September 3, 2022

Standar USB-C Terbaru USB 4 Versi 2.0 akan Hadir. Dongkrak Bandwidth Hingga 80Gbps

Penulis: Iwan RS
Standar USB-C Terbaru USB 4 Versi 2.0 akan Hadir. Dongkrak Bandwidth Hingga 80Gbps  

Mobitekno – Tiga tahun lalu, Maret 2019, USB Implementers Forum (USB-IF) dan USB Promoter Group meluncurkan spesifikasi USB4 (USB 4) yang menawarkan kecepatan transfer hingga 40Gbps. Kini, pembaruan signifikan kembali diumumkan melalui spesifikasi USB4 Version 2.0 yang disebut akan memiliki bandwidth data dua kali lipat, yakni hingga hingga 80Gbps.

Seperti standar USB terdahulu, standar USB4 Version 2.0 juga akan kompatibel dengan kabel USB 4 yang lebih lama. Yang membuatnya lebih menarik, kabel berstandar lama juga diklaim akan mendapat manfaat dari penggandaan bandwidth data dari standar baru ini.

Menurut dokumen dari USB-IF, stanadar baru didasarkan arsitektur pada aritektur physical layer baru yang menggunakan kabel pasif USB Type-C 40Gbps yang ada dan kabel aktif USB Type-C 80 Gbps baru.

Menurut jurnalis The Verge yang mengutip Joe Balich dari USB-IF, diketahui bahwa konsumen bisa mengunakan kabel USB-C 40Gbps yang ada saat ini untuk dapat menikmati kecepatan transfer 80Gbps saat standar USB4 Version 2.0 digulirkan. Benar tidaknya janji tersebut mungkin perlu dikonfirmasi lebih lanjut mengingat Joe Balich tidak menjelaskan syarat dan ketentuannya secara rinci.

Pengumuman pembaruan spesifikasi lengkap untuk USB 4 Version 2.0 akan diterbitkan pada November nanti. Mengingat informasinya baru ditujukan secara khusus untuk para developer dan produsen terkait, realisasinya ke konsumen diprediksi masih butuh waktu hingga tahun depan atau bahkan lebih lama.

Tags: , , , , ,


COMMENTS