October 30, 2022

Rayakan Ulang Tahunnya yang ke-22, Epson Terus Berfokus di Dunia Pendidikan dan Sosial

Penulis: Muhammad Rizki
Rayakan Ulang Tahunnya yang ke-22, Epson Terus Berfokus di Dunia Pendidikan dan Sosial  

Mobitekno – Bertepatan dengan momen Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober 2022, Epson Indonesia merayakan ulang tahunnya yang ke-22.

Salah satu pencapaian membanggakan di usianya tersebut, Epson Indonesia berhasil mengubah industri dengan solusi berkelanjutan. Hal ini menjadi suatu pembuktian dan dedikasi bahwa Epson Indonesia mendukung program ramah lingkungan.

Muto Yusuke, Direktur PT Epson Indonesia, menjelaskan bahwa selama 22 tahun Epson berada di Indonesia merupakan perjalanan yang luar biasa dalam proses bisnis di tengah kondisi saat ini. Hal ini tak lepas dari peran dan dedikasi para mitra dan stakeholder dan juga dukungan dari seluruh karyawan Epson Indonesia untuk pencapaian yang luar biasa.

“Inovasi dan perkembangan teknologi terhadap proses bisnis yang dilakukan oleh Epson Indonesia tidak terlepas dari kepercayaan para pelanggan dan dedikasi para mitra serta stakeholder kami. Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan kesetiannya dalam melangkah secara bersama dan saya harap Kerjasama ini terus berjalan berkelanjutan,” ungkap Yusuke.

Dengan mengusung tema Reviving Spirit diharapkan Epson dapat terus semangat dan bangkit dalam menghadapi setiap tantangan yang ada. Selain kegiatan bisnis kali ini, Epson mendukung program sosial dengan berkolaborasi dengan organisasi sosial, yakni Palang Merah Indonesia dalam melakukan program Blood Donation (Donor darah) yang dilakukan di beberapa lokasi yaitu Jakarta, Bekasi, Bandung, Surabaya, Medan dan Yogyakarta.

Kegiatan donor darah ini dibuka untuk internal Epson Indonesia dan publik sekitar dan telah dilaksanakan pula di Makassar pada tanggal 13 – 16 Oktober 2022 lalu bertepatan dengan pameran Epson 22nd Anniversary di Atrium Mal Ratu Indah Makassar, disamping itu melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Epson Indonesia yaitu Epson Goes to School (EGTS) yang merupakan program berkelanjutan dari Epson Indonesia.

Melalui program EGTS Epson memberikan dukungan sebagai proses peningkatan taraf pendidikan di Indonesia dengan menyalurkan bantuan prasarana pendidikan berupa 10 (sepuluh) unit Printer L Series yang diberikan kepada perwakilan 10 sekolah yang berada di wilayah Jakata, Bekasi dan Tangerang.

Head of Finance and Corporate Services PT Epson Indonesia Muhammad Husni Nurdin mengatakan bahwa Epson Indonesia menyasar dunia Pendidikan dan sosial dalam rangkaian 22 tahun hadirnya Epson di Indonesia hal ini sebagai bentuk dedikasi dan perhatian Epson terhadap Pendidikan di Indonesia dimana Epson memiliki pengaruh yang cukup kuat dalam semua aspek Pendidikan di beberapa wilayah di Indonesia.

“Kami memang memiliki motivasi dan alasan mengapa program sosial menjadi pilihan kami dalam rangkaian hari jadi Epson Indonesia yang ke 22 tahun, karena produk unggulan yang dimiliki Epson sebagian besar adalah prasarana penunjang pendidikan yakni Printer dan Proyektor yang merupakan teknologi yang dibutuhkan sebagai upaya peningkatan taraf Pendidikan. Sebenarnya program ini telah kami lakukan selama 12 tahun dan diharapkan Epson dapat terus berlanjut kedepannya khususnya bagi sekolah yang mendapatkan perhatian khusus dalam peningkatan prasarana,” ujarnya.

Tidak hanya memperingati hari jadi yang ke 22 tahun, Epson Indonesia juga meluncurkan produk unggulan lainnya yakni Robo Café. Dengan menggunakan kecanggihan teknologi dengan pelayanan digital berbasis robot merupakan satu terobosan baru dari Epson Indonesia pada Café yang berada di The Galery Cibis Park, Jakarta. Epson Robot 6 Axis VT6L merupakan seri yang digadang menjadi robot kopi dengan pelayanan utama 9 coffee menu yang dapat dipilih melalui layar sentuh.

Selang sepekan dari perayaan ulang tahun Epson Indonesia yang ke 22 tahun, Epson Regional Asia Tenggara pun telah merayakan hari jadinya tepat 40 tahun di bulan Oktober 2022 yang telah dilakukan di Kantor Pusat Epson Asia Tenggara di Singapura.

Pada perayaan tersebut Espon Regional menyebutkan bahwa Asia Tenggara siap menjadi pasar terbesar ke-4 di dunia pada tahun 2030, hal ini menghadirkan potensi pasar yang signifikan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang lebih luas untuk berbagai manfaat bisnis. Demikian pula, Epson telah memperluas kehadirannya di seluruh Asia Tenggara selama empat dekade terakhir dengan investasi yang signifikan ke wilayah tersebut, termasuk pembukaan kantor di Malaysia pada tahun 1991, Thailand dan Filipina pada tahun 1998, Indonesia pada tahun 2000 dan Vietnam pada tahun 2018.

Baru-baru ini, 2022 menyaksikan peluncuran Pusat Solusi Epson lokal di seluruh Indonesia, Filipina, dan Vietnam.

Perkembangan dampak regional Epson dimungkinkan karena rekam jejaknya dalam industri – secara konsisten mempertahankan pangsa pasar nomor 1 di wilayah SEA Asia Tenggara untuk Printer Tangki Tinta, Proyektor, Printer Tekstil Sublimasi Pewarna, Robot SCARA, Perangkat Pengaturan Waktu, dan banyak lagi

Semangat dan komitmen Epson terhadap inovasi B2B dicontohkan dalam tonggak peluncuran produk utamanya di seluruh Asia Tenggara, termasuk memperkenalkan Printer Tangki Tinta Pertama di Dunia pada tahun 2010; Seri Robot Industri Epson pada tahun 2012.

Baru-baru ini, Epson menyambut peluncuran Proyektor Laser 3LCD 25.000 Lumens Pertama di Dunia pada tahun 2016; Line Inkjet Business Printer pada tahun 2017; Direct-to-Fabric Printer pada tahun 2019 dan peluncuran PaperLab pada tahun 2021 – sistem pembuatan kertas kering di kantor Pertama di Dunia.

Sebagai pengganti norma tempat kerja yang terus berkembang, seri printer inkjet bisnis Epson disesuaikan agar sesuai dengan lingkungan kerja hybrid. Dengan solusi yang memungkinkan pencetakan di mana saja serta pencetakan cloud yang menjamin kerahasiaan dan kemudahan pencetakan, Epson mampu memenuhi persyaratan pencetakan yang berubah menjadi “Melampaui Batas”. Untuk lebih melengkapi lingkungan kerja dan belajar secara hybrid, Epson juga telah meluncurkan CO-FH02, proyektor serbaguna yang dapat menemani pekerja kantoran dari siang hingga malam. Proyektor Full HD Smart ini memiliki desain yang ringan dan ringkas, sehingga memudahkan pengguna untuk membawanya ke kantor dan rumah.

Pencapaian dan produk yang disorot menunjukkan bagaimana Epson telah membangun kepemimpinan pasar dominan mereka di seluruh kategori produk B2C dan membuat kemajuan yang signifikan untuk menangkap peluang pasar yang menonjol dalam kategori B2B. Misi untuk ‘Vision Beyond’ adalah untuk meniru tingkat kesuksesan yang telah dicapai Epson dalam produk B2C dan mengubah komitmen ini untuk menangkap pangsa pasar yang signifikan di segmen B2B.

“Saat kami merayakan ulang tahun ke-40, kami tetap berkomitmen pada visi memberdayakan kehidupan dengan inovasi berkelanjutan. Dengan keberlanjutan menjadi keharusan dalam lingkungan bisnis saat ini, kami menyadari kebutuhan mendesak untuk tindakan kolektif,” kata Siew Jin Kiat, Regional Managing Director Epson Southeast Asia.

Senada dengan hal tersebut Presiden Global dan CEO Epson Yasunori Ogawa mengatakan bahwa “Kami menandai tahun ke-80 kami dalam bisnis pada bulan Mei tahun ini. Menjalankan kreativitas dan tantangan terus-menerus untuk memberikan produk dan layanan yang terus melampaui harapan pelanggan, kami terus dipandu oleh filosofi unik Epson tentang inovasi yang efisien, ringkas, dan tepat yang telah kami kembangkan sejak didirikan. Tujuan kami adalah memanfaatkan nilai luar biasa yang dihasilkan inovasi ini untuk mengatasi keberlanjutan dan masalah sosial lainnya, dengan tujuan akhir membantu menciptakan dunia yang lebih baik dan memperkaya kehidupan masyarakat.”

Tujuan Epson adalah untuk mengubah industri dengan solusi berkelanjutan, untuk memperkaya komunitas, dan pada akhirnya mencerminkan posisi kepemimpinan pasar untuk kategori B2B dan B2C. Melalui inisiatif kolaboratif dengan mitra industri dan pelanggan, Epson membayangkan ‘Visi Beyond’ dengan memimpin batas-batas inovasi untuk masa depan yang berkelanjutan.

Tags: , , ,


COMMENTS