dari Xbox One. Hasilnya, PS4 terjual lebih dari 100 juta unit di seluruh dunia atau lebih dari dua kali lipat konsol Microsoft Xbox.

Tags: , , , , , , , , ,


COMMENTS