June 8, 2018

Moto Z3 Play: Sensor Sidik Jari di Samping, Bodi Tipis, dan Baterai Awet. Tertarik?

Penulis: Iwan RS
Moto Z3 Play: Sensor Sidik Jari di Samping, Bodi Tipis, dan Baterai Awet. Tertarik?  

Mobitekno – Moto Z sebagai lini flagship smartphone Motorola baru saja meluncurkan varian terbarunya tahun ini, Moto Z3 Play. Seperti pendahulunya Z2 Play, Z3 Play masih mengandalkan desain bodi tipis dan ergonomis dengan kapasitas baterai 3.000 mAh yang diklaim super awet.

Satu hal yang menarik adalah penempatan sensor sidik jari Z3 Play yang tidak lagi berada di bawah layar seperti Z2 Play. Kini, sensornya ada di tepi kanan layar (side-mounted fingerprint sensor) atau tepat berada di bawah tombol volume rocker.

Keberanian Lenovo menempatkan sensor sidik jari di bagian yang tidak lazim ini patut dihargai mengingat bodi ponselnya saja sudah tergolong tipis. Berpindahnya lokasi sidik jari juga derdampak positif membuat bezel bawah layar (dagu) menjadi lebih tipis.

Moto Z3 Play

Moto Z3 Play

Moto Z3 Play

Seperti halnya seri Z lainnya, Z3 Play juga tetap konsisten mendukung aksesori Moto Mods yang saat ini tersedia dengan beragam fungsi (Mods speaker, gamepad, kamera, proyektor, printer, dll).

Dapur pacu Z3 Play akan didukung Snapdragon 636 (CPU octa-core Cortex-A53 2.2 GHz dan GPU Adreno 509). Chipset yang bakal menjadi chipset favorit di kelas menengah ini akan dipadu dengan RAM 4 GB dan internal storage 32 GB/64 GB.

Ponsel yang dibalut dengan bingkai aluminium tipis ini akan datang dengan layar Super AMOLED 6,01 inci (AR 18:9, resolusi 1.080 x 2.160 piksel, FHD+) yang diproteksi lapisan Gorilla Glass 3 (depan dan belakang).

Selain faktor chipset (pabrikasi 14 nm LPP), pemilihan layar AMOLED menjadi salah satu alasan konsumsi daya Z3 Play diklaim Lenovo tetap efisien (hemat). Padahal layar Z3 Play justru lebih besar dari Z2 Play (6,01 inci vs 5,5 inci).

Moto Z3 Play

Moto Z3 Play

Untuk urusan kamera, Moto Z3 Play membawa kamera utama (belakang) ganda dengan kombinasi sensor 12 MP ((f/1.7, 1.4µm, DP PDAF), dan sensor 5 MP. Sementara untuk kamera selfie-nya digunakan sensor 8MP (f/2.0, 1.12µm).

Pengguna yang tidak mau berlama-lama mengisi baterai akan cocok dengan Moto Z3 Play karena baterainya (3.000 mAh) telah mendukung mekanisme pengisian cepat (fast charging 15 Watt) yang disebut TurboPower charging.

Meskipun belum diumumkan ketersediaannya di pasar global , Z3 Play yang sudah diluncurkan di Brazil ini akan dijual seharga R$2.299 (sekitar Rp 8,2 juta). Kita tunggu saja kehadirannya di pasar Indonesia meneruskan kesuksesan pendahulunya, Moto Z Play dan Z2 Play.

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS