August 9, 2022

Headphone Nirkabel Sennheiser Momentum 4 Resmi Dipasarkan. Tahan 60 Jam dengan Fitur ANC Aktif

Penulis: Iwan RS
Headphone Nirkabel Sennheiser Momentum 4 Resmi Dipasarkan. Tahan 60 Jam dengan Fitur ANC Aktif  

Mobitekno – Sennheiser akhirnya meluncurkan headphone nirkabel dengan fitur noise cancelling-nya Momentum 4 sebagai penerus Momentum 3 yang dirilis 3 tahun lalu.

Sennheiser menyatakan salah keunggulan Momentum 4 adalah daya tahan baterainya yang mecapai 60 jam. Menariknya, durasi ini diklaim dengan mengaktifkan fitur ANC (Active Noise Cancelling), padahal sebagian besar produsen headphone biasanya mengiklankan data tahan baterai dengan ANC tidak diaktifkan.

Bukan hanya daya tahan baterainya yang kuat, Sennheiser juga mengklaim pengguna bisa menggunakan Momentum 4 selama enam jam hanya dengan mengisi baterainya selama 10 menit. Fitur yang tentu menarik bagi pengguna yang lupa mengisi baterai dan ingin segera menggunakan headphone.

Headphone Momentum 4 yang mengadopsi driver (transducer) 42 mm ini mendukung koneksi audio dengan kabel USB-C yang belum umum digunakan saat ini. Untuk dukungan codec nirkablenya (Bluetooth) antara lain standar AAC, SBC, aptX, dan aptX Adaptive.

Mengingat headphone ini masuk golongan premium, fitur kenyamanan juga menjadi perhatian Sennheiser. Contohnya fitur “Smart Pause” yang akan menghentikan pemutaran musik saat pengguna melepas headphone dari kepalanya. Ada pula fitur “Auto On/Off” yang secara otomatis hidup (On) saat diangkat dan mati (Off) saat tidak digunakan.

Apabila desain dan tampilan headphone Momentum 3 sebelumnya kental dengan nuansa logam dan kulit, Momentum 4 beralih ke tampilan plastik yang lebih modern. Sennheiser juga beralih dari pengoperasian tombol manual ke pengoperasian sentuhan dan gesture yang lebih modern.

Bagi sebagian pengguna, material Momentum 4 mungkin dianggap downgrade mengingat bahan kulit asli pada model Momentum 3 diganti dengan kulit buatan. Meski hal tersebut mungkin masih dianggap wajar mengingat peralihan desain keselurahan yang lebih modern dan menekan ongkos produksi.

Sennheiser Momentum 4 akan diatwarkan dengan harga US$349,95 (sekitar Rp5,2 juta). Jadwal pre-order internasionalnya telah dibuka dan mulai tersedia mulai tanggal 23 Agustus 2022 nanti. Hingga kini belum diketahui jadwal kehadirannya di pasar tanah air.

Tags: , , , ,


COMMENTS