January 15, 2018

Ini Agenda BlackBerry untuk Bisnis Smartphone di 2018

Penulis: Iwan RS | Editor: Iwan Ramos Siallagan
Ini Agenda BlackBerry untuk Bisnis Smartphone di 2018  

Mobitekno – Meskipun sudah lebih memfokuskan bisnisnya di software, bukan berarti BlackBerry akan absen sepenuhnya di dunia produk (device). Pada ajang CES belum lama ini, BlackBerry mengumumkan akan meluncurkan dua produk smartphones sepanjang 2018 ini.

Sayangnya, model smartphone apa saja yang akan diluncurkan tidak disebutkan secara rinci. Tahun lalu, BlackBerry juga hanya memperkenalkan dua seri smartphpone ke pasar.

Sejauh ini kedua smartphone, seri KEYOne dan Motion, yang berbasis Android tersebut, dapat dikatakan hanya direspon ‘adem ayem’ oleh konsumen smartphone, baik di pasar global atau Tanah Air.

Walau demikian, Alain Lejeune, Global GM BlackBerry Mobile cukup optimis dan menyatakan bahwa konsumen mulai menunjukkan ketertarikannya kembali pada merek BlackBerry yang telah hadir di 50 negara. Modal inilah yang membuat mereka cukup optimis untuk membangun kembali portfolio mereka di tahun ini.

Berbeda dari tahun lalu, dimana KEYOne diumumkan di CES 2017, BlackBerry belum mengumumkan smartphone terbaru di ajang CES tahun ini. Mereka hanya menyebutkan akan merilisnya dalam waktu dekat (mungkin di ajang MWC 2018).

BlackBerry sejauh ini hanya meluncurkan KEYOne varian baru, Bronze Edition, yang akan dipasarkan di negara tertentu di kawasan Asia, Europa, dan Timur Tengah. Bronze Edition melengkapi varian KEYOne sebelumnya, seperti Black dan Black/Silver.

Pihak BlackBerry saat ini berkolaborasi dengan TCL Communication (BlackBerry Mobile), BB Merah Putih, dan Optiemus dalam memproduksi dan memasarkan smartphone bermerek BlackBerry untuk berbagai kawasan. Misalnya BB Merah Putih untuk pasar Indonesia dan Optiemus untuk pasar India.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS