December 29, 2022

Ga Perlu Khawatir Lagi, Ini Cara Unlock iPhone Tanpa Komputer atau iTunes

Penulis: Desmal Andi
Ga Perlu Khawatir Lagi, Ini Cara Unlock iPhone Tanpa Komputer atau iTunes  

Mobitekno – Kejadian iPhone disabled bisa terjadi lantaran pengguna salah memasukkan passcode berulang kali. Hal ini tentu membuat pengguna panik karena ponsel tidak bisa digunakan.

Pada perangkat iPhone, jika pengguna salah memasukkan passcode berkali-kali maka ponsel akan menampilkan pesan “iPhone dinonaktifkan, coba lagi dalam x menit” atau “iPhone is Disabled, try again in x minutes”. Bagaimana cara mengatasinya?

Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengaktifkan mode pemulihan dan mengatur ulang iPhone melalui iTunes atau komputer. Apakah ada alternatif lain? Tentu ada, pengguna bisa mencoba cara lain untuk membuka iPhone yang lupa passcode tanpa iTunes atau komputer.

Penyebab iPhone is Disabled

Penyebab iPhone is Disabled adalah karena pengguna salah memasukkan passcode berkali-kali. Sebagaimana yang diketahui, Apple punya aturan ketat soal privasi pengguna. Apple juga membatasi upaya unlock iPhone yang terkunci.

Apabila pengguna mencoba meng-unlock iPhone, namun memasukkan passcode yang salah sebanyak enam kali maka layar akan menampilkan “iPhone is disabled, try again in 1 minute”. Ini berarti pengguna perlu menunggu selama 1 menit untuk mencoba lagi.

Jika gagal pada percobaan selanjutnya maka pengguna perlu menunggu selama 5 menit. Jika salah untuk kedelapan kalinya maka pengguna perlu menunggu selama 15 menit. Begitu seterusnya sampai iPhone benar-benar dinonaktifkan (fully disabled).

Cara Unlock iPhone – Tanpa iTunes

Untungnya, pengguna dapat membuka iPhone yang terkunci dengan beberapa cara. Untuk melakukannya tanpa iTunes maka pengguna bisa memanfaatkan tool pihak ketiga seperti EaseUS MobiUnlock.

Meneruskan situs resminya, tool ini memerlukan Apple ID dan password pengguna untuk menyelesaikan proses. Adapun, cara menggunakan tool ini untuk mengatasi masalah iPhone yang terkunci adalah:

1. Download dan install EaseUS MobiUnlock.

easeus mobiunlock download

2. Buka software tersebut, lalu klik Unlock Screen Passcode.

easeus mobiunlock

3. Hubungkan iPhone ke komputer, lalu klik Start.

easeus mobiunlock 2

4. Periksa dan sesuaikan model iPhone dengan informasi yang tampil di layar. (gambar hanyalah contoh)

easeus mobiunlock 3

5. Jika sudah sesuai, klik Next untuk mengunduh firmware versi terbaru. Jika firmware sudah tersedia, langsung klik package-nya.

6. Setelah verifikasi selesai, selanjutnya klik Unlock Now.

7. Masukkan informasi yang dibutuhkan, lalu klik Unlock.

easeus mobiunlock 4

8. Tunggu hingga proses reset iPhone selesai. Setelah itu, Anda bisa mengatur ulang iPhone dan menerapkan sandi baru. Untuk menyelesaikan proses, silakan gunakan Apple ID dan password yang sebelumnya digunakan pada iPhone tersebut.

Cara Unlock iPhone – Tanpa Komputer

Cara membuka iPhone yang terkunci tanpa komputer adalah menggunakan aplikasi Find My App. Tetapi, pengguna perlu menyiapkan perangkat Apple lain (selain iPhone yang ingin di-unlock). Caranya seperti berikut.

1. Buka aplikasi Find My App di iPhone, Mac atau perangkat Apple lainnya. Lalu, lakukan sign in jika dirasa perlu.

find my app

2. Pada daftar yang muncul, pilih iPhone yang ingin di-unlock.

3. Pilih Erase iPhone.

Cara Unlock iPhone – Melalui iCloud

Selanjutnya, pengguna bisa membuka iPhone yang terkunci melalui iCloud. Untuk cara ini, pengguna perlu menyiapkan perangkat pendukung. Berikut langkah-langkahnya :

1. Siapkan perangkat pendukung berupa ponsel atau tablet Apple.

2. Kunjungi situs iCloud.com menggunakan perangkat tersebut.

situs iCloud

3. Sign in menggunakan akun Apple ID.

iCloud sign in

4. Pilih Find My, lakukan sign in jika perlu.

5. Saat muncul map dan daftar perangkat, pilih iPhone yang ingin di-unlock kemudian pilih Erase iPhone.

6. Pilih Erase.

7. Masukkan Apple ID dan password. Selesai.

Beberapa cara di atas bisa menjadi solusi alternatif bagi pengguna yang ingin membuka iPhone melalui iCloud atau tanpa iTunes dan komputer. Jika ponsel sudah ter-unlock, sebaiknya terapkan passcode baru yang mudah diingat.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS