September 18, 2023

Alibaba Cloud Implementasikan Core System yang Efisien, Andal, dan Aman di Ajang Olahraga Akbar Asian Games 2023 Hangzhou

Penulis: Iwan RS
Alibaba Cloud Implementasikan Core System yang Efisien, Andal, dan Aman di Ajang Olahraga Akbar Asian Games 2023 Hangzhou  

Mobitekno – Organizing Committee (HAGOC) menggunakan layanan cloud Alibaba Cloud untuk membangun core systems yang akan digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk manajemen atlet, penyiaran, dan logistik pada ajang Asian Games 2023 di Hangzhou, China. Implemenasi core systems dari Alibaba Cloud ini mebawa misi untuk mempercepat digitalisasi dan mendukung penyelenggaraan ajang olahraga besar Asian Games 2023 yang sempat tertunda karena pandemi COVID-19 yang melanda dunia.

Sebagai informasi, Asian Games 2023 yang berlangsung mulai tanggal tanggal 23 September hingga 8 Oktober 2023 ini dianggap merupakan salah satu ajang olahraga terbesar di dunia.

Core systems pada Asian Games, terdiri dari Games Management System (GMS), Results Distribution Systems (RDS), dan Game Support Systems (GSC). Semua system ini akan menjalankan fungsi operasional selama 24 jam dari 56 arena kompetisi dan fasilitas penting lainnya seperti pusat manajemen teknologi informasi, pusat media utama, dan Hangzhou Asian Games Village.

Alibaba Cloud Core system adalah sistem inti yang digunakan untuk mendukung berbagai layanan dan aplikasi yang berjalan di cloud. Sistem ini terdiri dari berbagai komponen, seperti infrastruktur cloud (jaringan, data center, dan hardware), platform cloud (tools/software untuk mengembangkan/mengelola aplikasi cloud), dan layanan cloud.

Core systems dari Alibaba Cloud ini juga akan melayani lebih dari 100 ribu pengguna yang terdaftar, termasuk diantaranya adalah para atlet, broadcaster, jurnalis, staf, dan relawan dari 45 negara dan regional dari seluruh dunia.

Alibaba Cloud Asian Games Hangzhou 00

Sebagai integrator teknologi informasi dan penyedia layanan cloud resmi Olimpiade, Alibaba Cloud bertanggung jawab untuk menyelenggarakan Asian Games yang sepenuhnya menggunakan cloud, memanfaatkan rekam jejaknya yang telah terbukti dalam mendukung acara olahraga berskala besar di seluruh dunia.

Selina Yuan, Presiden Bisnis Internasional, Alibaba Cloud Intelligence Group, mengatakan bahwa mereka memiliki pengalaman luas dalam mendukung acara olahraga global berskala besar yang memanfaatkan teknologi cloud kami yang telah terbukti dan layanan tepercaya.

“Kami bangga dan bersemangat untuk kembali ke kantor pusat kami tahun ini untuk membantu menyelenggarakan Asian Games yang inovatif, efisien, berkelanjutan, dan inklusif di Hangzhou, ujar Yuan.

Menurutnya, dukungan core systems inti yang lebih canggih ini, Alibab Cloud berkomitmen terhadap kolaborasi yang efektif dengan para pemangku kepentingan Asian Games, dan dengan teknologi penyiaran cloud yang lebih ditingkatkan, kami akan menghadirkan lebih banyak interaksi pengalaman menonton kepada penonton global dan penggemar olahraga.

“Asian Games Hangzhou akan menjadi tonggak sejarah lainnya bagi Alibaba Cloud untuk menunjukkan bagaimana teknologi komputasi awan yang kuat, terukur, dan aman dapat membantu mendorong transformasi digital acara olahraga berskala besar untuk menghadirkan olahraga dan hiburan ke seluruh penjuru dunia,” tambahnya.

Alibaba Cloud: Arsitektur canggih terintegrasi mulus dengan sistem inti cloud-native

Alibaba Cloud menyediakan arsitektur yang fundamental, mendukung integrasi yang mulus dari core systems dan juga aplikasi intelijen seperti penyiaran berbasis cloud dan manajemen event dan komunikasi.

Sebagai contoh, pada setiap akhir kompetisi, Result Distribution System akan menerima data dari sistem skor dan waktu di arena, yang akan mengintegrasikan lebih lanjut pada sistem sentral untuk distribusi pada format-format yang berbeda lewat application programming interfaces (APIs), seperti display hasil pertandingan dan aliran berita.

Asian Games Hangzhou 01

Semuanya dibangun pada Alibaba Cloud untuk menjamin distribusi hasil pertandingan yang efisien, akurat, dan stabil.

Menggunakan teknologi cloud-native dan menjalankannya pada layanan kontainer Alibaba Cloud, perusahaan memungkinkan kegiatan operasional pada event menjadi lebih cepat, memiliki skalabilitas, dan efisien.

Data center fisik, yang membutuhkan alokasi tempat yang besar dan perawatan fasilitas, tidak lagi dibutuhkan. Sumber daya cloud akan dirilis setelah pagelaran selesai dilakukan, membuat Asian Games menjadi lebih ramah lingkungan.

Lebih dari 5.000 jam tayangan Asian Games akan disiarkan secara live cloud broadcasting

Asian Games Hangzhou akan menjadi Asian Games pertama sepanjang sejarah di mana para pemegang hak siar akan menerima siaran langsung melalui infrastruktur cloud publik.

Alibaba Cloud akan mengirimkan lebih dari 5.000 jam siaran langsung melalui 68 saluran high definition (HD) dan ultra-high-definition (UHD) selama acara berlangsung. Selain siaran langsung, platform konten berbasis cloud ini akan menyediakan cuplikan pertandingan dan berita dalam kualitas HD dan UHD bagi para pemegang hak siar untuk dapat disajikan pada penonton melalui perangkat ponsel dan gawai lainnya.

Sepanjang Asian Games, cloud broadcasting akan membawa kemeriahan pada para penonton di seluruh dunia. Layanan tersebut dapat diakses lewat infrastruktur Alibaba Cloud di Hangzhou hingga ApsaraVideo Live Centers di Shanghai dan Beijing. Selain itu, bisa juga melalui cloud regional di Hong Kong dan Singapura.

Sebelum menggunakan cloud broadcasting, para pemegang hak siar harus mengakses internet atau sirkuit optik telekomunikasi internasional guna mengirimkan rekaman langsung dari belahan dunia lain ke negara asal mereka.

Kini, Alibaba Cloud menawarkan proses live broadcasting yang lebih cepat, mudah, dan efisien. Dengan infrastruktur global Alibaba Cloud yang mengusung skalabilitas tinggi, ‘tahan banting’, aman, dan layanan akselerasi jaringan Global Accelerator, kini konten berkualitas tinggi dapat diakses melalui cloud publik dengan biaya jauh lebih murah dan waktu persiapan lebih cepat.

Teknologi Alibaba Cloud dukung wujudkan smart villages pada Asian Games

Asian Games Hangzhou telah mengenalkan Intelligent Operation Platform untuk mengelola operasi 3 Asian Games Village yang menjadi rumah bagi lebih dari 20 ribu atlet, jurnalis, dan staf.

Platform ini menggunakan perangkat visualisasi Alibaba Cloud yang mutakhir untuk menganalisis informasi real-time guna lebih mengoptimalkan sistem pengelolaan, sambil memberikan pengalaman user yang lebih menarik bagi mereka yang tinggal di sana.

Misalnya, solusi Alibaba Cloud menggunakan informasi real-time untuk menganalisis manajemen lalu lintas dan kerumunan. Peringatan akan diberikan di dashboard jika area publik terlalu padat dan mengganggu keselamatan publik. Peringatan-peringatan akan cuaca ekstrem, masalah listrik, dan kebakaran juga tersedia untuk keputusan-keputusan berbasis data bagi panitia.

Alibaba Cloud Asian Games Hangzhou 02

Dengan teknologi natural language processing (NLP) dari Alibaba Cloud, sebuah robot layanan pintar akan menyediakan layanan konsultasi online sepanjang hari dalam bahasa Inggris dan Mandarin untuk orang-orang yang menghuni Asian Games Villages lewat layanan berbasis web. Chatbot tersebut dapat memberikan respons real-time terkait layanan-layanan yang tersedia di Asian Games Villages.

Tidak sabar menantikan berbagai tayangan ajang kompetitisi bagi para atlet dari berbagai neraga di benua Asia? Tunggu saja tayangan live-nya melalui berbagai kanal digital yang tersedia.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS