May 15, 2022

Uji iPhone dengan Konektor USB-C Port. Apple Mungkin akan Berpisah dengan Standar Lightning Port

Penulis: Iwan RS
Uji iPhone dengan Konektor USB-C Port. Apple Mungkin akan Berpisah dengan Standar Lightning Port  

Mobitekno – Menurut laporan Mark Gurman dari Bloomberg, Apple sedang menguji iPhone dengan konektor USB Type-C dalam rangka persiapannya beralih dari konektor Lightning port. Meski demikian, peralihannya paling cepat baru dilakukan pada tahun 2023 nanti.

Seperti diketahui, keputusan Apple ini dilakukan sebagai antisipasinya terhadap aturan yang disahkan Uni Eropa baru-baru ini. Dalam keputusan itu, Uni Eropa mewajibkan seluruh produsen teknologi melengkapi perangkat komunikasi elektronik mereka dengan konektor USB Type-C (USB-C).

Apple selama ini memberikan argumennya bahwa beralih ke konektor USB-C port hanya akan menciptakan jumlah limbah elektronik yang lebih besar bagi lingkungan. Konektor Lightning port memang sudah digunakan Apple hampir satu dekade ini, tepatnya sejak kehadiran iPhone 5 pada September 2012.

Apple juga berasalan bahwa aturan Uni Eropa tersebut akan menghambat inovasi teknologi.Meski beberapa pihak juga menganggap keengganan Apple beralih ke konektor USB-C juga berlatarbelakang hilangnya kontrol kuat terhadap konsumennya selama ini, termasuk mengatur standar teknologi konektor.

Forbes memprediksi apabila konektor USB-akan hadir pada iPhone 15 nanti, Apple mungkin tidak akan berniat lagi mempertahankan konektor Lightning port untuk produk iPhone untuk pasar global meskipun peraturan dari Uni Eropa hanya berlaku untuk pasar Eropa.

Alasannya menurut Mark Gurman adalah proses produksi iPhone atau produk Apple lainnya dengan dua jenis konektor untuk pasar berbeda akan lebih kompleks dan tidak efisien.

Akan lebih baik bagi Apple untuk merilis seluruh produknya dengan konektor USB Type-C. Apabila langkah ini yang dipilih Apple ke depan, dampak negatif mungkin dialami pengguna iPhone yang ada saat ini. Pasalnya harga ponsel kesayangannya mungkin saja mengalami penurunan harga. Konsumen yang menggunakan iPhone dengan Lightning Port juga akan sulit mendapatkan aksesorisnya mengingat suplai komponen pendukung juga akan dialihkan.

Apabila Apple jadi bertransisi ke USB-C, Apple mungkin akan mengeluarkan adaptor yang memungkinkan iPhone USB-C bisa dihubungkan dengan berbagai aksesori dengan Lightning port yang ada selama ini.

Bagi Uni Eropa sendiri keputusan Apple untuk beralih ke konektor USB Type-C tentu diapresiasi positif. Pasalnya penggunaan satu standar konektor USB-C port akan membawa dampak baik dalam mengurangi limbah elektronik, disamping keunggulan USB-C port dalam kecepatan charging baterai dan transfer data.

Tags: , , , , ,


COMMENTS