June 6, 2022

Ingin Jaga Privasi Pengguna, Mozilla Rilis Plugin Terjemahan Offline Untuk Browser Firefox

Penulis: Iwan RS
Ingin Jaga Privasi Pengguna, Mozilla Rilis Plugin Terjemahan Offline Untuk Browser Firefox  

Mobitekno – Mozilla merilis plugin offline translation (terjemahan offline) baru untuk browser desktop Firefox. Disebut Firefox Translations, plugin ini memungkinkan pengguna untuk melihat halaman web yang diterjemahkan tanpa bergantung pada pemrosesan berbasis cloud.

Menurut Mozilla, plugin ini dikembangkan oleh Project Bergamot dari suatu konsorsium yang didanai oleh Uni Eropa. Konsorsium ini juga melibatkan beberapa universitas, seperti University of Edinburgh, Charles University, University of Sheffield, dan University of Tartu. Tujuannya adalah untuk mengembangkan tools neural machine, seperti engine, model bahasa, dan algoritme in-page translation yang dijalankan sepenuhnya di Firefox melalui komputer pengguna. Ini berarti, privasi pengguna tetap aman karena Firefox Translations tidak mengirimkan data untuk dipreoses ke cloud.

Namun, tidak seperti layanan penerjemah online populer Google Translate yang mendukung lebih dari 130 bahasa, plugin penerjemah dari Mozilla baru mendukung 13 bahasa. Diantaranya Bahasa Inggris, Spanyol, Bulgaria, Ceko, Estonia, Jerman, Islandia, Italia, Bokmål Norwegia dan Nynorsk, Persia, Portugis, dan Rusia. Meskipun masih terbatas dan belum mendukung Bahasa Indonesia, perusahaan mengatakan plugin ini akan terus diperbarui dengan lebih banyak dukungan bahasa lainnya ke depan.

Firefox Translations 02

Firefox Translations 03

Mozilla juga membuat jalur pelatihan untuk Firefox Translations melalui Github, di mana para sukarelawan dapat berkontribusi pada proyek dengan membantu melatih model-model baru sehingga lebih banyak bahasa dapat ditambahkan. Selain itu, pihaknya juga menerima masukan mengenai model-model yang ada untuk lebih menyempurnakannya ke depan. Mereka yang tertarik dapat memeriksa halaman Github melalui tautan ini.

Sementara itu, pengguna yang ingin memasukkan plugin baru ke browser web mereka dapat mengkases di alamat Firefox Browser Add-Ons. Perlu diingat, Firefox Translations akan mengunduh file tambahan ke komputer Anda saat pertama kali teks di layar dikonversi ke bahasa tertentu. Selain itu, plugin ini juga memerlukan beberapa permintaan izin akses pengguna, termasuk akses ke tab browser, aktivitas selama navigasi, dan data pengguna untuk semua situs web.

Tags: , , , , ,


COMMENTS