February 1, 2024

Permintaan Logistik Meningkat, inDrive Kembangkan Layanan Pengiriman Barang untuk Dukung UMKM

Penulis: Iwan RS
Permintaan Logistik Meningkat, inDrive Kembangkan Layanan Pengiriman Barang untuk Dukung UMKM  

Mobitekno – Meningkatnya permintaan logistik belakangan ini di tanah air mendorong inDrive sebagai salah satu layanan ride-hailing mulai mengembangkan bisnisnya dengan layanan baru pengiriman barang inDrive Kurir dan inDrive Truk.

Layanan ini ditujukan untuk mendukung pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menurut data terbaru dari Kementerian Koperasi dan UKM jumlahnya telah mencapai lebih dari 64 juta di Indonesia.

inDrive 2024 02

Penetrasi inDrive Kurir dan inDrive Truk bakal terus digenjot seiring meningkatnya popularitas pengiriman barang berbasis aplikasi, terutama bagi usaha kecil dan menengah.

Pengiriman barang berbasis aplikasi terus meningkat, seiring dengan semakin banyaknya orang yang menemukan kenyamanan dan kemudahan penggunaan metode ini, terutama bagi usaha kecil dan menengah. Hal ini menjadi lebih relevan, mengingat waktu mendekati seasonal sales dan liburan musim dingin, dimana aktivitas perbelanjaan melonjak tinggi.

Tiga faktor penting bagi konsumen dalam layanan pengiriman

Riset pasar terbaru yang dilakukan oleh inDrive Kurir mengungkapkan bahwa kecepatan pengiriman barang (55%), harga terjangkau (37%), dan kualitas layanan (33%) merupakan fitur yang paling diminati dalam layanan pengiriman di Indonesia.

Yang mengejutkan, hanya 15% responden survei yang memilih kecepatan penjemputan barang sebagai kualitas utama mereka, sementara kemampuan dalam memantau lokasi kurir menempati urutan keempat dengan 28%.

Hingga saat ini, semakin banyak pula pelaku bisnis yang menggunakan aplikasi pengiriman barang. Di Indonesia, layanan kurir biasanya digunakan untuk pengiriman pribadi seperti mengirim dan menerima parsel untuk atau dari keluarga ataupun teman, serta pengiriman untuk pembelian dari pelaku bisnis kepada konsumen.

inDrive 2024 01

Namun penelitian menunjukkan bahwa setiap pengguna ketiga (35%) dari aplikasi pengiriman barang, menggunakan aplikasi tersebut untuk kebutuhan bisnis setidaknya 2 kali dalam seminggu, seperti mengirim produk ke klien atau menerima barang dari pemasok mereka.

Harris Rilandi, Business Development Specialist – Courier SEA mengungkapkan, tim mereka percaya bahwa layanan pengiriman berbasis aplikasi ini semakin populer karena fleksibilitas dan berbagai kemudahan yang ditawarkan

“Kami percaya bahwa fleksibilitas dan kemudahan yang membuat layanan ini sangat nyaman untuk bisnis yang membutuhkan pengiriman, tidak perlu terikat kontrak atau mempekerjakan pengemudi penuh waktu. Kemunculan aplikasi pengiriman ini benar-benar mengubah permainan dan membuat pengiriman menjadi jauh lebih mudah diatur serta lebih terjangkau, serta sangat penting bagi small business yang beroperasi dengan margin keuntungan yang lebih ketat,” paparnya.

Berdasarkan wilayah, pengiriman melalui aplikasi dapat menawarkan beberapa pilihan mode, mulai dari mobil atau sepeda motor, hingga sepeda ataupun berjalan kaki, sehingga pengguna dapat memilih mode yang termurah dan tercepat sesuai dengan kebutuhan mereka.

Di Indonesia, pengguna mobil (58%) dan sepeda motor (37%) merupakan mode transportasi yang paling banyak dipilih untuk mengirim paket, serta setengah dari responden setuju untuk menghindari pengiriman paket dengan berjalan kaki, karena lokasi pengiriman yang beragam.

inDrive 2024 01

Ketika responden ditanya mengapa mereka memilih untuk mengirim paket melalui layanan pengiriman berbasis aplikasi, responden paling sering menjawab efisiensi, diikuti oleh opsi kecepatan.

Sebagai contoh, dalam pengiriman kurir biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 5 menit (lebih cepat daripada negara lain) untuk mengambil pesanan, menurut data inDrive.

Harris menambahkan bahwa pandemi memberikan dorongan yang positif untuk kemajuan pengiriman berbasis aplikasi.

“Pandemi yang pada awalnya memberikan dorongan luar biasa bagi pengiriman berbasis aplikasi, kenyamanan dan kemudahan penggunaannya telah menjadikannya sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, seperti yang ditegaskan oleh penelitian kami. Permintaan akan pengiriman berbasis aplikasi ini terus meningkat dan menjadi waktu yang menyenangkan untuk berada di industri ini,” katanya.

Layanan inDrive Kurir dan inDrive Truk sebagi bentuk komitmen ke UMKM

Harris menyatakan, tim inDrive sangat mendukung perkembangan bisnis khususnya UMKM melalui layanan inovatif inDrive dan akan terus mengoptimalkan platform agar memberikan manfaat maksimal bagi UMKM.

“Bersama inDrive, kami berharap UMKM dapat tumbuh dan berkembang, menjadi kekuatan ekonomi yang semakin tangguh di masa depan,” katanya.

Selain kecepatan, inDrive Kurir & inDrive Truk juga memastikan keterjangkauan harga. Fitur unik dalam aplikasi ini adalah pengguna dapat menetapkan harga sendiri untuk pengiriman dan menegosiasikannya secara langsung dengan kurir.

inDrive app

inDrive Kurir & inDrive Truk memastikan keamanan dan transparansi dalam proses pemesanan ataupun pengiriman. Semua kurir akan melalui proses verifikasi, termasuk proses persetujuan manual yang dilakukan secara menyeluruh. Kemudian,pengguna dapat melacak pesanan mereka di aplikasi untuk memastikan paket mereka dikirim sesuai rencana, yang dimana hal ini dikatakan sangat krusial berdasarkan survei.

inDrive Truk sendiri adalah layanan pengiriman sesuai permintaan dan pada hari yang sama untuk pengiriman lebih dari 20 kilogram. inDrive Truk dapat menerima barang non-cair mulai dari 20 kilogram hingga 20 ton pada rute jarak jauh dalam kota dan antarkota.

Layanan ini menargetkan perusahaan kecil dan menengah, seperti kafe dan toko, serta perusahaan industri kecil (seperti pabrik dan perusahaan konstruksi), pusat logistik dan gudang.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS