August 9, 2022

Wuling Resmi Produksi Mobil Listrik Air ev di Pabrik Cikarang dengan TKDN 40 Persen

Penulis: Iwan RS
Wuling Resmi Produksi Mobil Listrik Air ev di Pabrik Cikarang dengan TKDN 40 Persen  

Mobitekno – Wuling Motors Indonesia resmi meluncurkan produksi pertama Wuling Air ev yang dibuat pabrik Wuling di Cikarang, Bekasi. Wuling menargetkan produksi mobil listrik mini ini mencapai 10 ribu unit hingga 2023 nanti.

Peresmian produksi perdana Wuling av di Indonesia ditandai dengan pengisian daya Air ev secara simbolis di Admin Plaza Wuling Motors oleh Menko Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto, didampingi oleh Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian RI; Lu Kang, Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok untuk Indonesia; Shi Guoyong, Presdi Wuling Motors; Diaz Hendro Priyono, Staf Khusus Presiden RI, dan Dani Ramdan, Penjabat Bupati Bekasi.

Wuling Air ev 03

Wuling Air ev 02

Menurut VPWuling Motors Indonesia, Han Dehong, Wuling Air ev produksi Cikarang ini sudah memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 40 persen yang artinya sudah memenuhi aturan pemerintah soal TKDN kendaraan produksi lokal.

“Kami akan meningkatkan lokalisasinya sesuai dengan arahan dari pemerintah sesuai standar demand dari market,” ujar Han (8/8/2022).

Meski tidak mengungkapkan komponen apa saja yang diproduksi lokal, Wuling tidak menutup peluang jika mobil listrik tersebut akan sepenuhnya memiliki komponen lokal di masa mendatang. Wuling juga membuka peluang kerjasama dengan perusahaan di Indonesia untuk pengembangan baterai mobil listrik agar dapat memangkas harga jual Wuling Air EV ke depannya.

Shi Guoyong selaku President Director Wuling Motors menyatakan bahwa sebagai kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB) terbaru untuk pasar global, Indonesia menjadi negara pertama yang memproduksinya.

“Kami pun bangga bahwa kendaraan listrik hasil produksi putra putri Indonesia ini memiliki kualitas yang mampu berkompetisi di pasar domestik, namun juga mancanegara,” tambahnya.

Wuling Air ev mengusung rangka kokoh yang dibalut dengan desain eksterior yang sarat teknologi masa depan. Meski berdesain compact, Wuling Air ev dibekali kabin 4 seater yang nyaman dan sarat dengan fitur cerdas.

Wuling Air ev 04

Wuling memastikan bahwa keamanan baterai di kendaraan listriknya ini terjamin sehingga konsumen dapat merasa tenang selama perjalanan. Pengisian dayanya juga terbilang mudah karena dapat dilakukan di rumah saja.

Dengan mengaplikasikan ‘Global Manufacturing System’ (GMS), Wuling memastikan bahwa pabriknya mampu untuk mencapai efisiensi proses produksi dan menghasilkan produk berkualitas tinggi. Pabrik Wuling yang berlokasi di Cikarang ini didukung dengan empat fasilitas produksi dan terintegrasi dengan supplier park yang berada di dalam satu kawasan seluas 60 hektar.

Didukung fasilitas lengka dan teknologi modern, pabrik Wuling di Indonesia memiliki kompetensi untuk memproduksi tidak hanya mobil dengan mesin pembakaran internal, tetapi juga mobil listrik. Hal ini pun semakin memperkuat komitmen jangka panjang Wuling di Indonesia untuk menghadirkan kendaraan yang ramah lingkungan, seperti sudah dibutikan dengan produksi perdanan Air ev.

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS