December 22, 2019

Jelang Akhir Tahun, TikTok Rilis “TikTok Best of 2019”: Rayakan Kreativitas Lewat Video Singkat

Penulis: Karyo | Editor: Muhammad R
Jelang Akhir Tahun, TikTok Rilis “TikTok Best of 2019”: Rayakan Kreativitas Lewat Video Singkat  

Mobitekno – Di tahun 2019, TikTok, aplikasi video singkat terdepan, memperkuat posisinya sebagai platform yang mendorong pengguna untuk memamerkan kemampuan dan bakat unik mereka, selagi menciptakan lingkungan yang aman untuk menumbuhkan kreativitas. Dari komedi hingga travelling, dan bahkan pendidikan, TikTok memberikan lebih banyak akses dan keberagaman untuk pengguna berbagi dan menemukan passion-nya.

Menjelang akhir tahun, TikTok menorehkan kembali apa yang telah dilakukan selama tahun 2019, dengan merilis “TikTok Best of 2019”, yang terdiri mulai dari video lucu, fesyen dan gaya hidup, travel, sampai dengan konten yang bersifat edukatif.

Melalui “TikTok Best of 2019”, TikTok melihat kembali rangkaian hits terkeren, selebriti, kreator, tantangan, dan video dari video yang viral hingga Kpop. Hal itu menjadikan 2019 tahun yang berkesan. Itu juga menunjukkan juga bahwa masyarakat Indonesia tampaknya tidak hanya jadi penikmat di TikTok, tetapi juga menjadi kreator dari video-video menarik dengan durasi 15-60 detik.

“TikTok Best of 2019” merayakan berbagai tokoh, lagu, dan momen spesial yang menjadikan TikTok sebagai platform yang dipilih untuk mencari konten menghibur serta apa adanya.

Menurut Angga Anugrah Putra, Head of User and Content Operations TikTok, Indonesia, tahun ini merupakan tahun yang penting bagi TikTok, dimana masyarakat Indonesia rata-rata menonton 100 video di TikTok setiap harinya.

“TikTok seakan menawarkan jendela dengan pemandangan video dari berbagai konten yang relevan,
serta mendorong kreativitas user melalui proses pembuatan video serta editing tools yang mudah
digunakan, untuk mendukung para kreator dalam hal pengembangan konten,” ungkap Angga saat merilis “TikTok Best of 2019” di Jakarta, Kamis (19/12).

Berikut adalah yang terbaik dari TikTok selama tahun 2019:

1. Efek Populer dan Fitur Keren di TikTok
Melalui efek yang interaktif, TikTok menciptakan kebahagiaan tersendiri saat membuat video. TikTok
Moji dan Anti Lemes adalah efek yang paling populer di Indonesia. Yang tidak kalah menarik, efek ini juga menghadirkan Moji Hijab yang diluncurkan tepat pada hari Santri Nasional.

Tidak hanya itu, teknologi TikTok yang inovatif ini juga diterapkan di fitur populer lainnya yaitu “Dulu dan Sekarang”, dimana pengguna TikTok bisa membuat metamorfosis hidup mereka, serta efek voice changer yang bisa mengubah suara menjadi 8 karakter yang berbeda-beda.

2. Musik Populer TikTok 2019
Beberapa lagu lokal menjadi viral dari TikTok dan diputar di mana pun dan kapan pun, seperti lagu ‘Salah
Apa Aku’ dan ‘Siapa Benar Siapa Salah’. Bukan hanya musik lokal, ada semakin banyak seniman profesional yang menggunakan TikTok untuk meluncurkan dan mempromosikan lagu terbaru mereka, seperti J-Hope dari BTS yang merilis single ‘Chicken Noodle Soup’ dengan tantangan bernama #CNSChallenge.

Selalu ada lagi untuk semua orang dan semua momen di TikTok, mulai dari hip-hop, dangdut, hingga lagu pop.

3. Selebriti Populer TikTok 2019
Sebagai platform pencetak tren terbaik, TikTok juga ternyata berhasil mengundang beberapa artis ternama di Indonesia untuk sekadar membuat video hiburan, merilis musik hits, sampai dengan membagikan aktivitas keseharian mereka di TikTok. Sebagian video dari mereka berhasil menjadi meme yang viral, sementara video lainnya telah disukai dan dibagikan oleh banyak orang.

Artis yang populer di TikTok selama tahun 2019 adalah Gisella Anastasia, Irma Dharmawangsa, serta Anji Manji.

4. Kreator Populer TikTok 2019
TikTok mematahkan banyak batasan di tahun 2019, tapi tidak akan mungkin terjadi tanpa keberagaman pengguna dan kontennya. Kreator dari berbagai latar belakang semakin menjadikan platform ini untuk
mengekspresikan dan bertukar kesenangan, entah itu memasak, komedi, atau hanya untuk memperlihatkan kebiasaan hewan peliharaannya.

Salah satu hal yang menarik dari TikTok sebagai
platform global adalah memberikan ruang kreatif kepada penggunanya untuk menuangkan kreatifitas
dengan bebas dan menjadi diri sendiri. Sandy SS, Barry Kusuma, dan Kelly Courtney adalah beberapa nama
kreator yang tidak hanya memanfaatkan TikTok untuk membuat berbagai konten, tetapi juga telah
membuat mereka masuk sebagai daftar populer TikTok.

5. Challenge Populer TikTok 2019
TikTok menghadirkan tantangan interaktif serta topik hangat yang bisa diikuti oleh siapa saja. Tantangan
ini membuat kreator merasa menjadi bagian dari komunitas global TikTok serta menemukan ruang
untuk mengekspresikan keunikan mereka.

Salah satu tantangan populer di Indonesia selama tahun 2019 adalah #ColorfulMedan, yang bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kota Medan serta #BelajarBareng, yang mengajak pengguna untuk membagikan konten yang edukasi, dan masih berlangsung sampai saat ini.

Selain merilis “TikTok Best of 2019”, di tahun 2019 Tik Tok juga memberikan penghargaan kepada TikTok All-Star untuk Dua Kreator dari Indonesia.

Penghargaan TikTok All-Star untuk Dua Kreator dari Indonesia

Tahun ini, TikTok yang tersedia di lebih dari 150 negara dan wilayah dalam 75 bahasa ini, meluncurkan
kompetisi tahunan bertajuk TikTok All-Star Southeast Asia, yang mengumpulkan kreator dari berbagai negara untuk menunjukkan talenta mereka di tingkat global.

Kompetisi ini diikuti oleh 302 ribu peserta dan telah disaksikan oleh 657,7 juta orang. Kreator asal Indonesia bernama @thalialaurenciaa mendapat juara Runner Up ke 2 untuk Kategori Lifestyle, dan @daffa_bermundo didaulat menjadi Rising Star atau Bintang yang Bersinar dari Indonesia.

Melihat tahun depan, Angga menambahkan “Kami optimis dengan pertumbuhan tren video singkat di pasar, dan semakin banyak orang Indonesia yang bukan hanya bisa mengekspresikan diri mereka, tapi juga terinspirasi dari komunitas kreator TikTok di seluruh dunia.”

Tags: , , ,


COMMENTS