May 2, 2021

Lengkapi Jajaran Kamera Cinema Line, Sony Indonesia Resmi Hadirkan Kamera Cinema Line FX3

Penulis: Karyo | Editor: Muhammad R
Lengkapi Jajaran Kamera Cinema Line, Sony Indonesia Resmi Hadirkan Kamera Cinema Line FX3  

Mobitekno – Melengkapi jajaran Cinema Line Sony di Indonesia, Sony Indonesia secara resmi meluncurkan kamera Full-frame FX3 (model ILME-FX3). FX 3 hadir dengan desain yang paling ringan dan ringkas di antara rangkaian Cinema Line lainnya.

Karena bodinya yang ringkas, FX3 menjadi pilihan yang tepat bagi para kreator muda yang ingin memperoleh tampilan sinematik yang luar biasa dengan pengoperasian dan keandalan profesional.

Kamera FX3 ini diklaim memberikan pengalaman sinematik menakjubkan dan sangat cocok digunakan oleh para videografer muda yang menekuni genre dokumenter, musik dan komersial.

Menurut Kazuteru Makiyama, President Director PT Sony Indonesia, industri perfilman kini semakin berkembang, begitu juga dengan kebutuhan para kreator untuk menghasilkan karya. 

“Melihat kebutuhan dan perkembangan tersebut, kami berupaya untuk terus mendukung industri perfilman dunia dengan menghadirkan perangkat dengan teknologi terdepan melalui spesifikasi tingkat tinggi yang kami hadirkan dalam kamera full-frame FX3,” ungkap Kazuteru saat peluncuran kamera tersebut, Jumat (30/4). 

“Kami tidak sabar melihat para kreator bereksplorasi mewujudkan imajinasi visual mereka dan menghasilkan karya yang luar biasa,” jelasnya. 

Lebih jauh  Kazuteru  mengungkapkan bahwa FX3 menghadirkan tampilan sinematik dan pengoperasian serta keandalan profesional dalam satu perangkat yang menjawab kebutuhan para kreator muda yang mencari cara baru untuk mengekspresikan visi kreatif mereka. 

“Model terbaru ini memberikan kualitas gambar dan kegunaan menakjubkan untuk pengambilan gambar berskala kecil dan sendiri,” tegasnya. 

Kamera FX3 memiliki teknologi sensor gambar dari Sony yang terkemuka di industri untuk mencapai pemrosesan berkecepatan tinggi dan kualitas gambar yang luar biasa. 

Sensor CMOS Exmor R™ back-illuminated full-frame dengan 10.2 megapiksel (perkiraan efektif) diperhitungkan untuk perekaman film (dan 12.1 megapiksel efektif untuk still) dan mesin pengolahan gambar BIONZ XR bekerja sama untuk memastikan sensitivitas tinggi dengan noise rendah. 

Rentang ISO standar dari kamera ini adalah 80 hingga 102.400 (dapat ditingkatkan hingga 409.600 saat merekam film) dan dynamic range-nya sangat lebar, yaitu 15+ stop.

Menanggapi kebutuhan yang semakin berkembang akan kedalaman yang lebih ekspresif, Kamera FX3 bersama dengan kamera Cinema Line FX9 dan FX6, memungkinkan pengguna untuk menciptakan tampilan sinematik tanpa pasca-produksi menggunakan S-Cinetone. Berdasarkan dengan colour science yang terinspirasi dari kamera VENICE andalan Sony, S-Cinetone menghadirkan mid-tone natural, warna lembut dan highlight halus yang penting untuk tampilan sinematik.

Lebih lagi, kamera FX3 memungkinkan para kreator untuk membuat film dengan perekaman 4K hingga 120 frame per detik. Pencitraan slow-motion  yang sangat halus (hingga 5x) pada resolusi QFHD (3840 x 2160) dengan autofokus memberikan kemampuan ekspresif baru pada kamera ini.

Kamera Cinema Line yang paling ringkas dan ringan ini sangat ideal untuk melakukan perekaman menggunakan genggaman tangan (handheld shooting), gimbal dan pemasangan pada drone

Kamera ini beratnya hanya 715 gram, sudah termasuk baterai dan kartu memori. Bodi kamera ini memiliki tinggi 77,8 mm dengan lebar 129,7 mm dan kedalaman 84,5 mm – tanpa tonjolan. Grip kamera ini telah didesain dengan teliti untuk memberikan fleksibilitas, stabilitas dan kenyamanan yang optimal untuk pengambilan gambar dengan durasi panjang.

Kamera  FX3 yang  akan segera tersedia di Indonesia pada bulan Juni 2021 ini dibanderol dengan harga Rp59.999.000. Pembelian secara pre-order telah dapat dilakukan mulai tanggal 30 April – 30 Mei 2021 di seluruh Sony Authorized Dealer.

Berikut beberapa Fitur dan Spesifikasi Kamera Full-Frame FX3: 

  • Sensor CMOS Exmor R™ back-illuminated full-frame dengan 10.2 megapiksel dan mesin pengolahan gambar BIONZ XR™
  • Sensitivitas sangat tinggi dengan ISO yang dapat ditingkatkan hingga 409.600 untuk kondisi pencahayaan yang sangat sulit dan 15+ stop dynamic range
  • Profil tampilan S-Cinetone™ terinspirasi dari colour science kamera sinema digital VENICE yang juga digunakan pada kamera Cinema Line FX9 dan FX6, serta merekam hingga 4K 120p
  • Desain bodi yang ringkas dan ringan dengan pengoperasian tinggi untuk pengambilan gambar dengan handheld, gimbal dan pemasangan pada drone
  • Bodi yang dilengkapi multi-thread (1/4-20 UNC) memudahkan untuk pemasangan aksesori
  • Unit pegangan XLR yang dapat dilepas dan dilengkapi dengan dua input audio XLR/TRS
Tags: , , , ,


COMMENTS