April 15, 2024

Halving Bitcoin: Peluang dan Risiko di Balik Fenomena yang Terjadi 4 Tahun Sekali

Penulis: Iwan RS
Halving Bitcoin: Peluang dan Risiko di Balik Fenomena yang Terjadi 4 Tahun Sekali  

Mobitekno – Halving Bitcoin yang akan terjadi pada April 2024 menjadi momen penting bagi pelaku industri cryptocurrency. Momen ini diprediksi oleh banyak analis dan investor kripto memiliki potensi untuk meningkatkan harga Bitcoin melebihi all time high (ATH) sebelumnya. Meskipun tidak ada yang mengetahui kapan pastinya jadwal ATH tersebut akan terjadi.

 

halving bitcoin 01

Halving Bitcoin juga dinanti-nantikan banyak investor kripto mengingat peristiwa menjadi pertanda dimulainya pengurangan imbalan (reward) bagi penambang (miner) Bitcoin yang berhasil memverifikasi transaksi dan menambahkan blok baru ke blockchain.

Halving Bitcoin keempat sejak blok genesis ditambang pada 2009

Halving Bitcoin dijadwalkan terjadi setiap 210.000 blok, atau sekitar empat tahun sekali. Halving Bitcoin menjadi bagian dari mekanisme yang dirancang oleh pencipta Bitcoin, Satoshi Nakamoto sejak 15 tahun lalu (2009) dengan beberapa pertimbangan.

Mekanisme Halving Bitcoin dianggap perlu untuk membantu menjaga kelangkaan, keamanan, stabilitas, dan desentralisasi jaringan. Hal ini merupakan bagian integral dari desain Bitcoin dan memainkan peran penting dalam keberhasilannya sebagai mata uang digital.

btc price 15 april 2024 1

Pada awalnya, penambang mendapatkan reward 50 Bitcoin untuk setiap blok yang berhasil ditambang. Namun, setelah halving pertama pada November 2012, reward tersebut berkurang menjadi 25 Bitcoin per blok.

Halving Bitcoin berikutnya terjadi pada Juli 2016 sehingga reward bagi penambang kembali dipangkas menjadi 12,5 Bitcoin per blok. Empat tahun berikutnya, yaitu pada Mei 2020, halving ketiga berlangsung, sehingga reward penambang kembali menjadi 6,25 Bitcoin per blok.

Siklus ini akan terus berlanjut hingga sekitar tahun 2140, ketika tidak ada lagi Bitcoin yang bisa ditambang dan total pasokan mencapai batas 21 juta koin.

Dampak peristiwa Halving Bitcoin

Meskipun Halving Bitcoin yang tinggal menghitung hari ini dapat menjadi katalis untuk kenaikan harganya. Namun, investor dianggap harus berhati-hati mengingat masih ada beberapa faktor lainnya yang dapat memengaruhi harga Bitcoin. Diantaranya, regulasi pemerintah, volatilitas pasar, geopolitik hingga sentimen investor.

bitcoin mining

Adapun Halving Bitcoin secara umum dapat membawa dua dampak utama, yaitu adanya pengurangan pasokan baru Bitcoin dan potensi kenaikan harga Bitcoin.

Setiap kali Halving terjadi, jumlah Bitcoin baru yang dicetak per blok dikurangi setengahnya. Hal ini secara bertahap membatasi pasokan total Bitcoin, yang mencapai maksimum 21 juta koin. Mengingat pasokan Bitcoin baru berkurang, kelangkaannya diprediksi akan meningkat. Hal ini dapat mendorong kenaikan harga Bitcoin dalam jangka panjang.

Risiko dan peluang Halving Bitcoin

Meskipun Halving Bitcoin memiliki potensi untuk meningkatkan harga Bitcoin, terdapat risiko yang perlu dipertimbangkan oleh para investor.

Risiko pertama adalah volatilitas harga. Harga Bitcoin terkenal dengan volatilitasnya yang tinggi. Halving dapat memperburuk volatilitas ini dalam jangka pendek, terutama jika pasar bereaksi negatif terhadap pengurangan pasokan.

Risiko kedua adalah peningkatan biaya transaksi. Ketika imbalan penambang berkurang, mereka mungkin perlu menaikkan biaya transaksi untuk mempertahankan profitabilitas. Hal ini dapat membuat Bitcoin kurang menarik untuk digunakan sebagai alat pembayaran.

investor

Risiko lainnya adalah dari sisi keamanan jaringa. Apabila halving menyebabkan penurunan profitabilitas penambangan secara signifikan, efeknya akan merembet pada penurunan Hash Rate Bitcoin. Hash Rate adalah ukuran kekuatan komputasi jaringan Bitcoin, dan penurunannya dapat membahayakan keamanan jaringan.

Terkait peluang, halving dapat berdampak pada kenaikan harga bitcoin secara jangka panjang karena kelangkaannya yang meningkat. Investor institusional dan individu yang mencari aset lindung nilai (hedging) terhadap inflasi mungkin akan lebih tertarik pada Bitcoin setelah Halving karena pasokannya yang terbatas.

Halving juga dapat mendorong inovasi teknologi dalam penambangan Bitcoin karena para pengembang akan mencari cara untuk meningkatkan efisiensi penambangan dan skalabilitas jaringan.

Para investor dan penambang perlu memahami risiko volatilitas harga, peningkatan biaya transaksi, dan kemungkinan penambang berhenti beroperasi. Di sisi lain, halving juga menawarkan peluang investasi baru, peningkatan permintaan dan harga dalam jangka panjang, serta dorongan untuk adopsi teknologi baru yang dapat memperkuat jaringan Bitcoin.

Seperti halnya setiap peristiwa penting dalam dunia kripto, Halving Bitcoin akan terus membentuk lanskap industri kripto dan mempengaruhi masa depan Bitcoin sebagai mata uang digital terkemuka.

Tags: , , , , ,


COMMENTS