October 1, 2020

Cocok di Masa Pandemi, Mi Watch Terbaru Bisa Cek Kadar Oksigen Darah dan Dukung 117 Mode Olahraga

Penulis: Iwan RS
Cocok di Masa Pandemi, Mi Watch Terbaru Bisa Cek Kadar Oksigen Darah dan Dukung 117 Mode Olahraga  

Mobitekno – Fitness tracker Mi Band dari Xiaomi sangat populer di Indonesia karena harganya yang terjangkau tanpa harus mengabaikan aspek desain, fungsionalitas, dan build quality. Meskipun demikian, tidak semua konsumen memilih fitness tracker untuk wearable device hariannya dengan berbagai alasan. Ada yang lebih memilih menggunakan smartwatch sebagai wearable device yang lebih multifungsi.

Tidak salah jika Xiaomi pun menjawab keinginan konsumen tersebut dengan meluncurkan smartphone Mi Watch dengan fungsi pelacakan kebugaran (fitness tracker) dan sesuai strategi Xiaomi, relatif terjangkau dibandingkan produk sejenis di pasaran.

Akhir tahu lalu Xiaomi telah meluncurkan Mi Watch berlayar kotak dengan Android WearOS. Mi Watch versi baru ini hadir dengan layar bundar dan tidak menjalankan Wear OS tapi custom OS racikan Xiaomi. Mi Watch terbaru ini juga berbeda dengan Mi Watch Color (juga berbasis Wear OS) yang baru diluncurkan di Cina awal tahun ini. Varian Mi Watch Color juga baru saja diluncurkan di India sebagai Mi Watch Revolve.

Mi Watch baru ini akan pertama kali tersedia di pasar Eropa seharga mulai dari € 99 (sekitar Rp 1,7 juta). Smartwatch berlayar bundar ini memiliki panel layar AMOLED berwarna berukuran 1,39 inci (454 x 454 piksel, 450 nits, Gorilla Glass 3) yang dapat menampilan informasi lebih banyak dibandingkan layar Mi Band atau fitness tracker umumnya. Ada tombol samping yang berfungsi sebagai kontrol dan navigasi. Smartwatch ini juga relatif ringan, hanya 32 gr (tanpa strap) dan rating anti-air  mencapai 5 ATM.

Untuk pelacakan kebugaran, Mi Watch ini sudah dilengkapi dengan dukungan 117 mode latihan atau olahraga, navigasi GPS, pemantauan detak jantung (PPG heart rate sensor), pola tidur, tingkat saturasi oksigen (SpO2), dan tekanan udara.

Menurut Xiaomi, kapasitas baterainya (420 mAh, magnetic charging) dapat bertahan hingga 16 hari. Dengan kata lain, penggna hanya perlu melakukan pengisian baterai dua kali dalam sebulan (bergantung pada penggunaan). Tersedia beberapa pilihan warna strap/band (tali jam), seperti hitam, krem, biru tua, kuning, oranye, dan zaitun. Belum diketahui apakah Mi Watch versi ini atau Mi Watch Revolve yang akan dipasarkan di Indonesia. Kita tunggu saja kabar baik dari Xiaomi Indonesia di tiga bulan tersisa tahun ini.

Tags: , , , , ,


COMMENTS