August 19, 2022

Targetkan Elektrifikasi 10 Ribu Bus Tahun 2030, Transjakarta Gandeng Equipmake dan VKTR

Penulis: Iwan RS
Targetkan Elektrifikasi 10 Ribu Bus Tahun 2030, Transjakarta Gandeng Equipmake dan VKTR  

Mobitekno – Sesuai anjuran pemerintah Indonesia menuju karbon netral, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan percepatan pembaharuan transportasi umum di Jakarta menjadi armada yang menggunakan tenaga listrik.

Untuk menopang peralihan tersebut, Direktur Utama Transjakarta, M. Yana Aditya menyatakan akan melakukan kerja sama dengan pihak-pihak yang sudah terlibat dalam pembuatan dan pengoperasian transportasi listrik.

Transjakarta elektrifikasi 00

Yana menyatakan bahwa PT Transjakarta telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) belum lama ini (18/8/2022) dengan perusahaan elektrifikasi kendaraan komersial asal Inggris, Equipmake Holdings Plc dan PT VKTR Teknologi Mobilitas.

Adapun VKTR adalah anak perusahaan PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) yang bergerak di bidang industri elektrifikasi transportasi dan ekosistem telematika.

Penandatangan MoU yang dilakukan oleh Yana selaku Dirut Transjakarta dengan Gilarsi W. Setijono, Dirut PT VKTR Teknologi Mobilitas, dan Ian D. Foley, CEO Equipmake Holdings Plc.

Penandatangan disaksikan langsung oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo.

Transjakarta elektrifikasi 02

Menurut Yana, untuk mempercepat peralihan ke bus listrik, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengganti mesin konvensional menjadi mesin yang digerakkan listrik. Cara ini disebut sebagai retrofit yang juga sudah digunakan di berbagai negara.

“Untuk itulah Transjakarta mendatangani MoU dengan sebuah perusahaan Equipmake sebagai pemilik teknologi dan komponen retrofit dan Vektor sebagai pemegang lisensi yang akan memproduksi mesin retrofit,” unghkapnya.

“Equipmake dan Vektor saat ini sedang mempersiapkan pembuatan mesin bus listrik dengan cara retrofit untuk memenuhi kebutuhan Transjakarta,” tambah Ian Foley.

Kerja sama tiga pihak ini diharapkan dapat memenuhi target elektrifikasi 10 ribu bus Transjakarta pada 2030 dan meningkatkan kemampuan manufaktur dalam negeri.

Tags: , , , , ,


COMMENTS