November 9, 2023

Electrum H5 Hadir di Indonesia, Siap Perluas Ekosistem GoRide Electric

Penulis: Desmal Andi
Electrum H5 Hadir di Indonesia, Siap Perluas Ekosistem GoRide Electric  

Mobitekno – Motor listrik Electrum H5 menjadi langkah besar dalam mendukung visi pemerintah Indonesia untuk mencapai net-zero emission pada tahun 2060. Dengan fokus pada pengembangan infrastruktur ekosistem motor listrik, Electrum memperkenalkan H5 sebagai produk pertamanya, didukung oleh teknologi inovatif seperti baterai, Battery Swap Station (BSS), dan infrastruktur digital.

Ekosistem motor listrik Electrum merupakan hasil karya desainer dan insinyur lokal, menciptakan standar mobilitas baru yang lebih nyaman, hemat biaya, dan ramah lingkungan. Motor H5 akan digunakan oleh layanan GoRide Electric dari Gojek sebagai bagian dari pilot project Grup GoTo untuk mendukung tujuan net-zero emission pemerintah Indonesia.

Perluasan lokasi Battery Swap Station (BSS) Electrum menjadi lebih dari 40 lokasi di Jakarta adalah langkah strategis untuk memastikan ketersediaan fasilitas tersebut di berbagai lokasi strategis, termasuk minimarket, bengkel, kantor cabang bank, dan SPBU. Kerjasama dengan Pertamina untuk penempatan BSS Electrum di lokasi SPBU juga memperluas jangkauan infrastruktur motor listrik ini.

CEO Electrum, Jack Yang, menegaskan komitmen perusahaan untuk membangun ekosistem motor listrik yang komprehensif. Dia menyatakan bahwa H5, yang didesain khusus untuk kondisi jalan di Indonesia, menawarkan performa tinggi, biaya perawatan rendah, desain ergonomis, dan teknologi baterai yang canggih.

Electrum H5
Peresmian Electrum H5

Electrum H5 Karya Anak Bangsa

Desain Electrum H5 merupakan hasil kolaborasi desainer Muhammad Rayhan Arifinsyah dan insinyur Yuditya Pratamaputra. Keduanya bergabung dengan Electrum sejak 2022 dan merancang H5 berdasarkan hasil uji coba komersial bersama Gojek serta masukan dari mitra. Desain ini mencakup aspek performa, desain, dan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan mobilitas sehari-hari masyarakat Indonesia.

Komisaris Utama Electrum, Pandu Patria Sjahrir, mengakui pentingnya peluncuran H5 sebagai langkah penting dalam menggerakkan keseluruhan ekosistem perusahaan. Bersama para partner, pemangku kepentingan, dan pengguna, Electrum terus berinovasi dengan tanggung jawab terhadap lingkungan, ekonomi, dan dampak sosial.

Managing Director Electrum, Patrick Adhiatmadja, menjelaskan bahwa H5, dengan spesifikasi yang nyaman dan performa tinggi, mendukung mobilitas pengendara sehari-hari dengan biaya terjangkau. Dengan metode battery swap, biaya perawatan motor menjadi lebih rendah, dan Electrum menargetkan hadirnya 150 BSS pada akhir tahun ini.

Electrum H5
Battery Swap Station

500 Unit Electrum H5 Siap Dukung GoRide Electric

Peluncuran H5 juga diikuti dengan ekspansi uji coba motor listrik di ekosistem Gojek. Electrum akan menambah 500 unit motor H5 untuk layanan GoRide Electric hingga akhir tahun 2023. Dalam perluasan uji coba ini, skema rental dengan fleksibilitas sewa baterai akan diperkenalkan untuk memenuhi kebutuhan pengendara.

SVP Corporate Strategy & Investor Relations TBS, Nafi Achmad Sentausa, menyatakan bangga atas langkah strategis Electrum yang selaras dengan komitmen TBS untuk mencapai netralitas karbon pada tahun 2030. Ini merupakan bukti nyata dari komitmen TBS untuk mengurangi jejak karbon dan memberikan nilai tambah bagi masyarakat dan lingkungan.

Electrum H5
Dua baterai dengan bobot masing-masing di bawah 10kg

Chief of Transport Officer On-Demand Services Grup GoTo, Shobhit Singhal, menyambut baik kehadiran motor listrik Electrum H5 sebagai armada terbaru untuk layanan GoRide Electric. Dia yakin H5 dapat menjadi pilihan mobilitas yang nyaman, terjangkau, dan ramah lingkungan.

Dengan peluncuran H5 dan ekspansi infrastruktur motor listrik, Electrum memberikan kontribusi signifikan dalam mendukung transformasi mobilitas menuju solusi yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan di Indonesia.

Tags: , , , ,


COMMENTS