August 9, 2022

Gelar Indigo Demo Day 2022 Sebagai Ajang Temu Muka dan Kolaborasi Startup dan Investor, Ini Harapan Telkom

Penulis: Iwan RS
Gelar Indigo Demo Day 2022 Sebagai Ajang Temu Muka dan Kolaborasi Startup dan Investor, Ini Harapan Telkom  

Mobitekno – PT Telkom Indonesia Tbk melalui Program Indigo menggelar acara tahunan Indigo Demo Day 2022 untuk menjembatani startup binaan Telkom dengan para pemodal ventura (VC) untuk menjalin kerja sama strategis.

Bertema “Build Stronger Startup Ecosystem”, Indigo Demo Day 2022 diharapkan memperkuat ekosistem startup di Indonesia dan berkontribusi pada ekonomi digital Indonesia.

Acara ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan B20 Indonesia sebagai forum dialog resmi G20 dengan komunitas bisnis global yang telah didirikan sejak tahun 2010 silam. Secara resmi, B20 Summit 2022 akan digelar pada 13-14 November 2022 mendatang.

“Startup terpilih yang hadir hari ini turut mendukung misi B20 Indonesia Digitalization Task Force dalam menjembatani kesenjangan digital,” ujar M. Fajrin Rasyid selaku B20 Digitalization Taskforce Deputy Chair sekaligus Direktur Digital Bisnis Telkom.

Telkom Indigo Demo Day 2022 01

Fajrin menyampaikan pentingnya peran startup dalam pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Startup berpeluang menghadirkan nilai ekonomi baru dalam beberapa dekade mendatang, terutama dalam perannya menjembatani kesenjangan digital dan menghadirkan beragam solusi atas permasalahan yang ada di tengah masyarakat.

Para startup juga perlu mendukung korporasi dalam mengadopsi teknologi baru, seperti blockchain, Big Data, Artificial Intelligence (AI), Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), cloud computing, dan Internet of Things (IoT).

Tercatat ada 57 undangan yang hadir dalam Indigo Demo Day 2022, mewakili 22 pemodal ventura, angel investor, dan pemodal korporasi, diantaranya MDI Ventures, Telkomsel Mitra Inovasi, East Ventures, Golden Gate Venture, Angel Investment Network Indonesia (ANGIN), OCBC NISP Ventura, dan masih banyak lagi. Turut serta beberapa stakeholder, seperti Alibaba Cloud Indonesia, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Endeavor, serta Deloitte.

Telkom juga menggelar rangkaian talkshow dengan topik “Prospects of Digital Startup Industry and Investment in Post Pandemic Era” yang diikuti para ahli dan praktisi startup, antara lain EVP Digital Business & Technology Telkom Saiful Hidajat, Management Consultant Boston Consulting Group Davids Tjhin, Venture Partner East Venture Avina Sugiarto, serta Investment Analyst dari ANGIN Hyancythia Kesuma sebagai moderator.

Para startup dan undangan juga berkesempatan mengikuti sesi startup speed dating selama 20 menit untuk berdialog serta berdiskusi terkait kemungkinan pendanaan atau kemitraan. Setidaknya ada 5 startup yang menarik perhatian, salah satunya adalah BIOPS Agrotekno yang bergerak di industri pertanian dan Internet of Things (IoT).

Sebelumnya, Telkom telah memilih sepuluh startup terbaiknya dalam program Indigo yang hadir dalam Indigo Demo Day 2022 ini, di antaranya adalah Allure AI, ARKids, BIOPS Agrotekno, ctscope, Educourse, Komerce, Mallsampah, Manpro, Tumbasin, dan Wehub.

Selain Indigo Demo Day 2022, Indigo selaku inkubator dan akselerator startup milik Telkom terus akan menghadirkan perhelatan sejenis untuk terus mendukung pertumbuhan startup di Indonesia.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS