January 26, 2022

Xacti CX-MT100 360 Web Conference Camera, Semua Bisa Tampil dalam Satu Frame

Penulis: Desmal Andi
Xacti CX-MT100 360 Web Conference Camera, Semua Bisa Tampil dalam Satu Frame  

Mobitekno – Adanya pandemi Covid-19 membuat banyak perubahan dalam berbagai hal. Mulai dari aktivitas kantor, belaja-mengajar, olahraga, hingga menikmati hiburan. Dari awal pandemi sudah berlangsung dan adanya pembatasan aktivitas oleh pemerintah, membuat aktivitas banyak dilakukan dari rumah. Pekerjaan kantor yang membutuhkan rapat berganti menjadi video conference. Begitu juga pelajar yang biasanya duduk mendengarkan guru di kelas, berubah menjadi Pembelajaran Jarak Jauh yang digelar secara online. Penggunaan perangkat gadget dan laptop pun meningkat untuk mendukung aktivitas tersebut.

Satu hal yang ikut menjadi populer dalam aktivitas online tersebut adalah penggunaan kamera. Memang, banyak yang menggunakan kamera bawaan smartphone atau laptop untuk melakukan video conference. Namun, ada juga yang tidak puas akan tampilannya sehingga membutuhkan kamera tambahan seperti webcam dengan kemampuan yang lebih tinggi serta fitur yang lebih banyak. Dengan demikian, rapat online pun bisa dilakukan dengan lebih nyaman.

Melihat kebutuhan tersebut, melalui PT Datascrip, produk webcam Xacti CX-MT100 360 Web Conference Camera pun hadir di Indonesia. Produk ini tidak hanya menawarkan tampilan video yang jernih. Akan tetapi juga bisa menawarkan tampilan yang lebih luas. Bahkan bisa menampilkan seluas 360 derajat. Dengan begitu, webcam ini cocok digunakan untuk rapat online di sebuah perusahaan atau mendukung bisnis Anda.

Xacti CX-MT100 Web Conference Camera

 

Kelengkapan

Hadir dalam kemasan yang cukup sederhana, dengan kotak kemasan yang memang didesain dapat didaur ulang, Xacti CX-MT100 360o Web Meeting Camera ini ditempatkan cukup rapi. Hal ini karena kotak kemasannya pun tidak memiliki ukuran yang besar. Dalam kotak kemasan tersebut terdapat:

  1. Xacti CX-MT100 Web Conference Camera dengan kemampuan 360 derajat berwarna putih
  2. Kabel USB untuk menghubungkan produk ini ke laptop atau PC
  3. Tutup lensa dari bahan karet
  4. Buku petunjuk singkat
  5. Dudukan webcam untuk menyangga kamera saat digunakan untuk kebutuhan rapat online
Kelengkapan paket Xacti CX-MT100 Web Conference Camera

 

Desain

Desain kamera ini cukup unik dan menarik. Hampir menyerupai persegi delapan namun tidak ada sudut-sudut yang tajam. Bahkan sisi-sisinya hampir membenuk membulat. Hal ini membuat kamera cukup solid saat diletakkan pada dudukannya. Tinggal ditempatkan di hadapan laptop atau PC secara tegak, tampilan luas 180 derajat bisa hadir di layar PC atau laptop. Ini membuat berbagai objek di depan dan sisi kamera pun menjadi terlihat jelas.

Lensanya cukup besar dan mendominasi bagian muka webcam ini. Bagian lensa ini dibalut frame berwarna hitam. Jika sedang tidak digunakan, lensa ini bisa ditutup dengan tutup lensa yang berbahan karet. Dengan demikian, bisa terbebas dari debu dan kotoran lainnya. Masih di bagian depan, terdapat tiga lubang kecil yang membentuk segitiga. Lubang-lubang ini berfungsi sebagai mikrofon. Ya, webcam ini sudah dilengkapi dengan mikrofon internal yang jernih. Jadi, saat dipasangkan, Anda bisa langsung berbicara tanpa harus menambah mikrofon lagi, atau menambah earfone yang memiliki akses mikrofon. Cukup dengan webcam dari Xacti ini, proses rapat online bisa berjalan dua arah dengan suara yang begitu jelas.

Lensa pada Xacti CX-MT100 Web Conference Camera

Di bagian belakang hanya terdapat lubang mounting untuk dudukan tripod. Ini membuat kamera bisa dipasangkan dengan berbagai dudukan yang memiliki universal mounting ini. Selain itu, bagian belakang tampil polos.

Di bagian samping, terdapat port micro USB yang berfungsi menghubungkan webcam ke perangkat laptop atau PC. Jika webcam diletakkan pada dudukannya, kabel ini akan melintang di sisi samping.

Fitur dan Kinerja

Layaknya sebuah web camera, tentu saja produk ini akan menangkap objek yang ada di hadapan lensa dan menampilkannya di layar laptop atau PC. Lensa kameranya berkemampuan 12,3 MP sehingga dapat menampilkan resolusi Full HD. Lensanya ini menggunakan sensor CMOS tipe 1 / 2.3 STARVIS.

Ada dua mode yang ditawarkan untuk menggunakan webcam ini. Pertama adalah mode vertikal yang menampilkan sudut super lebar. Dengan mode ini, dalam sebuah meja rapat yang diisi oleh banyak orang, webcam cukup diletakkan di bagian depan. Jadi, seluruh peserta rapat dapat terlihat. Pada mode ini, objek yang ada di depan kamera akan terlihat sejauh 185 derajat secara horisontal. Sementara penangkapan vertikalnya sejau 101 derajat. Cukup luas dalam menangkap objek.

Dua mode tampilan yang bisa dihadirkan Xacti CX-MT100 360 Web Conference Camera

Mode kedua adalah mode panorama, dimana kamera ditempatkan dengan lensa menghadap ke atas. Mode ini membuat tampilan akan dibagi menjadi dua bagian. Dengan begitu, seluruh peserta rapat bisa terlihat dengan jelas. Kedua tampilan yang dihadirkan dalam mode panorama ini akan menampilan masing-masing sudut horisontalnya sejauh 360 derajat. Sementara sudut vertikalnya adalah 50 derajat.

Tampilan yang tampak pada kedua mode yang ditawarkan Xacti CX-MT100 360o Web Conference Camera

Dua mode tersebut membuat mudah para peserta rapat online lainnya. Jika menggunakan kemara biasa dimana tidak ada lensa super wide angle, biasanya dalam sebuah rapat online dimana satu meja terdapat banyak peserta, akan sulit mencari dimana peserta yang sedang berbicara atau menjelaskan sebuah hal. Dengan tampilnya seluruh peserta dalam satu frame ini, tentunya masalah tersebut bisa dipecahkan, karena setiap orang yang berbicara akan terlihat dengan jelas. Perubahan kedua mode ini akan terjadi saat webcam dimiringkan dengan sudut 45 derajat.

Mikrofon yang sudah menjadi fitur bawaannya juga cukup jelas menangkap suara yang ada. Dengan demikian, akan memudahkan lawan bicara. Hal ini bisa terjadi karena mikrofonnya menggunakan teknologi omnidirectional monoaural, dimana mikrofon akan menangkap asal suara dengan lebih tepat secara pintar.

Spesifikasi

Nama Xacti CX-MT100 360o Web Conference Camera
Sensor CMPS tipe 1 / 2.3 STARVI
Mode Penangkapan Panorama dan vertikal
Sudut pandang mode Panorama Horisontal 360 derajat dan Vertikal 50 derajat
Sudut pandang mode vertikal Horisontal 180 derajat dan vertikal 101 derajat
Resolusi Full HD
Peralihan mode Sudut 45 derajat

Kesimpulan

Xacti CX-MT100 Web Conference Camera bukan hanya menkadi perangkat kamera alternatif saja. Akan tetapi juga mampu menghasilkan tampilan yang justru lebih baik dari kebanyakan kamera standar bawaan laptop atau monitor. Produk ini juga menjadi solusi cerdas untuk laptop atau PC yang tidak memiliki perangkat kamera.

Dua mode yang ditawarkan juga memudahkan Anda dalam menampilkan seluruh peserta rapat dalam satu frame. Ini membuat lawan bicara di rapat bisa melihat seluruh rekan kerja Anda yang mengikuti rapat online ini. Hadirnya mikrofon di dalamnya juga semakin membuat mudah saat ingin berbicara di depan kamera. Anda tidak lagi memerlukan mikrofon tambahan atau memasang headphone atau earphone yang memiliki fungsi mikrofon lagi.

Tampilan webcam saat menggunakan penutup lensa

Proses instalasi yang mudah juga menjadi nilai tambah. Tidak memerlukan proses yang ribet dan merepotkan. Cukup hubungkan perangkat ini dengan laptop atau PC melalui kabel USB yang sudah disediakan. Untuk sistem operasi Windows 10, webcam ini akan langsung dikenali sehingga bisa langsing digunakan tanpa harus meng-install dengan cara yang repot. Untuk pasar Indonesia, penjualan Xacti CX-MT100 Web Conference Camera ini dipegang oleh PT Datascrip.

 

Tags: , , ,


COMMENTS