October 9, 2023

Bikin Gemes! Helixx Rilis Van Listrik dengan Bodi Daur Ulang, Dirakit Seperti Lego

Penulis: Rizki R
Bikin Gemes! Helixx Rilis Van Listrik dengan Bodi Daur Ulang, Dirakit Seperti Lego  

MobiteknoHelixx, perusahaan inovatif asal Inggris, mengumumkan pencapaian besar dengan merilis contoh pertama kendaraan listrik kompak. Ini menandai langkah maju dalam manufaktur inovatif yang berpotensi mengubah industri otomotif secara global, membuatnya lebih terjangkau dan ramah lingkungan.

Kendaraan kecil yang baru ini merupakan bagian dari berbagai kendaraan komersial yang akan dibangun oleh Helixx menggunakan platformnya yang revolusioner. Kendaraan ini dirancang khusus untuk digunakan di daerah perkotaan yang padat penduduk dan negara-negara berkembang di seluruh dunia.

Hal yang membuat kendaraan ini begitu istimewa adalah konstruksinya yang ramah lingkungan. Bodinya sepenuhnya terbuat dari polimer yang dapat didaur ulang, sehingga mengurangi ketergantungan pada baja mahal dan karbon yang berlimpah. Keseluruhan kerangka kendaraan ini hanya terdiri dari lima bagian yang dapat diklik kemudian disatukan.

image

Tentunya, ini menyederhanakan proses produksi hingga 50 persen, sebuah terobosan yang akan menguntungkan mitra Helixx di seluruh dunia yang ingin mendirikan fasilitas manufaktur.

Fitur Kendaraan Helixx

Perusahaan ini membuktikan bahwa mereka berhasil mencapai tujuan ‘kesesuaian’ dalam proses pengikatan. Ini berarti mereka tidak lagi harus menggunakan panel bodi logam yang memakan waktu dan mahal.

Sebagaimana dikutip Mobitekno dari Carscoops, Steve Pegg, CEO Helixx, menjelaskan, “Kendaraan demonstrasi ini kami kembangkan untuk membuktikan dan menguji kemampuan replikasi global dari pendekatan digital-first kami. Kendaraan ini adalah gambaran visual tentang apa yang dapat dihasilkan oleh Helixx Mobility Hubs dalam waktu singkat, dari survei lokasi awal hingga kendaraan siap beroperasi dalam 180 hari,”

Helixx Commerical EV

Kendaraan ini dibuat dengan sasis aluminium hibrida, dan menawarkan penyimpanan 74 kaki kubik (2.100 liter), kapasitas pengangkutan 1.102 lbs (500 kg), dan ruang muat 55 inci (140 cm). Ditenagai oleh baterai Lithium Iron Phosphate yang dapat dilepas, kendaraan ini menawarkan penggunaan tanpa henti selama 24 jam. Roda kemudi yang berada di tengah kendaraan menjadikannya cocok untuk pengemudi di kedua sisi, baik kiri maupun kanan.

Kendaraan dengan Model Berlangganan

Perusahaan asal Inggris ini berencana untuk menawarkan kendaraannya kepada pengguna dengan model berlangganan, dengan biaya pengoperasian sebesar US$0,25 per jam. Selain kendaraan kargo ini, mereka juga memiliki rencana untuk memproduksi truk pikap serta versi bodi terbuka dan tertutup untuk angkutan penumpang.

Helixx

Saat ini, Helixx akan memamerkan kreasi terbarunya dan mendengarkan masukan dari pasar mengenai desainnya. Mereka berencana untuk memulai produksi 100 kendaraan di fasilitas percontohan di Inggris sebelum meluncurkan kendaraan dan pabrik produksi di Asia Tenggara.

Helixx telah mengukir namanya sebagai pemimpin dalam inovasi kendaraan pengiriman listrik yang ramah lingkungan dan efisien. Dengan kesadaran akan tantangan lingkungan dan kebutuhan akan solusi transportasi yang hemat biaya, Helixx berada di garis depan untuk membentuk masa depan mobilitas global.

Tags: , , ,


COMMENTS