March 26, 2022

Eksis dan Kompetitif Selama 4 Tahun di Indonesia, Platform Pembayaran Digital DANA Rilis 4 Fitur Baru

Penulis: Iwan RS
Eksis dan Kompetitif Selama 4 Tahun di Indonesia, Platform Pembayaran Digital DANA Rilis 4 Fitur Baru  

Mobitekno – Perusahaan fintech startup DANA merayakan ulang tahunnya yang ke-4 dengan memperkenalkan empat fitur baru sekaligus. Chief of Product DANA Indonesia, Rangga Wiseno, menyatakan rasa syukur sekaligus optimis terkait perkembangan DANA memasuki usia 4 tahun tersebut.

Selama empat tahun eksis, DANA berhasil merangkul lebih dari 100 juta penguna, dengan rata-rata 8 juta transaksi per hari, dan 5 ribu online merchant, termasuk lebih dari 500 ribu UMKM yang menggunakan DANA Bisnis.

“Kami meyakini bahwa teknologi berbasis open platform yang kami miliki mampu membawa perubahan bagi percepatan literasi dan inklusi keuangan digital,” ujarnya di Jakarta (25/3/2022).

Sebagai platform pembayaran digital, pertumbuhan DANA sangat positif dengan peningkatan volume transaksi 143% YoY (Year on Year) pada 2021. Tidak mengherankan terdengar kabar DANA menjadi investor besar. Kabar terakhir, DANA akan diakuisisi oleh anak usaha Grup Sinar Mas, Smartfren senilai US$ 200 juta atau Rp 2,8 triliun.

Apakah DANA tergoda masuk ke industri kripto (cryptocurrency) untuk lebih menumbuhkan volume transaksinya ke depan disrespons oleh Rangga bahwa DANA masih melihat perkembangan dengan seksama atau masih melakukan observasi, baik secara langsung, wawancara, atau survei.

Intinya, semua masih tergantung situasi dan kondisi regulasi yang ada dimana saat ini cryptocurrency masih hanya sebatas aset dan bukan sebagai alat pembayaran. Apalagi pemerintah juga sedang menyiapkan Central Bank Digital Currency (CBDC) atau Digital Rupiah yang juga berbasis teknologi blockchain seperti halnya cryptocurrency.

Sejauh ini DANA masih berfokus pada peningkatan dan kelengkapan fitur pada platformnya sesuai dengan kebutuhan pengguna dan tidak ‘ikut-ikutan’ melakukan promosi atau diskon seperti kompetitor lainnya.

Terkait ulang tahun keempat tahun ini, DANA meluncurkan empat fitur baru sekaligus yang dianggap berguna dengan aktivitas transaksi digital masyarakat kesehariannya. Berikut ini keempat fitur baru di DANA:

1. Bekerja sama dengan aplikasi Signal dari Samsat, pengguna DANA telah dapat melakukan pembayaran pajak kendaraan (STNK, PKB, dll).

2. Bekerja sama dengan Alfamart, hitur kirim uang tunai kini hadir di paltfomr DANA. Pengguna dapat mengirimkan uang kepada teman atau saudara yang tidak memiliki rekening bank. Cukup dengan mengirimkan kode Cash kepada orang yang akan dikirimkan uang. Orang tersebut dapat menunjukkan KTP dan kode Cash kepada petugas Alfamart untuk mencairkan uang tersebut.

3. Dana Pay sebagai fitur baru yang memungkinkan pengguna tetap bertransaksi meski saldonya kurang. Pengguna dapat memilih layanan pembayaran yang akan digunakan, seperti kartu debit, kartu kredit maupun paylater.

Untuk memudahkan pengguna, pembayaran juga dapat dilakukan dengan menggunakan Dana VIZ (Visual Identity AuthoriZation). Tidak hanya itu, keamanan saat bertransaksi digital juga makin terlindungi dengan hadirnya pilihan otentikasi pembayaran serta Daily Limit Card untuk membatasi jumlah penggunaan yang diinginkan setiap harinya.

4. Rapor Dana Ini bertujuan mengedukasi pengguna untuk belajar cara menjaga dan merencanakan keuangan.

Dengan Rapor Dana pengguna diajak untuk menjawab serangkaian pertanyaan melalui tiga aspek, yaitu profil yang mencakup informasi mengenai status keuangan pengguna, lalu pengetahuan untuk melihat pemahaman keuangan pengguna, hingga aspek perilaku untuk melihat kebiasaan pengelolaan keuangan pengguna.

Lewat serangkaian pertanyaan itu, pengguna akan mendapatkan rekomendasi manajemen keuangan yang telah dipersonalisasi sesuai hasil jawaban. Pada Rapor Dana pengguna juga akan terus mendapatkan edukasi finansial yang dibagikan secara gratis agar mereka mampu menentukan langkah finansialnya dengan lebih bijak.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS