March 10, 2017

Harga Rp 3,5 Juta, BlackBerry Aurora ‘Made in Indonesia’ Resmi Dijual di Indonesia

Penulis: Iwan RS
Harga Rp 3,5 Juta, BlackBerry Aurora ‘Made in Indonesia’ Resmi Dijual di Indonesia  

MOBITEKNO – PT BB Merah Putih sebagai perusahaan patungan (joint ventue) antara Blackberry dan Tiphone (PT Tiphone Mobile Indonesia Tbk) akhirnya resmi meluncurkan smartphone BlackBerry Aurora sebagai smartphone 4G LTE BlackBerry pertama yang memenuhi regulasi TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri).

Acara yang digelar di Fairmont Hotel, Jakarta (9/3/2017) menjadi momen penting bagi BlackBerry dan PT BB Merah Putih dalam memasuki kompetisi sengit pasar smartphone Android di Indonesia. Betap tidak, selain merupakan smartphone perdana BB Merah Putih, BlackBerry Aurora juga merupakan smartphone 4G LTE pertama BalckBerry yang mengusung fitur dual SIM.

Untuk proses manufaktur Aurora di Indonesia agar bisa mengikuti aturan TKDN, PT BB Merah Putih menggandeng mitra lokal PT Adi Reka Mandiri (ARM) yang memiliki fasiltas pabrik di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Belum diketahui, jalur skema TKDN seperti apa yang ditempuh PT BB Merah Putih hingga akhirnya memperoleh izin menjual BlackBerry Aurora di pasar lokal. Namun dengan skema investasi di dalam negeri dan kolaborasi dengan mitra pabrkan lokal bsia dipastikan meeka akan bisa memenuhi aturan TKDN tersebut.

""

""

""

Seperti diketahui, aturan TKDN yang diberlakukan untuk smartphone 4G LTE adalah besaran kandungan/kontribusi (hadware, software, riset, investasi) lokal sebesar 30 persen dengan beberapa opsi skema.

Stanly Widjaja, VP BB  Merah  Putih dalam sambutannya berkata, “Kami sangat bangga dan gembira bisa meluncurkan BlackBerry Aurora di Indonesia. lackBerry  Aurora bukan hanya perangkat BlackBerry pertama  yang  diproduksi  seluruhnya  di Indonesia, tetapi juga merupakan perangkat BlackBerry pertama di  dunia  yang menggunakan  dual SIM.”

Meski baru perdana hadir, BB Merah Putih cukup optimis memasang target untuk BlackBerry Aurora (model C100-1), yaitu sebesar 13 persen dari smartphone segmen menengah di Indonesia. Adapun target perbulannya berkisar 100 ribu unit.

Meski optimis, Stanly belum dapat memastikan apakah ada produk lainnya yang akan menysul Aurura pada tahun ini. "Peluangnya tetap ada dan masih perlu mengetahui produk apa saja yang cocok untuk pasar Indonesia," tambah Stanly di sela-sela acara peluncuran.

Selain telah mengsung sistem Android 7.0 Nougat terbaru, BalckBerry Aurora jga membawa fitur atau diferensiasi tersendiri dibandingan samrtphone Android lainnya. Seburt saja seperti fitur keamanan sistem dan aplikasi DTEK, BlackBerry Messenger, Pop-up widgets, dan Hub+ sebagai wadah untuk pesan email, notifikasi, dan call terpusat.

""

""

Pada sektor kamera, Aurora telah mengusung kamera utama 13 MP (dual-LED flash, PDAF) dan kamera depan/selfie 8 MP. Aplikasi kameranya telah menyediakan beragam fitur, seperti time lapse, pro mode, dan clone (fitur duplikasi objek ke dalam satu frame).

Spesifikasi teknis dari BlackBerry Aurora yang berlayar 5,5 inci (HD, 1280 x 720 pixel) ini menunjukkan segmentasinya sebagai smartphone kelas menengah. Aurora didukung oleh prosesor quad core Snapdragon 425 (MSM8917 Cortex-A53 1.4 GHz, GPU Adreno 308), RAM 4 GB, internal storage 32 GB (slot MicroSD hingga 256 GB), dua slot Micro SIM, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, Bluetooth 4.0, dan baterai 3.000 mAh.

Meski kapasitas baterainya terlihat pas-pasan untuk sebuah smartphone berlayar 5,5 inci, Aurora diklaim memiliki waktu siaga 30 jam, waktu bicara 20 jam, dan sanggp memutar video selama 10 jam. Daya tahan baterainya yang cukup memadai ini boleh jadi dikontribusi oleh resolusi layar HD-nya yang tidak membutuhkan graphics processing tinggi (lebih hemat baterai).

Saat ini, BlackBerry Aurora telah bisa dipesan awal (preorder) dalam dalam tiga pilihan warna (Gold, Silver, dan Black) di sejumlah toko online seharga Rp 3.499.000. jadwal pemesanannya dimulai sejak 3 Maret hingga 12 Maret di setidaknya 10 toko online di Indonesia, serpti Lazada, Blibli, DinoMarket, dan Elevania. Berkaitan dengan purna jualnya, calon pembeli tidak perlu khawatir karena BB Merah Putih sudah menjanjikan bakal menghadirkan jaringan servis di seluruh kota besar Indonesia. Kita tunggu saja.

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS