August 11, 2022

Dompet Digital DANA Optimis, Masuknya Dua Investor Baru akan Perkuat Ekosistem Pembayaran Digitalnya

Penulis: Iwan RS
Dompet Digital DANA Optimis, Masuknya Dua Investor Baru akan Perkuat Ekosistem Pembayaran Digitalnya  

Mobitekno – Sinar Mas dan Lazada resmi menjadi investor baru startup fintech pembayaran DANA yang saat ini sudah memilki 115 juta pengguna di seluruh Indonesia. Keduanya menambah jajaran investor besar di balik DANA, di samping Emtek (Elang Mahkota Teknologi) dan Ant Group yang dimilki oleh Alibaba.

Titi Maria Rusli , Corporate Secretary Emtek, menyatakan bahwa PT Kreatif Media Karya (KMK) yang 99,99 persen sahamnya dikuasai EMTK, telah menjual sebagian sahamnya di PT Elang Andalan Nusantara (EAN) sebagai perusahaan penyedia aplikasi DANA.

Saham EAN tersebut dibeli oleh Lazadapay Holdings Pte. Ltd senilai US$ 304,5 juta. Dengan estimasi kurs Jisdor (Jakarta Interbank Spot Dollar Rate 14.875) pada tanggal 10 Agustus 2022, maka total nilai transaksi berkisar Rp4,53 triliun.

Co-Founder sekaligus CEO DANA, Vince Iswara menyatakan rasa bangganya atas bergabungnya dua perusahaan besar di industrinya masing-masing, Sinar Mas dan Lazada Group, sebagai pemegang saham DANA.

“Kami yakin bahwa kekuatan platform teknologi keuangan DANA akan memberikan banyak nilai strategis kepada investor berharga kami dalam mewujudkan visi kami untuk masyarakat nontunai Indonesia yang memiliki tingkat literasi dan inklusi keuangan yang lebih baik,” ungkap Vince dalam keterangan tertulis, Kamis (11/8/2022).

Ia juga mengatakan, dukungan itu akan diamnfaatkan masimal oleh DANA melalui peningkatan layanan keuangan digital yang ditawarkan perusahaan kepada masyarakat Indonesia, termasuk dalam mengakselerasi literasi dan inklusi keuangan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

“Kami juga percaya investasi ini merupakan bagian dari pengembangan bisnis yang akan mempersiapkan DANA untuk fase pertumbuhan selanjutnya,” kata dia.

Sinar Mas melalui PT Dian Swastatika Sentosa Tbk juga mengungkapkan optimismenya masuk ke dalam DANA. Mereka meyakini hal ini akan memberikan nilai tambah bagi ekosistem digital Sinar Mas.

“Kami sangat menantikan kolaborasi dengan DANA untuk membawa dampak positif terhadap digitalisasi bisnis di Indonesia, khususnya bagi inklusi keuangan untuk setiap masyarakat Indonesia,” ujar Franky Oesman Widjaja, Chairman PT Dian Swastatika Sentosa Tbk.

Lazada Group juga melihat adanya peluang bagi pihaknya berkolaborasi dengan DANA membangun infrastruktur teknologi, logistik, dan infrastruktur pembayaran yang berguna di kawasan Asia Tenggara dalam jangka panjang.

“Meskipun Lazada tetap berfokus pada eCommerce, kami melihat Lazada memegang peranan penting dalam membangun infrastruktur teknologi, logistik, dan infrastruktur pembayaran yang akan menguntungkan Asia Tenggara untuk jangka panjang. Investasi kami di DANA merupakan langkah strategis ke arah yang tepat” ujar James Dong, CEO Lazada Group dan Lazada Indonesia.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS