July 22, 2021

Perkenalkan CEO Baru, Telkomsel Mitra Inovasi Siap Percepat Pemberdayaan Ekosistem Startup di Indonesia

Penulis: Muhammad R
Perkenalkan CEO Baru, Telkomsel Mitra Inovasi Siap Percepat Pemberdayaan Ekosistem Startup di Indonesia  

Mobitekno – Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) selaku anak usaha Telkomsel yang bergerak di bidang permodalan ventura, terus melanjutkan komitmen mereka mengakselerasi perkembangan startup Tanah Air maupun global melalui dukungan pendanaan.

Selain itu, TMI juga melakukan pemberdayaan dengan mengedepankan synergy value yang berfokus pada kemitraan jangka panjang serta pengembangan bisnis yang lebih kuat dan bermanfaat dalam menjawab kebutuhan masyarakat.

GM External Corcom Telkomsel Aldin Hasyim menjelaskan bahwa kehadiran TMI ini membawa sedikit ubahan dan semangat baru, salah satunya adalah CEO terbaru yang sudah berpengalaman 21 tahun yang akan memberikan kekuatan baru TMI sebagai mitra stratup, strategi investasi yang akurat dan terukur.

Aldin juga mengungkapkan bahwa Telkomsel telah menempatkan TMI sebagai mitra andal dalam mendukung dan mempercepat pertumbuhan digital-preneurs dari para pelaku startup berpotensi di Indonesia, bahkan dunia.

“Komitmen tersebut menjadi salah satu upaya yang terus Telkomsel lakukan guna memperluas portofolio bisnis sekaligus memperkuat ekonomi digital nasional.” ujarnya.

Sebagai informasi, Telkomsel menunjuk Marlin menggantikan Andi Kristianto sejak Juni 2021. Wanita yang karib disapa Iyut ini pernah berkarir di industri media, telkomunikasi, hingga teknologi. Telkomsel optimis Marlin akan semakin mengukuhkan positioning TMI sebagai mitra startup yang memberikan dukungan dalam bentuk pengembangan dan pemberdayaan solusi masa depan melalui dukungan strategic investment yang akurat dan terukur.

Direktur Utama TMI Marlin R. Siahaan mengaku merasa terhormat karena telah mendapatkan kesempatan untuk memimpin TMI. Tentunya ada banyak hal yang akan dikembangkan TMI ke depannya, baik dari segi strategi maupun kolaborasi sehingga perusahaan lebih luas dalam membuka peluang tanpa batas bagi startup untuk berkembang.

“Selama ini TMI memberikan dukungan bukan dalam bentuk investasi modal semata, melainkan juga memperkuat synergy value melalui pemanfaatan keunggulan aset yang dimiliki Telkomsel serta mengutamakan kolaborasi jangka panjang dengan para pelaku startup dalam menghadirkan solusi terdepan yang memberikan manfaat sosial digital bagi setiap lapisan masyarakat secara lebih luas. Nilai tersebut akan selalu dibawa dan menjadi pembeda bagi TMI yang berkomitmen menghadirkan smart digital-preneurship di Indonesia untuk mampu bersaing dalam skala global.” papar Iyut.

TMI sendiri selama ini terus mengembangkan investasi pada solusi masa depan bagi masyarakat, yang berfokus pada sektor perdagangan dan periklanan, media dan hiburan, connecting device dan hardware, data dan analisis, serta jaringan dan infrastruktur.

TMI juga giat mengakselerasi pertumbuhan startup di sektor-sektor tersebut dengan memanfaatkan sumber daya Telkomsel, mengakselerasikan inovasi (accelerate), menyediakan dana tambahan untuk memaksimalkan potensi bisnis (additional funds), serta menghubungkan para startup dengan ekosistem investor lainnya (affiliate).

Telkomsel Telah Berinvestasi dengan Nilai Lebih dari USD 40 Juta

Marlin lebih lanjut menambahkan, dari sekiranya sembilan startup yang sudah mendapatkan investasi pre series dan series A/B melalui TMI, hampir seluruhnya merupakan startup lokal hasil karya anak negeri, yang memiliki potensi pengembangan bisnis digital yang menjanjikan di tiap sektornya.

Hingga saat ini TMI telah melakukan investasi sekira USD 40 juta di sejumlah startup yang sedang berkembang pesat di Indonesia, antara lain seperti Kredivo, PrivyID, Qlue, Halodoc, Tanihub, Tada, SiCepat, dan Inspigo.

Selain memberikan dukungan investasi, pengembangan ekosistem startup yang dilakukan TMI juga terfokus dalam mendorong lebih banyak synergy value yang bisa dikolaborasikan bersama Telkomsel. Beberapa yang sudah terimplementasi antara lain kolaborasi bersama Kredivo dalam melakukan skoring kredit dengan memanfaatkan big data Telkomsel serta dalam penyediaan opsi pembayaran dalam berbagai produk dan layanan Telkomsel serta kolaborasi bersama Halodoc dalam menghadirkan bundling paket data layanan kesehatan dan konsultasi telemedicine tanpa biaya selama pandemi COVID-19 serta mendorong inovasi untuk mempermudah akses layanan berbasis health-tech bagi masyarakat.

Selain itu, sinergi TMI bersama Tanihub juga dilakukan dalam melakukan skoring kredit dengan memanfaatkan big data Telkomsel untuk memberikan modal usaha bagi petani, serta dalam memberikan solusi internet of things (IoT) bagi petani yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pertanian, dan juga memberikan kemudahan akeses  konektivitas digital bagi para petani melalui paket data yang ekonomis.

Sedangkan kolaborasi bersama SiCepat juga dilakukan antara lain dalam penyediaan paket data bagi kurir serta dalam implementasi solusi IoT dalam pengelolaan armada kurir.

TMI juga membuka peluang investasi bagi perusahaan rintisan global yang memiliki rencana pengembangan bisnis yang matang untuk memaksimalkan potensinya di Indonesia, sehingga diharapkan juga dapat mendorong perkembangan positif bagi ekosistem digital tanah air.

Salah satunya, TMI telah berhasil menjembatani kolaborasi yang terjalin antara Roambee, startup asal Silicon Valley USA dengan Telkomsel dalam menghadirkan Asset Performance Management, solusi end-to-end berbasis IoT yang dapat digunakan untuk memonitor lokasi dan kondisi produk atau aset perusahaan seperti suhu, kelembapan, dan tekanan udara secara real-time. Informasi lebih lanjut mengenai Telkomsel Mitra Inovasi dapat diakses melalui www.tmi.id.

“Ke depan, TMI akan semakin dikembangkan untuk membuka berbagai peluang kolaborasi dan pemberdayaan startup lebih luas lagi. Sudah ada banyak hal yang telah kami persiapkan untuk merealisasikan berbagai rencana strategis dalam beberapa waktu ke depan,” pungkas Marlin.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS