October 25, 2023

Perbaiki Tata Kelola Organisasi, BAKTI Kominfo Mainkan Peran Kunci dalam Transformasi Digital Indonesia

Penulis: Rizki R
Perbaiki Tata Kelola Organisasi, BAKTI Kominfo Mainkan Peran Kunci dalam Transformasi Digital Indonesia  

Mobitekno – Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo senantiasa berkomitmen dalam percepatan penyelesaian dan optimalisasi program pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan informasi. Hal ini dilakukan guna mendukung transformasi digital Indonesia.

Dalam pertemuan dengan awak media di kantor BAKTI Kominfo, Centennial Tower, Jakarta, Fadhilah Mathar, Dirut BAKTI Kominfo yang baru dilantik pada Agustus lalu, menekankan pentingnya prinsip tata kelola organisasi yang melibatkan transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, dan kepatuhan terhadap seluruh perundang-undangan.

Percepatan program tersebut mencakup Pembangunan Base Transceiver Station (BTS), jaringan serat optik Palapa Ring, dan pengoperasian Satelite Republik Indonesia (SATRIA)-1. Proyek Palapa Ring, sepanjang 36.000 kilometer yang menjangkau 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia, telah selesai dilaksanakan dan berhasil memeratakan akses dan harga dari layanan internet cepat (broadband) di seluruh wilayah.

Selain itu, proyek SATRIA-1 siap beroperasi tahun ini untuk memperkuat jaringan internet dan layanan digital di 150 ribu titik, terutama di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T). Dengan hadirnya SATRIA-1, berbagai sektor seperti pendidikan, pelayanan publik, dan keamanan wilayah akan semakin terbantu.

SATRIA 1 07

Proyek Satelite Republik Indonesia (SATRIA)-1

“Kami di BAKTI Kominfo tentunya akan melaksanakan apa yang menjadi amanat Presiden Republik Indonesia  agar semua program nasional yang dikelola BAKTI tetap berjalan dan diselesaikan melalui tata kelola yang mengacu pada prinsip transparansi, akuntabilitas, responsibilitas dan kepatuhan pada seluruh perundang-undangan,” kata Fadhilah Mathar.

BAKTI Kominfo juga fokus pada penyelesaian pembangunan BTS 4G di daerah 3T. Fadhilah Mathar menegaskan komitmen BAKTI untuk menyelesaikan proyek-proyek strategis yang sedang berjalan, sehingga konektivitas di wilayah 3T semakin merata, dan kesenjangan digital di Indonesia teratasi.

BAKTI Kominfo Mainkan Peran Kunci dalam Transformasi Digital

Dalam visinya, BAKTI perlu memiliki pedoman tata kelola yang baik, dengan prinsip-prinsip seperti transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, dan kepatuhan, untuk memaksimalkan nilai perusahaan dan menjaga keberlanjutan perusahaan dalam mendukung program-program strategis pemerintah Indonesia di masa depan.

BAKTI Kominfo

BAKTI Kominfo, menegaskan komitmennya untuk mempercepat penyelesaian dan optimalisasi program pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan informasi melalui tata kelola organisasi yang baik guna mendukung terwujudnya transformasi digital Indonesia.

Penerapan tata kelola yang baik akan menjadi landasan kuat untuk mencapai visi dan misi BAKTI, dan akan menjadi bagian integral dari budaya perusahaan yang dipatuhi oleh seluruh karyawan dan manajemen BAKTI Kominfo. Dengan komitmen yang tinggi dan tata kelola yang baik, BAKTI Kominfo akan memainkan peran kunci dalam mewujudkan transformasi digital Indonesia, memperkuat infrastruktur telekomunikasi, dan mengatasi tantangan keberlanjutan serta kesenjangan digital.

Tags: , ,


COMMENTS