January 11, 2023

Alibaba Cloud Luncurkan Apsara Developer Community. Ini Manfaatnya Bagi Para Pengembang

Penulis: Iwan RS
Alibaba Cloud Luncurkan Apsara Developer Community. Ini Manfaatnya Bagi Para Pengembang  

Mobitekno – Perusahaan cloud computing (komputasi awan) Alibaba Cloud, telah mengumumkan layanan Apsara di Indonesia pada pertengahan 2020 lalu. Apsara merupakan layanan database cloud-native untuk PolarDB dan AnalyticDB untuk perusahaan yang tengah mencari inovasi yang canggih, aman dan hemat biaya.

Memasuki awal 2023, bagian dari raksasa teknologi Alibaba Group ini meluncurkan komunitas developer global Apsara (Apsara Developer Community) yang bertujuan sebagai menghubungkan dan mendukung para pengembang (developer).

VP of Alibaba Group & President of Alibaba Cloud Intelligence International Business Unit, Selina Yuan mengatakan komunitas pengembang Apsara merupakan bagian integral dari ekosistem Alibaba Cloud.

“Kami berharap dapat bersama-sama dengan para developer menyediakan teknologi terbaru, sumber daya ekosistem, dan peluang kolaborasi bisnis,” ujar Selina dalam acara Alibaba Cloud Developer Summit di Jakarta (10/1/2022).

Komunitas Developer Apsara menawarkan sumber daya dan wawasan untuk para developer global terkait dengan trend teknologi yang saat ini sedang di perbincankan dan menjadi pusat perhatian mulai dari Web3, AI, hingga kecerdasan digital.

Sumber daya juga termasuk akses-akses ke beberapa alat pengembangan yang baru dan proyek terbaru, materi pelatihan dan tutorial, forum dan blog, acara serta kompetisi komunitas dalam menunjukkan pengembangan aplikasi mereka, dan peluang peningkatan keterampilan serta jaringan lainnya.

Alibaba Cloud Apsara 01

Untuk mendorong pengembang mengeksplorasi inovasi database cloud native, Alibaba Cloud menggelar kompetisi terbaru PolarDB Global Hackathon 2023. Para peserta dapat mengirimkan proyek mereka mulai saat ini hingga 28 Februari 2023 nanti untuk selanjutnya bersaing menjadi pemenang yang besaran hadiahnya mencapai US$30 ribu.

Selain itu, Alibaba Cloud juga meluncurkan Alibaba SMART Scholarship, yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa bergabung dengan komunitas developer melalui teknologi berbasis cloud dan menjadi talenta digital lokal. Selama tahun pertama program beasiswa tahunan ini, 20 peserta magang dari universitas akan direkrut untuk bergabung dengan kantor lokal Alibaba Cloud guna mendapatkan lebih banyak pengalaman di lapangan.

Tidak kalah pentingnya, Alibaba Cloud juga meluncurkan solusi bagi para developer dalam membangun superapps, yaitu Enterprise Mobile Application Studio (EMAS). Solusi EMAS bertujuan untuk membantu developer membangun superapps dengan lebih efektif dan efisien biaya.

Para developer juga dimungkinkan membangun superapp lebih cepat dengan kemampuan platform yang kaya dalam hitungan jam, sehingga menambah keunggulan kompetitif bagi organisasi dan perusahaan global.

Berasal dari praktik superapp e-commerce Alibaba Taobao dan Tmall, solusi yang ditawarkan ini menyediakan ekosistem yang kaya bagi pengembang.

“Termasuk komponen dalam infrastruktur aplikasi dan fitur bisnis, wadah untuk menjalankan aplikasi mini, serta layanan untuk DevOps dan operasi,” kata Head of International Industry Solutions and Architecture at Alibaba Cloud Intelligence Raymond Xiao.

Tags: , , , , , , , , , , , ,


COMMENTS