March 25, 2024

Pabrik Baterai Honda dan LG Energy Solution di Amerika Serikat Ditargetkan Beroperasi Akhir 2024

Penulis: Iwan RS
Pabrik Baterai Honda dan LG Energy Solution di Amerika Serikat Ditargetkan Beroperasi Akhir 2024  

Mobitekno – Pabrik baterai untuk kendaraan listrik antara Honda dan LG Energy Solution ditargetkan selesai dan segera beroperasi pada akhir tahun 2024 di Jeffersonville, Ohio, Amerika Serikat. Pabrik yang dibangun di atas tanah seluas 609.000 m2 direncanakan akan memproduksi baterai berjenis lithium-ion tipe pouch pada tahun 2025 yang akan dipasok ke pabrik mobil listrik Honda di Amerika Utara.

Pembangunan pabrik ini dimulai pada bulan Maret 2023 dengan total investasi mencapai $4,4 miliar. Pabrik baterai ini diharapkan dapat memproduksi baterai lithium-ion tipe pouch untuk mobil listrik Honda di Amerika Utara. Adapun kapasitas produksi tahunan pabrik ini diharapkan mencapai 40 gigawatt-jam (GWh).

Saat ini, proses konstruksi pabrik telah mencapai tahap akhir, sementara itu untuk proses rekrutmen sumber daya manusia juga telah dimulai dan berpotensi untuk menciptakan sekitar 2.200 pekerja baru ketika memulai operasinya.

Honda dan LG Energy Solution 02

Bob Lee selaku CEO Joint Venture LG Energy Solution-Honda mengatakan bahwa (pabrik) ini adalah tonggak penting bagi tim LG Energy Solution-Honda karena struktur fasilitas pabrik baterai EV sudah memasuki tahap konstruksi akhir.

“Tahun lalu kami meletakkan batu pertama di tanah lapang dan sekarang kami dapat melihat hasil akhir untuk proyek ini. Kami ingin berterima kasih kepada semua orang yang bekerja di lokasi dan masyarakat setempat yang telah membuat ini menjadi mungkin,” pungkas Bob.

Honda dan LG Energy Solution 01

Rick Riggle selaku COO New Joint Venture Company LG Energy Solution-Honda mengatakan bahwa hadirnya pabrik ini menjadi momen yang sangat menarik saat kami mengambil langkah pertama untuk merakit tim baru untuk fasilitas baterai EV joint venture yang didirikan oleh LG Energy Solution dan Honda.

“Kami akan terus mengumumkan peluang karir baru dalam beberapa bulan mendatang yang kami harap akan menginspirasi tenaga kerja generasi mendatang untuk terlibat dalam peran manufaktur canggih yang akan membantu memproduksi baterai lithium-ion dan akan menggerakkan model EV Acura dan Honda yang akan diproduksi di Ohio pada akhir 2025,” tambahnya.

Rencana elektrifikasi Honda menuju era berkelanjutan

Sebagai tambahan, Honda juga telah menyampaikan rencana globalnya untuk meluncurkan hingga 30 mobil berbasis listrik pada tahun 2030, dengan volume produksi mencapai 2 juta unit setiap tahunnya. Selain itu, Honda juga berusaha mewujudkan netralitas karbon untuk semua lini produk serta aktivitas perusahaannya pada tahun 2050.

Honda dan LG Energy Solution 03

Honda mengalokasikan dana sekitar 5 triliun Yen untuk pengembangan elektrifikasi dan teknologi terkait selama dekade berikutnya. Investasi ini mencakup biaya penelitian dan pengembangan (R&D) serta investasi terpisah, dengan total biaya pengembangan yang diperkirakan mencapai 8 triliun Yen.

Untuk mempercepat pencapaian tujuan elektrifikasinya, Honda telah menjalin kemitraan strategis dengan beberapa pemain besar di industri otomotif. Diantaranya melakukan kemitraan dengan General Motors (GM) di Amerika Utara, kolaborasi dengan CATL di China, dan Envision AESC di Jepang. Kemitraan ini akan memungkinkan Honda untuk mengembangkan dan memperkenalkan teknologi baterai generasi berikutnya ke pasar.

Platform dan model baru

Honda berencana untuk memperkenalkan platform EV baru, yang dikenal sebagai Honda e:Architecture, pada tahun 2026. Platform ini akan menggabungkan perangkat keras dan perangkat lunak untuk menciptakan EV yang lebih terjangkau dengan biaya dan rentang harga yang kompetitif. Selain itu, Honda akan memulai operasional produksi EV di China dan pabrik baru di kawasan Amerika Utara, menandakan komitmennya terhadap pasar global.

Meskipun rencana ini ambisius, Honda menghadapi tantangan dalam transisi ke elektrifikasi. Ini termasuk memastikan pasokan baterai yang stabil, mengembangkan infrastruktur pengisian yang memadai, dan memenuhi ekspektasi konsumen yang terus berkembang.

Honda elektrifikasi

Namun, dengan langkah-langkah strategis dan investasi yang tepat, Honda berada di jalur yang benar untuk tidak hanya memenuhi, tetapi juga melampaui target elektrifikasinya.

Rencana elektrifikasi Honda merupakan langkah penting menuju masa depan yang lebih berkelanjutan. Dengan fokus pada inovasi, kemitraan strategis, dan komitmen terhadap lingkungan, Honda siap untuk menjadi pemimpin dalam revolusi EV. Menarik untuk disimak nanti untuk melihat bagaimana rencana Honda ini akan diwujudkan menuju era baru mobilitas yang bersih dan efisien.

Tags: , , , , ,


COMMENTS