August 1, 2022

Review Epson L3250, Urusan Mencetak Dokumen Hingga Foto Jadi Lebih Mudah dan Cepat

Penulis: Desmal Andi
Review Epson L3250, Urusan Mencetak Dokumen Hingga Foto Jadi Lebih Mudah dan Cepat  

Mobitekno – Siapa bilang di zaman digital yang segalanya banyak yang mengadopsi sistem paperless, printer sudah tidak lagi dibutuhkan? Ternyata tidak. Beberapa jenis aktivitas, terutama di perusahaan-perusahaan yang membutuhkan laporan fisik, dunia pendidikan, hingga urusan kelengkapan data kependudukan, lembar-lembar dokumen fisik masih dibutuhkan. Oleh sebab itu, perangkat cetak seperti printer pun tetap menjadi andalan untuk kebutuhan ini. Epson sebagai pabrikan perangkat-perangkat cetak terus menunjukkan inovasinya agar produk printernya bisa menyesuaikan dengan perubahan zaman. Salah satunya ada pada Epson L3250.

Printer ini tidak hanya dapat mencetak dokumen yang ingin diubah dari digital ke dokumen fisik, tetapi juga bisa melakukan proses Copy dan scan. Bahkan, menyesuaikan dengan zaman digital dimana berbagai perangkat pintar bisa saling terhubung, printer ini juga memiliki teknologi tersebut. Epson L3250 bisa bekerja secara nirkabel dan dapat dioperasikan tidak hanya dari laptop atau PC desktop, tetapi juga dari perangkat pintar lainnya, yaitu smartphone, melalui aplikasi Epson Smart Panel.

Namun begitu, tidak seperti di era kemunculan printer all-in one pada beberapa tahun lalu dimana ukurannya cukup besar, kini printer all-in-one Epson L3250 tampil dengan desain yang kompak. Dengan dukungan hingga ukuran A4, printer ini bisa diletakkan di ruang terbatas sekalipun. Apalagi dengan dukungan teknologi wireless, tentunya kabel data bisa dilepas dari printer dan hanya menggunakan mode jaringan. Selain itu, dengan sistem Ecotank, produk ini memiliki ruang tinta yang simpel dengan akses memasuikkan tinta yang sangat mudah.

Epson L3250

Kelengkapan:

Hadir dengan kemasan yang cukup ringkas, Epson L3250 ini datang lengkap bersama item-item pendukungnya. Lengkapnya sebagai berikut:

  1. Unit printer epson L3250 berwarna hitam
  2. Empat tinta epson EcoTank tipe 003 yag terdiri dari Black, Yellow, Magenta, dan Cyan
  3. Kabel power untuk disambungkan ke sumber listrik
  4. Kabel data untuk opsi koneksi dengan PC atau desktop
  5. Lembar tutorial instalasi dan penggunaan
  6. Kartu garansi
  7. CD untuk meng-install driver tanpa harus melakukan online
Selain kabel data, kabel power, buku panduan, dan kartu garansi, Epson L3250 juga dilengkapi dengan 4 tinta EcoTank 003

Desain

Walaupun memiliki fungsi All-in-One yang dapat melakukan Print, Scan, dan Copy, Epson L3250 ini tetap masih dalam desain yang tidak terlalu besar. Jadi, sangat ideal diletakkan di ruang terbatas sekalipun. Ukuran totalnya adalah 325 x 347 x 179 mm (panjang x lebar x tinggi) dan memiliki bobot 3,9 kg. Cukup ringan untuk sebuah printer All-in-One.

Sebagai printer yang memiliki fungsi Copy dan Scan, tentu saja bagian atasnya memiliki Cover yang bisa dibuka tutup. Di balik cover ini terdapat permukaan kaca untuk meletakkan dokumen yang ingin di-copy atau di-scan, lengkap dengan panduan jenis kertas yang berada di sisi-sisinya.

Permukaan kaca untuk melakukan proses scan dan copy

Di bagian depan tertera logo Epson dengan jelas dan ditemani dengan selembar stiker yang memberikan pengguna akan akses Call Center dengan cepat, jika mengalami masalah pada printer. Ruang tinta terdapat di sebelah kanan dengan cover pelindung yang bisa dibuka untuk mengisi empat warna tinta dari jenis tinta Epson 003. Keempat botol tinta ini dan ruang tintanya juga mengadopso teknologi Spill Free, sehingga tidak akan ada tinta yang tumpah saat mengisi memasukkan tinta dari botol ke printer. Jadi dipastikan tidak akan ada kesalahan dalam mengisi tinta, alias error-free refilling.

Proses pengisian tinta yang spill-free alias anti tumpah

Masih di bagian depan, terdapat tray dengan tatakan yang bisa ditarik keluar untuk menampung kertas hasil cetak atau copy. Oya, bagian atasnya juga bisa diangkat sedikit, untuk melihat ke bagian dalam printer, atau untuk memeriksa beberapa komponen yang ada di dalamnya.

Cover atas dan bagian copy yang bisa diangkat untuk melihat bagian dalam printer

Untuk mengisi tintanya juga sangat mudah. Buka saja cover ruang tinta. Kemudian angkat empat tutup tank tinta yang berwarna biru. Di bagian atasnya sudah didesain dengan presisi dengan moncong pada botol tinta. Jadi saat botol dibalik dan dimasukkan ke dalam tempat pengisian tinta, tidak akan ada celah untuk kebocoran tinta. Ini memudahkan pengguna. Sangat berbeda sekali dengan produk lama yang masih menggunakan cara menekan botol untuk mengeluarkan tinta, dimana risiko tumpah begitu besar.

Di bagian belakang, tidak terdapat akses apapun, kecuali port untuk kabel power dan data. Namun di atasnya, terdapat tray yang bisa ditarik ke atas untuk memasukkan beberapa lembar kertas.

Desain bagian belakang Epson L3250

Fitur dan Performa

Untuk proses instalasi printer ini, Epson memiliki dua mode driver, yaitu mode standar dengan kabel dan mode network dengan mengandalkan jaringan Wi-Fi yang berada di rumah. Untuk proses instalasi dengan kabel, caranya seperti kebanyakan printer-printer lainnya, atau bisa menggunakan CD yang sudah disediakan dalam paketnya. Sementara untuk melakukan instalasi secara wireless, Anda harus mengunduh aplikasi Epson Smart Panel terlebih dahulu. Selanjutnya, gunakan jaringan Wi-Fi yang sama. Dari aplikasi tersebut, pengguna bisa dibimbing dari awal hingga printer siap digunakan dengan cepat dan mudah.

Beroperasi dengan dua mode, kabel data dan Wi-Fi

Untuk penggunaan secara konvensional atau dengan kabel juga sama seperti kebanyakan printern lainnya. Namun, pengalaman berbeda bisa didapatkan melalui aplikasi Epson Smart Panel pada smartphone. Semua proses bisa dilakukan dari smartphone, termasuk untuk pengaturan jenis cetak, jenis kertas, berwarna atau hitam putih, hingga penambahan frame-frame menarik untuk mencetak foto. Bahkan, dengan bantuan smartphone, pengguna bisa memanfaatkan smartphone-nya sebagai scanner. Jadi arahkan kamera smartphone ke objek yang akan dicetak, lalu capture, dan pilih cetak dengan memilih jenis kertas terlebih dahulu.

Pada aplikasi Epson Smart Panel, pengguna bisa menemukan banyak fungsi, seperti Print Photo, Print Documents, Document Capture, Scan, Copy, Preset Copy, Access to Class untuk Google Classroom, Creative Print untuk desain cetak lebih menarik, Fun with Printing untuk keceriaan bersama, Akses untuk guest connection, hingga video-video tutorial penggunaan printer. Semuanya sudah disediakan dalam satu aplikasi dalam smartphone.

Fitur pada aplikasi Epson Smart Panel

Jika mengacu pada informasi yang didapat dari Epson, printer ini bisa mencetak hingga 4,500 halaman dengan mode hitam-putih, atau 7.500 lembar warna dalam satu kali pengisian tinta. Saat dicoba untuk mencetak foto di atas premium photo paper, printer ini cukup cepat dalam bekerja. Hasilnya juga mengagumkan, sama seperti hasil cetak di studio-studio foto. Bahkan, hasil cetaknya juga bisa dalam format borderless. Epson sendiri mengklaim waktu untuk mencetak foto dengan mode border selama 69 detik per foto, dan dengan borderless selama 90 detik per foto. Namun, saat Mobitekno menggunakannya untuk kebutuhan cetak harian, printer ini sangat membantu, terutama berkat akses mudah dan cepat dari aplikasi Epson Smart Panel di smartphone.

Tray depan untuk menampung hasil cetak. Epson L3250 dapat mencetak hingga 4.500 lembar BW dan 7.500 lembar berwarna

Bagaimana dengan tingkat kebisingannya? Ternyata sangat rendah. Ini hampir sama dengan printer laser pada beberapa tahun lalu, dimana suara saat sedang beroperasi begitu tenang. Untuk penggunaan harian, Epson L3250 ini bisa digunakan di PC berbasis Windows, mulai dari XP hingga Windows 11 terbaru. Sementara untuk MacOS dimulai dari Mac OS X.

Spesifikasi

Printer Epson EcoTank L3250
Dimensi dan berat 375 x 347 x 179mm cdan 3,9 kg
Tipe Tinta Epson EcoTank 003 Black, Cyan, Magenta, Yellow
Interface USB 2.0
Network Wi-Fi, Wi-Fi Direct
Network protocol TCP/IPv4, TCP/IPv6
Software Epson ScanSmart
Aplikasi Mobile Epson Smart Panel
Fungsi Print, Scan, Copy
Ukuran kertas maksimal 215,9 x 1.200 mm
Dukungan ukuran kertas Legal, Indian-Legal, Letter, A4, B5, B6, A5, A6, Envelopes
Resolusi maksimal untuk Copy 600 x 600 dpi
Dukungan kertas foto 10 x 15 cm / 4 x 6 inci
Warna Hitam

Kesimpulan

Dengan fungsi All-in-One Print Scan Copy yang ada di dalamnya, membuat printer ini begitu memudahkan aktivitas mencetak dokumen, baik untuk kebutuhan rumahan maupun bisnis di kantor. Apalagi ditunjang dengan koneksi nirkabel dengan fitur Wi-Fi da Wi-Fi Direct, membuat proses cetak menjadi lebih cepat, mudah, dan nyaman. Pengguna tidak perlu mengandalkan PC desktop atau laptop hanya untuk mencetak dokumen. Jika dokumen berada di cloud storage, cukup akses dari smartphone dan langsung kirim ke printer untuk dicetak.

Sistem tinta EcoTank

Selain kemudahan pada aplikasi mobile, Epson L3250 ini juga tidak berisik dalam beroperasi. Ini dapat menambah kenyamanan saat proses mencetak berjalan. Selain itu, desain botol tinta yang spill-free juga memudahkan pengisian tinta pada tank-nya. Bisa dikatakan risiko tumpah tidak ada lagi pada Epson L3250 ini.

Seperti pengalaman Mobitekno dalam menggunakan printer jenis pengisian botol ini (Epson dengan teknologi EcoTank), tentunya akan lebih baik jika printer digunakan secara harian. Jangan sampai printer terlalu lama tidak bekerja. Ya, tidak masalah jika printer dioperasikan di kantor atau usaha kecil pengguna dimana aktivitas mencetak tentu lebih sering terjadi.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS