October 21, 2022

ASUS ROG Phone 6 Masih Jadi Hape Gaming Paling Digdaya Berkat Snapdragon 8+ Gen 1

Penulis: Desmal Andi
ASUS ROG Phone 6 Masih Jadi Hape Gaming Paling Digdaya Berkat Snapdragon 8+ Gen 1  

Mobitekno – ASUS ROG Phone 6 Series sudah hadir di Indonesia secara resmi pada tanggal 21 September 2022. Hape gaming ini tetap setia dan konsisten dalam mendukung para gamer, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga belahan dunia lainnya. Oleh sebab itu, peningkatan performa dan inovasi selalu dilakukan oleh ASUS.

Salah satu peningkatan performa yang terlihat jelas dan dapat dirasakan langsung oleh gamer adalah penggunaan prosesor ngebut Snapdragon 8+ Gen 1 Mobile Platform pada hape gaming ROG Phone 6 Series ini. Prosesor yang menggunakan GPU Adreno 730 ini membawa peningkatan performa 10 persen lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Tentu saja, hal ini membuat gaming makin nyaman karena berjalan lancar tanpa lag.

Namun, tidak hanya sisi prosesor saja yang ditingkatkan ASUS. Ada juga fitur pendukung game seperti layar besar yang menggunakan panel Samsung AMOLED. Layar ini juga mendukung refresh rate maksimum 165Hz dan juga touch sampling rate 720hz yang membuat sentuhan jari semakin sensitif. Layar berukuran 6,78 inci ini juga sudah mendukung HDR10+. Selain itu ada juga Air trigger yang sudah ditingkatkan fungsinya serta ROG Vision yang menjadi ciri khas hape gaming ini. Mobitekno pun mendapat kesempatan untuk mengulas hape gaming ASUS ROG Phone 6 ini selama beberapa hari. Dan berikut ulasannya.

ASUS ROG Phone 6

Kelengkapan

Hadir dengan kemasan yang kokoh, namun lebih simpel atau sederhana dibandingkan ROG 5 Series sebelumnya. Salah satu yang membuat kemasannya lebih ringkas adalah pengubahan AR Mission yang sebelumnya ada di bagian kotak kemasannya, kini berada di sebuah kartu kecil yang disertakan di dalamnya. Kini cukup arahkan kamera ke kartu tersebut, maka AR Mission bisa dijalankan dengan lancar.

Untuk mengetahui lebih detail apa saja isi kemasannya, berikut ini hasil unboxing Mobitekno:

  1. 1 unit ROG Phone 6 berwarna hitam
  2.  Buku petunjuk ringan dan kartu garansi
  3. SIM Card ejector bergaya ROG
  4. Kartu ASUS ROG untuk menjalankan AR Mission
  5. ROG Aero Case berwarna hitam
  6. Kabel USB type C to Type C
  7. Adapter fast charging 65W
Kelengkapan ASUS ROG Phone 6

Desain  

Saat dikeluarkan dari kotak kemasannya, aura extreme gaming sudah terasa. Layarnya yang menggunakan Samsung AMOLED Display 165Hz Refresh rate dan 720 Touch Sampling Rate berukuran 6,78 inci HDR10+ ini sudah menggambarkan serunya bermain game dengan hape ini. Kesan lega dan jernih sudah terlihat. Kemampuan refresh rate 165Hz ini menjadi salah satu tampilan tertajam yang tersedia di pasaran untuk sebuah hape gaming. Selain itu, latency sebesar 23ms membuat layar lebih responsif.

Desain ASUS ROG Phone 6

Beralih ke sisi kanan, kiri, atas, dan bawah. Di sisi kanannya terdapat tombol power dan volume. Sementara di sisi sebaliknya terdapat slot SIM Card dengan warna merah. DI tengahnya terdapat USB type C port kedua. Ini yang membuat perbedaan ROG Phone 6 Series dengan hape gaming lainnya. Di sini disediakan dua port USB type C. Jadi selain ada di bagian bawah (standar), ada juga di sisi samping. Desain seperti ini selalu digunakan ROG Phone Series untuk kemudahan bermain game, terutama saat baterai sudah mau habis, yang membuat gamer harus menghubungkan kabel USB ke hape. Posisi di tengah ini tidak akan membuat gamer ribet dan permainan tetap lancar.

Ada dua port USB Type C, salah satunya ditempatkan di tengah, sehingga tidak mengganggu saat bermain game

Di sisi kanan juga terdapat sensor Air Trigger 6 L1 dan L2 yang bisa diaktifkan dari menu setting atau Game Genie. Kedua tombol ini memang bukan berbentuk fisik, melainkan tombol ultrasonik dengan sensor di dalamnya. Jadi, ketika diaktifkan, gamer bisa menyentuhnya, menekan, atau mengusap dengan tingkat respon yang bisa diatur.  Tombol ultrasonik di bagian bawah juga bisa menjadi akses cepat ke X Mode. Gamer tinggal atur opsi Long Squeeze untuk mengaktifkan X Mode di dalam menu setting. Tingkat tekanannya (Force level) juga bisa diatur, dari angka 1 yang paling mudah hingga level 11.

Di bagian bawah terdapat port USB Type C dan juga port audio 3,5mm. Ya, ASUS ROG Phone 6 Series masih menyediakan port audio ini, sehingga gamer yang masih menggunakan headphone dengan kabel masih bisa terhubung dengan hape gaming ini.

Port USB type C dan Audio 3,5mm di bagian bawah

Sekarang beralih ke bagian bodi belakang. Di sinilah berbagai atribut yang menandakan bahwa hape ini adalah ROG Phone 6 Series menempel. Yang paling terlihat adalah ROG Vision. Ada bedanya untuk versi pro dan standar. Untuk versi standar hanya berupa logo ROG dengan warna merah. Sementara di versi pro ROG Vision ini memiliki setting yang lebih advance. Jadi Gamer bisa memasukkan identitas di sini. Bahkan ROG Vision ini mendukung 6 skenario. Di ROG Phone 6 Pro, gamer bisa mengaktifkan dan menonaktifkan ROG Vision, menyesuaikan tampilan PMOLED, serta memilih berbagai animasi berdasarkan peristiwa yang berbeda, seperti X Mode, layar aktif, panggilan masuk, dan masih banyak lagi. ASUS bahkan menyediakan 60 animasi baru untuk ROG Vision ini.

ROG Vision di tipe standar, hanya berupa logo ASUS ROG

Satu hal menarik lagi adalah kehadiran kamera yang bukan sembarangan. Kini, ASUS ROG Phone 6 Series ini memiliki kamera belakang berkemampuan 50MP degan sensor Sony IMX766. Ini tentunya menawarkan kemampuan menangkap momen yang lebih bagus. Selain kamera 50MP, ada dua kamera lain yang menemaninya, yaitu kamera Ultra Wide Angle 13MP dan kamera makro 5MP.

Susunan kamera di ASUS ROG Phone 6

Dengan desain sudut-sudut yang membulat, membuat genggaman lebih nyaman, terutama saat ROG Phone 6 Series ini sedang menemani gamer dalam menjalankan sebuah game. Namun, untuk menjaga bodi yang ciamik ini, ASUS masih memberikan case di dalamnya yang bisa dipasang untuk menambah keamanan hape.

Fitur dan Performa

Salah satu hal yang membuat bermain game dengan ASUS ROG Phone 6 Series adalah keberadaan fitur Armory Crate. Ya, fitur ini sejak lama hadir di ROG Phone Series. Di sini, semua game yang gamer mainkan akan dikumpulkan menjadi satu. Ini bisa disebut sebagai pusat game berada. Di sini tidak hanya pengaturan game, profile serta setting yang bisa diatur, tetapi juga bisa berinteraksi dengan pemain ROG lainnya di seluruh dunia, jika login ke akun ROG. Navigasi juga lebih nyaman berkat penggunaan sistem operasi Android 12 yang sudah dikembangkan juga bersama ASUS.

Sudah berbasis Android 12

Di Armory Crate ini, gamer juga bisa mengatur dan memilih level performa yang diinginkan. Ada tiga mode yang yang disediakan, yaitu X Mode, Dynamic Mode, dan Ultra Durable Mode. X Mode menjadi performa tertinggi karena kemampuan hardware semuanya diarahkan ke game. Sementara Dynamic menjadi lebih simbang antara performa gaming dengan performa aplikasi lainnnya. Sementara Ultra Durable membuat baterai menjadi lebih irit. Di dalam Armory Crate ini juga ditampilkan kemampuan CPU, GPU, suhu, penggunaan memori dan storage secara realtime. Jadi, gamer bisa memantau tingkat optimal hape.

Armory Crate menjadi pusat kontrol game-game yang di-install di ASUS ROG Phone 6

Penggunaan Snapdragon 8+ gen 1 juga tidak main-main. Selain performa CPU dan GPU naik 10% lebih kencang, prosesor dengan fabrikasi 4nm ini juga membuat tingkat efisiensi 30% lebih baik. Bahkan bersama dengan sistem pendinginan yang ada di dalamnya, kemudian dipadukan dengan RAM LPDDR5, ini menjadi hape gaming tercepat yang ada saat ini.

Tenaga dari Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 membuat performa ASUS ROG Phone 6 menjadi gahar

Berbicara tentang gaming, tentu saja berkaitan dengan performa. Dan performa bisa didapatkan jika hape memiliki teknologi pendinginan yang mumpuni. Di ROG Phone 6 ini, ASUS membenamkan teknologi GameCool 6 Cooling System. Ini adalah teknologi pendinginan generasi kelima dari sistem GameCool yang digunakan ASUS. Struktur internal teknologi ini telah ditingkatkan terutama untuk pembuangan panas yang lebih efisien. Bahkan sistem pendinginan CPU 360 derajat yang baru, yang didesain ulang dan difokuskan pada tata letak dual PCB yang berada di tengah, ini mampu mengurangi hawa panas lebih signifikan.

Proses pendinginan bisa lebih optimal lagi jika menggunakan aksesori optional AeroActive Cooler 6. Pasangkan pada bagian belakang hape, sistem pendinginan akan bertambah lagi. AeroActive Cooler 6 menggunakan sistem pendinginan AI Termoelektrik terintegrasi, yang didasarkan pada chip pendingin peltier di dalam pendingin.

ASUS ROG AeroActive Cooler 6, membantu mendinginkan smartphone

Saat game-game berat dimainkan, suaranya juga terdengar menggelegar. Gamer bahkan tidak perlu headphone tambahan untuk menikmati keseruan suara dalam game. Hal ini berkat adanya fitur GameFX Audio. Pengalaman suara semakin gahar berkat pengaturan speaker canggih dan penyetelan yang luar biasa oleh Dirac. ROG Phone 6 Series memang menggunakan dua speaker Super Linear 5 magnet 12×16 simetris yang didukung oleh amplifier mono Cirrus Logic CS35L45. Pengaturan terbaik dari Dirac juga membuat ASUS ROG Phone 6 dapat mencapai suara yang lebih lebar, jernih, dan kedalaman yang lebih baik dari hape gaming lain.

Tidak hanya suara yang mampu menambah pengalaman bermain game. Seperti yang sudah disebutkan di atas, tombol ultrasonik L1 dan l2 tetap ada di perangkat ini. Tombol AirTrigger 6 yang baru ini menawarkan sensitivitas yang lebih baik. Tombol-tombol ini bahkan kini tidak hanya bisa digunakan bermain game, tetapi juga untuk kebutuhan lainnya. Tombol ini menawarkan banyak kontrol gerak. Ada 18 titik sentuh spesifik pada layar yang dapat dipetakan dengan AeroActive Cooler 6 ini.

Di ROG Phone 6 ini ada beberapa tambahan gesture baru di sistem AirTrigger ini. Contohnya seperti tekan dan kiri yang memungkinkan gamer untuk memetakan tindakan yang berbeda saat menekan tombol pengaktif ultrasonik dan tindakan berbeda saat mengangkat jari dari tombol. Selain itu, ada juga tambahan giroskop untuk membidik, sehingga lebih siap dalam mengontrol sudut pandang.

Adanya tombol ultrasonik dalam AirTrigger 6, membuat main game menjadi lebih nyaman, karena ada tambahan tombol L1 dan L2

Ingin lebih nyaman lagi bermain game? ASUS ROG juga menyediakan aksesori tambahan yang bisa dibeli secara optional, yaitu Kunai. Ini adalah gamepad khusus yang diciptakan untuk ROG Phone Series. Gamepad terbaru ini dapat dipasang ke hape dengan bumper khusus. Kunai dapat mengontrol game apapun dengan fitur ASUS Game Genie Key Mapping. Kini Kunai juga tersedia dalam varian warna putih.

Kenyamanan terakhir dalam bermain game adalah durasi baterai dalam mendukung game-game yang seru. Tenang saja. ASUS ROG Phone 6 sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 6.000mAh. Baterai sebesar ini dibagi dua dengan menggunakan desain MMT. Desain seperti ini membuat suhu pengisian daya menjadi lebih rendah. Ini memungkinkan pengisian daya dari adapter 65W menjadi lebih cepat. Desain dua sel ini juga memungkinkan ASUS bisa menempatkan motherboard di  tengah bingkai, sehingga dapat menciptakan keseimbangan berat. Inovasi seperti ini memungkinkan pengisian baterai lebih cepat 0-100%. Jadi, ROG Phone 6 sekarang dapat terisi penuh dalam 40 menit saja, 10 menit lebih cepat dibandingkan ROG Phone 5.

Seperti yang sudah diinformasikan sebelumnya, ROG Phone 6 Series ini tidak hanya mumpuni untuk gaming, tetapi juga lainnya. Misalnya keberadaan kamera utama 50MP yang menggunakan sensor Sony IMX766. Kamera ini menawarkan mode utama 12,5MP yang menggunakan filter warna Quad Bayer 50MP. Bahkan penggunaan yang tepat, mampu menghasilkan perbesaran 2X lossless di siang hari . Sementara di kondisi cahaya rendah, kamera akan beralih ke zoom digital 2X berdasarkan mode 12,5MP untuk menangkap cahaya redup.

Kami mengukur kemampuan ROG Phone 6 ini dengan aplikasi-aplikasi benchmark seperti Antutu versi 9.4.2, PC Mark for Android, GeekBench 5.0, dan 3Dmark. Hasilnya sebagai berikut.

Hasil benchmark ASUS ROG Phone 6

Ini contoh foto hasil kamera ROG Phone 6

Spesifikasi

Brand ASUS ROG Phone 6
Layar 6,78 inci,  Samsung AMOLED, 1B colors, 165Hz, HDR10+, 720Hz ouch sampling rate
Pelindung layar Corning Gorilla Glass Victus
Resolusi 1080 x 2448 pixels
Sistem operasi Android 12
Chipset Snapdragon 8+ gen 1 Mobile Platform (4nm)
GPU Adreno 730
Memori dan Storage 8GB / 256GB
Kamera utama 50MP Sony IMZ766, 13MP Ultrawide, dan 5MP Makro
Kamera depan 12MP
Baterai 6000mAh dengan fast charging 65W
Warna Phantom Black dan Storm White
Dimensi / bobo 173 x 77 x 10.3 mm / 239gr
harga RP.10.999.000

Kesimpulan

ASUS ROG Phone 6 menjadi hape gaming paling ideal untuk gamer bermain game-game berat yang ada saat ini. Mulai dari genshin Impact, PUBG Mobile, Asphalt 9, dan masih banyak lagi, semuanya dilalap dengan lancar, nyaman, dan tidak begitu melelahkan. Hal ini berkat adanya layar besar 6,78 inci Samsung AMOLED HDR10+ dengan refresh rate hingga 165hz dan touch sampling rate 720Hz. Performa dari prosesor Snapdragon 8+ gen 1 juga membuat game semakin lancar dijalankan pada hape gaming ini.

Fitur-fitur dan aplikasi pendukung game di dalamnya juga dikembanngkan semakin intuitif. Pengaturan dalam Game Genie atau Armory Crate kini semakin mudah cepat. Game Ganie juga menjadi pusat pengaturan saat game sedang berjalan. Aksesnya cukup dengan melakukan swipe horizontal dari bagian atas kiri atau kanan saja.

Tidak hanya untuk gaming, ROG Phone 6 juga didesain untuk kebutuhan lainnya, tentu dengan performa kencang. Untuk fotografi dan videografi misalnya, kini kameranya mampu menyuguhkan hasil terbaik berkat sensor Sony IMX766. Begitu juga untuk aplikasi, ROG Phone 6 bisa membuka berbagai file dokumen dengan lebih baik. Bahkan, di hape ini disediakan akses cepat dalam bentuk Edge Tool. Di sini bisa ditempatkan shortcut untuk berbagai aplikasi populer.

Dua pilihan warna ASUS ROG Phone 6, Phantom Black dan Storm White

ROG Phone 6 PRO ini bisa kalian dapetin dengan harga Rp18.999.000 eksklusif hanya di Erafone, Urban Republic, ROG Store, ASUS Online Store, ASUS Exclusive Store, Eraspace dan Tokopedia.

Dan untuk ROG Phone 6 8/256GB dibanderol dengan harga Rp 10,999,000 dan ROG Phone 6 12/256GB dibanderol dengan harga Rp 13,999,000. Dapatkan ROG Phone 6 ekslusif hanya di Erafone, Urban Republic, ROG Store, ASUS Online Store, ASUS Exclusive Store, Eraspace dan JD.ID

Cek selengkapnya disini : https://id.rog.gg/rogphone6

Tags: , ,


COMMENTS