June 14, 2016

Berencana Pulang Kampung? Sembilan Barang Ini Wajib Dibawa Saat Mudik

Penulis: Desmal Andi
Berencana Pulang Kampung? Sembilan Barang Ini Wajib Dibawa Saat Mudik  

MOBITEKNO – Bulan Ramadahan telah berjalan sepuluh hari dan semakin dekat dengan Hari Raya Idul Fitri. Bagi sebagian masyarakat di Jakarta dan berbagai kota besar lainnya di Indonesia, mereka akan melakukan pulang kampung guna bertemu dengan orang tua dan sanak saudara lainnya. Namun, suasana perjalanan mudik lebaran tidaak sama jika dilakukan di hari-hari lain. Kepadatan lalu lintas yang sering menyebabkan kemacetan berjam-jam sering menjadi teman setia dikala mudik. Data pada tahun 2015 saja ada 11,36 juta pemudik yang melakukan perjalanan pulang kampung. Bisa dibayangkan begitu ramainya suasana jalan raya di saat itu.

Tahun 2016 ini, suasana yang sama pun akan tetap terjadi, bahkan bisa lebih ramai. Oleh sebab itu, situs belanja online MatahariMall.com sudah memperingatkan sejak awal agar para calon pemudik yang menggunakan kendaraan probadi bisa mengantisipasi peningkatan jumlah pemudik yang bisa berdampak pada padatnya lalu lintas, waktu tempuh, kenyamanan, serta keamanan selama perjalanan mudik. Tentunya, di tengah perjalanan yang kemungkinan bisa ditempuh dalam waktu sangat lama tersebut pemudik harus bisa mensiasatinya agar perjalanan tidak jadi membosankan atau merugikan bagi mereka. MatahariMall.com pun mengerti akan hal itu dan mencoba memberikan solusi agar perjalanan menjadi lebih nyaman dengan membawa sembila barang yang direkomendasikan situs belanja online ini.

Berikut sembilan barang yang wajib dibawa oleh para pemudik:

  1. Lebih simpel tanpa tunai: Saat ini, sedang pemerintah dan Bank Indonesia sedang gencar menggalakkan transaksi non-tunai atau Kita pun dapat turut serta mendukung kampanye ini dengan membawa kartu tol, maupun voucher sesuai kebutuhan. Baik voucher bahan bakar, makanan, cemilan, atau voucher lainnya. Ketika menggunakan kartu atau voucher, kita tidak perlu repot mencari uang pas, dan pastinya akan mempercepat waktu transaksi.
  2. Powerbank dan charger mobil: Rasa-rasanya tidak lengkap bila kita bepergian tanpa membawasmartphone maupun kamera untuk mengabadikan perjalanan kita. Namun, semakin banyak momen yang kita abadikan, tentu semakin besar pula daya baterai yang harus disiapkan. Karena itu, powerbank menjadi salah satu barang elektronik yang wajib dibawa saat bepergian terutama bepergian jauh seperti mudik. Setidaknya, pastikan powerbank dengan daya minimal 10000 mAh atau pilihlah powerbank dengan teknologi solar charger yang dapat diisi dayanya hanya dengan menggunakan bantuan panas matahari. Selain itu, bila mengendarai mobil sendiri, charger mobil juga dapat menjadi alternatif yang baik untuk memenuhi kebutuhan akan daya baterai gadget.
  3. Bantal Leher: Salah satu penyebab utama nyeri leher adalah posisi tidur yang tidak tepat. Terlebih lagi ketika mudik, seseorang rata-rata dapat berada di mobil, bus, maupun kereta selama lebih dari empat jam. Untuk mengurangi ketidaknyamanan selama perjalanan, bawalah bantal leher yang terbuat dari bahan yang empuk supay bisa tetap menjaga posisi leher Anda selama beristirahat.
  4. Jaket atau Sweater: Bawalah pakaian hangat seperti jaket, sweater,atau syal. Kondisi cuaca selama perjalanan yang tidak menentu, mengharuskan Anda untuk menjaga suhu tubuh tetap normal dan kondisi badan tetap fit.
  5. Hiburan dalam genggaman: Tidak banyak yang dapat dilakukan di dalam kendaraan selama perjalanan mudik. Karena itu, membawa headset dan memutar musik kesukaan dapat menjadi alternatif. Selain itu, membawa konsol genggam juga dapat membantu untuk menghabiskan waktu di mobil.
  6. Kipas angin portabel: Ketika terjebak dalam kemacetan di siang hari, tentu rasa panas menjadi sesuatu yang tak dapat dihindari. Karena itu, kipas angin portabel dapat menjadi sahabat ketika suasana yang kurang menyenangkan tersebut datang menyerang.
  7. Senter: Ketika harus melakukan perbaikan pada mobil kala hari sudah gelap, senter dapat menjadi barang yang penting untuk dibawa. Selain itu, jika memutuskan untuk naik kendaraan umum, senter dapat dimanfaatkan untuk menjadi penerangan ketika ingin mencari barang, maupun untuk makan bekal di dalam kendaraan.
  8. Perlengkapan P3K: Kondisi badan yang fit sangat penting agar perjalanan mudik Anda semakin nyaman. Istirahat yang cukup, pola makan yang teratur, serta mengkonsumsi vitamin dapat membantu meningkatkan stamina. Bawalah obat-obatan pribadi dan perlengkapan medis yang diletakkan dalam satu kotak yang praktis untuk seluruh kebutuhan kesehatan.
  9. Komponen dan Perkakas Mobil: Bila mengendarai mobil sendiri, pastikan bahwa mobil yang dikendarai untuk mudik memiliki komponen yang lengkap. Mulai dari aki, spion, lampu mobil, hingga kelengkapan surat-suratnya. Selain itu, pastikan bahwa terdapat kotak perkakas yang lengkap berisi berbagai tool untuk kebutuhan darurat. Jangan lupakan juga pompa ban untuk mengisi angin saat jauh dari bengkel atau tukang tambal ban.

Mayoritas barang yang terdapat pada daftar di atas dapat ditemukan di toko ritel offline, maupun online seperti MatahariMall.com. Jadi, ada baiknya sediakan sembilan barang tadi agar perjalanan mudik bisa menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

 

.

Tags: , , , ,


COMMENTS