September 1, 2022

Review Epson EcoTank L4260: Didesain Kompak dengan Fleksibilitas yang Tinggi

Penulis: Desmal Andi
Review Epson EcoTank L4260: Didesain Kompak dengan Fleksibilitas yang Tinggi  

Mobitekno – Epson memang memiliki banyak varian di jajaran printer seri EcoTank. Mulai dari yang hanya memiliki fungsi mencetak saja, hingga all-in-one dimana ada tiga fungsi yang bisa dijalankannya, yaitu mencetak, meng-copy, dan men-scan. Dan salah satu diantaranya yang bisa melakukan banyak hal tersebut adalah Epson EcoTank L4260. Level printer ini ada di atas Epson L3250 yang sempat diuji Mobitekno sebelumnya.

Mobitekno menerima unit printer ini setelah selesai dengan printer Epson EcoTank L3250. Dari sisi desainnya saja ukuran L4260 sedikit lebih besar dari Epson L3250. Fungsinya juga lebih beragam dan dilengkapi juga dengan layar LCD di bagian depan printer untuk membantu pengguna dalam mengoperasikan printer ini.

Beberapa tombol juga menyertai layar LCD sehingga semakin memudahkan pengguna sat ingin melakukan print, copy, dan scan. Adanya dukungan jaringan Wi-Fi di dalam printer ini juga membuat printer dapat bekerja penuh walau PC atau laptop dalam keadaan mati. Hanya dari smartphone, semua kebutuhan cetak bisa dilakukan secara nirkabel. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ulasan Mobitekno.

Epson EcoTank L4260

Kelengkapan

Datang dengan kotak kemasan yang cukup besar tetapi tetap ringan, Epson EcoTank 4260 yang memiliki warna hitam ini datang dengan berbagai item pendukungnya. Setelah kami keluarkan semua yang ada di dalam kotak kemasannya, berikut ini detailnya:

  1.       Printer Epson EcoTank L4260 dengan warna hitam
  2.       Kabel daya untuk menghubungkan printer dengan sumber listrik di rumah atau kantor
  3.       Kabel data untuk menghubungkan printer dengan laptop atau PC
  4.       Empat botol tinta Epson 001
  5.       Buku petunjuk singkat dan kartu garansi.
  6.       CD instalasi
Kelengkapan

Desain

Dengan kemampuan print, copy, dan scan yang dibawanya, Epson EcoTank L4260 tetap hadir dengan desain yang kompak. Secara keseluruhan, dimensi printer ini adalah 375 x 247 x 187 mm. Bobotnya sekitar 5,4 kg. Jadi cukup ringan saat ingin mengangkatnya atau memindahkannya dari sudut ruang kamar Anda ke bagian ruang yang lain. Warna hitam yang menyelimuti seluruh bodi tidak tampil glossy, sehingga tidak terlihat cepat kotor atau meninggalkan jejak sidik jari saat dipegang. Keseluruhan bodinya terbuat dari material plastik. Namun di dalamnya, terlihat mesin printer yang kokoh dengan sistem kerja yang pintar.

Dimulai dari bagian depan. Secara tampilan, Epson EcoTank L4260 ini memiliki desain bagian depan yang begitu mirip. Hanya saja, pada L4260 memiliki dimensi lebih tinggi, karena bagian depannya dibekali dengan layar LCD mini berukuran 1,44 inci. Di layar ini, semua fungsi print, copy, scan, serta settings bisa dilakukan dengan lebih mudah. Pengguna tinggal mengikuti setiap wizard yang ada di dalamnya. Memang, semua settings yang dilakukan dari layar LCD ini memiliki wizard sehingga proses settings dibimbing oleh sistem dan tentunya semakin memudahkan pengguna.

Bagian depan dilengkapi LCD mini berukuran 1,44 inci

Tombol power berada di samping layar LCD, ditemani dengan tombol Home. Menariknya, tombol power ini dikelilingi oleh cahaya iluminasi berwarna biru yang menandakan printer sedang aktif. Cahaya akan berkedip dalam mode tertentu, seperti saat printer mengalami masalah pencetakan atau ada notifikasi untuk sebuah pengaturan printer. Di sebelah kanan LCD,  ada 10 tombol fungsi untuk navigasi. Mulai dari tombol panah, cancel, back, hingga start bisa ditekan dengan lembut untuk menjalankan beberapa fungsi dari printer ini.

Sisi belakang terlihat jelas ada port untuk kabel daya, kabel data, dan rear tray

Di bagian bawah LCD terdapat front tray untuk output hasil cetak. Tarik saja keluar jika proses cetak berlangsung agar kertas tidak jatuh ke bawah.

Front Tray untuk output pencetakan

Di bagian atas LCD, terdapat area untuk melakukan scan dan copy. Area ini memiliki ukuran yang lebih kokoh. Untuk keadaan tertentu seperti memeriksa bagian dalam printer, atau mengisi tinta, bagian atas ini bisa diangkat lebih tinggi. Pengguna pun bisa lebih leluasa melihat keadaan di dalam printer. Cover atasnya juga bisa dibuka untuk mengakses bagian scan dan copy yang memiliki hamparan kaca. Di sisi-sisinya terdapat informasi panduan untuk jenis-jenis kertas yang didukung.

Area untuk melakukan scan dan copy dengan informasi ukuran kertas di sisi-sisinya

Bagian tinta terdapat di sebelah kanan. Jenis tinta yang digunakan adalah Epson 001. Tinta yang dikemas dalam botol-botol ini sudah memiliki tutup yang didesain anti tumpah. Ukuran botol berwarna hitam memiliki volume yang lebih banyak. Sementara indikator level tinta bisa dilihat langsung dari bagian depan ini.

Level tinta bisa dilihat jelas dari bagian ini

Beralih ke bagian belakang, terdapat port untuk kabel data dan kabel daya. Selebihnya tidak terdapat fungsi apapun. Di atasnya terdapat rear tray yang bisa diatur posisi slider-nya untuk menyesuaikan jenis kertas yang digunakan.

Jenis tinta yang digunakan Epson EcoTank L4260

Fitur dan Performa

Salah satu keunggulan printer ini adalah adanya dukungan jaringan WiFi di dalamnya. Dengan begitu, printer bisa beroperasi secara wireless sehingga tidak ada lagi kabel-kabel yang berantakan di bagian belakang printer, kecuali kabel daya. Karena didukung jaringan WiFi, printer ini juga didukung penuh oleh aplikasi smartphone bernama Epson Smart Panel. Dari aplikasi inilah, proses instalasi juga bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan, step-by-step proses instal sudah ada di dalam aplikasi. Jadi, pengguna tinggal mengikutinya saja, lalu menunggu hingga printer siap digunakan untuk mencetak berbagai dokumen dan foto.

Dukungan WiFi mempermudah operasional printer

Walaupun memiliki fungsi pintar untuk proses instalasi printer dari aplikasi, termasuk men-download driver secara online, tetapi Epson masih menyediakan CD instalasi. Hal ini sengaja dilakukan Epson untuk solusi jika printer digunakan di luar perkotaan dimana jaringan internet masih susah. Jadi, penggunaan printer di daerah tersebut harus menggunakan kabel data.

Aplikasi Epson Smart Panel yang menjadi pusat kontrol printer dari perangkat smartphone, pengguna bisa menemukan banyak fungsi, seperti Print Photo, Print Documents, Document Capture, Scan, Copy, Preset Copy, Access to Class untuk Google Classroom, Creative Print untuk desain cetak lebih menarik, Fun with Printing untuk keceriaan bersama, Akses untuk guest connection, hingga video-video tutorial penggunaan printer.

Salah satu yang menjadi pembeda EcoTank L4260 ini dari seri EcoTank lainnya adalah adanya fungsi Duplex. Ya, fungsi ini membuat pengguna bisa menceak dokumen di kertas secara bolak-balik alias dicetak di dua sisi kertas. Hal ini tentunya bisa lebih menghemat kertas.

Untuk penggunaan di dalam PC atau lapptop, jika posisi printer digunakan dalam mode wireless, maka pastikan opsi yang dipilih saat ingin mencetak dokumen adalah L4260 network.

Satu lagi yang menarik dari aplikasi Espson Smart Panel adalah adanya berbagai template untuk mencetak banyak foto sekaligus. Jadi, pengguna bisa memiliih template-template yang menarik langsung dari smartphone, kemudian mengisinya dengan foto—foto yang ingin dicetak, tentukan sedikit pengaturan, lalu print. Gunakan jenis kertas foto premium glossy untuk hasil cetak foto yang maksimal.

Mencetak foto-foto yang penuh kenangan menjadi lebih seru dengan bantuan aplikasi Epson Smart Panel

Spesifikasi

Printer Epson EcoTank L4260
Dimensi dan berat 375 x 347 x 187 mm dan 5,4 kg
Tipe Tinta Epson EcoTank 001 Black, Cyan, Magenta, Yellow
Interface USB 2.0
Network Wi-Fi IEEE 802.11b/g/n, Wi-Fi Direct
Network protocol TCP/IPv4, TCP/IPv6
Software Epson ScanSmart
Aplikasi Mobile Epson Smart Panel
Fungsi Print, Scan, Copy
Ukuran kertas maksimal 215,9 x 1.200 mm
Dukungan ukuran kertas Legal, Indian-Legal, Letter, A4, B5, B6, A5, A6, Envelopes
Resolusi maksimal untuk Copy 600 x 600 dpi
Pencetakan 2-side Otomatis dan bisa mencapai ukuran A4
Warna Hitam

Kesimpulan

Kemudahan jelas terlihat dari printer Epson EcoTank L4260 ini. Hal ini berkat adanya dukungan koneksi WiFi dan WiFi Direct di dalamnya. Apalagi ditemani juga dengan aplikasi Epson Smart Panel. Semuanya menjadi cepat saat ingin mencetak, bahkan di situasi sedan terburu-buru sekalipun. Pengguna tidak perlu menyalakan PC atau laptop jika hanya ingin mencetak dokumen yang sudah disimpan di cloud. Cukup dari smartphone, semua bisa dicetak dengan lebih cepat.

Fungsi duplex alias pencetakan dua sisi juga mempermudah pengguna saat ingin menghemat kertas. Hal ini karena pencetakan dua sisi dilakukan secara otomatis. Prosesnya juga cepat karena setelah mencetak satu sisi, printer secara otomatis menarik kertasnya kembali lalu mencetak di sisi sebaliknya. Bahkan dari menu settingnya, dengan opsi booklet, pengguna bisa mencetak dengan lebih mudah jika ingin membuat sebuah buku atah majalah yang memiliki banyak halaman.

Sama seperti saran Mobitekno pada pengujian Epson L3250 sebelumnya, karena sama-sama menggunakan jenis tinta EcoTank alias tinta botol, ada baiknya printer Epson L4260 ini sering-sering digunakan agar kinerjanya tetap optimal.

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS