November 3, 2023

Alibaba Cloud dan Salesforce: Kolaborasi Baru di Desember 2023

Penulis: Iwan RS
Alibaba Cloud dan Salesforce: Kolaborasi Baru di Desember 2023  

Mobitekno – Alibaba Cloud, anak perusahaan dari Alibaba Group, telah mengumumkan bahwa mereka akan menyediakan Sales Cloud, Service Cloud, dan Salesforce Platform mulai Desember 2023.

Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya Alibaba Cloud untuk memperluas portofolio layanan cloud mereka dan memberikan solusi bisnis yang lebih komprehensif kepada pelanggan mereka.

Alibaba Cloud

Sebagai bagian dari kemitraan ini, Alibaba akan menjadi penyedia Salesforce eksklusif untuk pelanggan di Cina daratan, Hong Kong, Makau, dan Taiwan. Artinya, bisnis di wilayah ini kini dapat menggunakan perangkat lunak CRM berbasis cloud Salesforce pada infrastruktur Alibaba Cloud yang aman dan terukur.

Sekilas produk Salesforce di Alibaba Cloud

Sales Cloud merupakan produk CRM (Customer Relationship Management) dari Salesforce yang dirancang untuk membantu perusahaan mengelola hubungan dan interaksi mereka dengan pelanggan dan prospek. Dengan Sales Cloud, perusahaan dapat melacak interaksi pelanggan, mengelola prospek dan peluang penjualan, dan menghasilkan laporan penjualan yang mendalam.

Salesforce Sales Cloud

Service Cloud adalah solusi layanan pelanggan dari Salesforce yang memungkinkan perusahaan untuk memberikan layanan pelanggan yang luar biasa di semua saluran, termasuk telepon, email, web, dan media sosial. Dengan Service Cloud, perusahaan dapat melacak kasus layanan pelanggan, mengelola antrian layanan, dan memberikan dukungan yang lebih baik kepada pelanggan mereka.

Sebagai platform pengembangan aplikasi, Salesforce Platform memungkinkan perusahaan untuk membangun dan menyesuaikan aplikasi bisnis mereka sendiri. Dengan Salesforce Platform, perusahaan dapat mengintegrasikan sistem dan data mereka, membangun aplikasi baru, dan mengotomatiskan proses bisnis.

Bantu perusahaan layani pelanggan melalui sesuai saluran yang ada

Fitur eksklusif untuk Cina Daratan akan tersedia di Sales Cloud dan Service Cloud yang diselenggarakan di Alibaba Cloud. Fitur-fitur ini termasuk integrasi dengan platform media sosial dan platform pesan utama di negara yang didukung dan membantu perusahaan melayani pelanggan melalui saluran pilihan mereka.

“Pencapaian ini merupakan bukti dari upaya teknis yang luar biasa dan kolaborasi yang erat antara Alibaba Cloud dan Salesforce,”

Phil Richardson, Chief Operating Officer, Global Technology Partners, Salesforce menyatakan bahwa pencapaian ini merupakan bukti dari upaya teknis yang luar biasa dan kolaborasi yang erat antara Alibaba Cloud dan Salesforce

“Kemitraan kami dengan Alibaba Cloud akan menyediakan platform terintegrasi dan inovatif bagi pelanggan kami yang beroperasi dalam ekosistem Salesforce di Cina Daratan,” tambahnya.

Salesforce Platform

Menurut Edward Cai, Chief Commercial Officer, Alibaba Cloud Intelligence, infrastruktur Alibaba Cloud yang andal dan aman, dikombinasikan dengan produk Salesforce yang terpercaya dan terlokalisasi untuk pasar Cina Daratan akan memungkinkan perusahaan-perusahaan dapat memenuhi keunikan-keunikan dari permintaan lokal dengan lebih baik lagi, sambil mempertahankan standar Salesforce global.

“Kami berharap dapat memperkenalkan lebih banyak produk unggulan melalui kemitraan kami dengan Salesforce untuk mendukung pertumbuhan bisnis pelanggan kami,” tambah Edward.

Sejumlah pengguna awal, termasuk perusahaan multinasional yang bergerak di bidang pendidikan, barang mewah, life sciences, dan jasa profesional, telah mengimplementasikan Salesforce di Alibaba Cloud. Salah satunya adalah EF (Education First), perusahaan ternama di bidang pendidikan internasional.

Salesforce Service Cloud

Selain Salesforce di Alibaba Cloud, EF akan memanfaatkan infrastruktur andal dan alat analisis data dari Alibaba Cloud untuk meningkatkan efisiensi operasinya dan meningkatkan pengalaman pengguna.

John Prokos, Group CIO, EF Education First menyatakan kegembiraannya menjadi salah satu pionir yang mengimplementasikan Salesforce di Alibaba Cloud untuk operasi kami di Cina.

“Dengan diperkenalkannya Salesforce di Alibaba Cloud dan layanan CRM mereka, kami yakin bahwa hal ini akan memberdayakan kami untuk lebih efektif mematuhi regulasi lokal dan mengambil bagian lebih besar dari peluang pertumbuhan di lanskap digital yang berkembang pesat ini,” ucapnya.

Jalin kemitraan strategis sejak 2019

Alibaba Cloud dan Salesforce memulai kemitraan strategis mereka pada tahun 2019. Sejak itu, mereka telah meluncurkan Salesforce Social Commerce, produk yang dirancang khusus dan dibangun di Cina untuk membantu merek multinasional memperluas bisnis mereka di wilayah tersebut. Tonggak baru ini akan lebih memperkuat komitmen bersama mereka untuk mendorong kesuksesan pelanggan.

Peluncuran Salesforce di layanan cloud Alibaba pada Desember 2023 merupakan perkembangan yang signifikan bagi bisnisnya di China di tengah perang dagang anatara Amerika Serikat dan China. Hal ini akan memberikan bisnis cara baru dan inovatif untuk menyebarkan dan menggunakan perangkat lunak CRM Salesforce, dan akan membantu mereka untuk mempercepat transformasi digital.

Tags: , , , , ,


COMMENTS