November 21, 2022

Ducati DesertX Resmi Mengaspal di Indonesia, Dibanderol Rp575 Juta Off the Road

Penulis: Rizki R
Ducati DesertX Resmi Mengaspal di Indonesia, Dibanderol Rp575 Juta Off the Road  

Mobitekno – Pabrikan sepeda motor premium Ducati baru saja mengumumkan peluncuran produk baru mereka, Ducati DesertX. Motor berjenis off-road ini sangat efektif melibas kontur jalan ekstrem, seperti bukit pasir gurun, jalur off-road sempit, jalan berkerikil, dan tikungan pegunungan.

Dilengkapi dengan roda depan 21” dan belakang 18”, DesertX telah dirancang untuk mengatasi medan off-road yang paling berat sekalipun. Pengembangan yang dilakukan berfokus pada off-road dan disesuaikan dengan keahlian Ducati dalam menciptakan motor jalan raya sehingga memberikan hasil motor yang responsif, mudah dikendarai serta nyaman di segala rute baik off-road maupun aspal.

Desain DesertX mewakili interpretasi kontemporer dari garis sepeda motor Enduro tahun 80-an, yang dibuat oleh Ducati Centro Stile sesuai dengan kriteria esensialitas serta daya tahan.

Eja Donalsha, Chief Operating Officer Ducati Indonesia, mengungkapkan bahwa dengan diluncurkannya produk DesertX, pihaknya yakin akan menjadi acuan baru sepeda motor offroad maupun adventure di segmen premium Indonesia.

“Kemampuan DesertX menjelajah sudah kami buktikan dengan mencoba nya melintasi area Bromo, Jawa Timur. DesertX akan menjadi tulang punggung penjualan Ducati Indonesia di tahun 2023 nanti, dan Desert X kami jual dengan harga Rp575 juta rupiah off the road.” ujarnya.

Tampang DessertX

Secara visual motor ini terdiri dari 3 elemen makro: Bentuk keseluruhan terlihat unik yang mencakup tangki dan pelindung samping, Jok dan kaca depan yang menyatu dengan lampu utama ganda yang khas semakin memperkuat keunikan motor ini.

Artboard 5

Selain itu, penekanan gaya diberikan dengan penggunaan aksen berwarna hitam dan putih. Permukaan yang bersentuhan dengan pengendara dibuat berukuran besar agar terhubung secara harmonis yang mana dapat mendukung seluruh kegiatan berkendara off-road dengan lebih baik.

Tata letak sasis Ducati DesertX baru mencakup rangka teralis dengan bahan yang baru, dikombinasikan dengan suspensi yang memiliki langkah panjang dan dapat disetel secara khusus, untuk memastikan pengoperasian yang efektif bahkan dalam kondisi offroad yang paling berat sekalipun.

Hasil optimalisasi semua komponen tersebut menghasilkan motor yang efisien, dimana semuanya dikemas sehingga memiliki berat hanya 202 kg (berat kering). Pilihan dalam hal sasis menjadikan DesertX motor yang mudah dikendarai dan mampu memberikan rasa & keamanan yang tepat pada permukaan apa pun. Selain itu, DesertX baru memiliki kemampuan yang baik untuk menangani jalan yang tidak rata / rusak.

Pengembangan ergonomi dari motor DesertX dilakukan pada sesi uji off-road dan aspal yang panjang dan berat. Triangulasi Jok – pijakan kaki – stang memberikan posisi kombinasi terbaik saat berdiri serta memiliki tingkat kenyamanan yang tinggi, bahkan saat berkendara di jalan raya.

Hasil akhir yang didapat adalah motor dengan komposisi pas yang sangat ramping dan terhubung dengan sempurna ke permukaan jalan sehingga menjamin kontrol serta penanganan maksimum dari pengendara. Posisi jok memiliki tinggi 875 mm. Ketinggian jok masih dapat dikurangi dengan Aksesoris resmi dari Ducati yaitu Lowered Seat dan juga Lowering Kit.

Kemampuan untuk melakukan perjalanan panjang didukung oleh kapasitas tangki bahan bakar sebanyak 21L, serta jika diinginkan dapat ditambahkan tangki ekstra (dijual sebagai aksesoris) sebesar 8L pada bagian belakang motor. Perpindahan bahan bakar dari depan ke tangki belakang akan aktif ketika tingkat bahan bakar di tangki utama berada pada level tertentu dan dapat diaktifkan dari dasbor.

DesertX juga memiliki kapasitas muat yang cukup besar, volume yang tersedia hampir mencapai 120L jika motor dilengkapi dengan tas serta boks atas yang berbahan aluminium. Pilihan spesifik ban tubeless memungkinkan untuk menggabungkan kinerja off-road yang sangat baik dengan daya cengkram yang baik pada semua kondisi aspal dan fungsional untuk aktivitas karena menjamin perlindungan terbaik dari kebocoran ban khas kegiatan off-road.

Mesin Ducati DesertX

DessertX mengusung mesin Testastretta 937 cm3 berkatup Desmodromic Testastretta 11° dan berpendingin cairan. Mesin ini memiliki karakter dalam keandalan yang sangat baik, dengan menghasilkan 110 hp pada 9.250 rpm dan torsi maksimum 92 Nm pada 6.500 rpm dalam konfigurasi Euro5.

Performa Ducati yang solid dipadukan dengan hantaran tenaga yang halus serta dapat disetel, memberikan kepercayaan diri pada pengendara motor untuk dapat mengatasi rute apapun.

Artboard 74

Untuk menawarkan performa terbaik dalam berkendara off-road dan dalam berbagai penggunaan, Testastretta 11° telah dioptimalkan secara khusus. Faktanya, transmisi ini memiliki rasio khusus yang berbeda dengan Multistrada V2.

Rasio pada transmisi ini telah dipersingkat secara keseluruhan pada semua gigi hingga gigi kelima, untuk memastikan penyaluran tenaga yang baik dalam kondisi off-road. Gigi pertama dan kedua, khususnya, jauh lebih pendek, untuk memfasilitasi fase mengemudi kecepatan rendah pada lintasan tertentu khas penggunaan off-road.

Gigi keenam cukup panjang untuk memfasilitasi penanganan di jalan raya sambil mempertahankan putaran mesin pada RPM rendah; hal ini berpengaruh pada konsumsi bahan bakar yang lebih irit dan tingkat kenyamanan yang meningkat.

Sistem elektronik yang canggih menjadi alat bantu dan juga sebagai penunjang utama dalam kinerja serta keselamatan bagi pengendara. DesertX baru hadir dengan 6 Mode Berkendara yang bekerja dalam kombinasi dengan 4 Mode Daya – Full, High, Medium, Low – yang mengubah tenaga dan daya tanggap mesin Testastretta. Fitur utama yang terbaru adalah 2 pengaturan khusus untuk mode berkendara Enduro dan mode berkendara Rally, selain mode berkendara lainnya yang tersedia seperti mode berkendara Sport, Touring, Urban dan Wet.

Tidak hanya meluncurkan produk saja, di moment yang sama Ducati Indonesia menunjuk salah satu petualang Senior, Youk Tanzil sebagai Brand Ambassador dari Ducati Indonesia. Jejak Youk Tanzil menjelajah dengan motor sudah banyak diketahui dengan programnya “Ring Of Fire Advanture”.

 

Youk Tanzil, Brand Ambassador Ducati Indonesia, mengatakan, “Suatu kebanggaan dan kehormatan buat saya ditunjuk Oleh Ducati Asia Pacific dan Ducati Indonesia sebagai Brand Ambassador. Saya yakin kolaborasi antara saya dan Ducati akan membawa sinergi luar biasa untuk brand Premium ini, terlebih untuk produk baru dari Ducati yaitu DesertX dimana saya akan secara langsung menggunakan nya untuk aktifitas petualangan saya ke depannya!”

Tags: , , , ,


COMMENTS