July 16, 2017

Konfirmasi iFixit: Selain Baterai, Komponen Note FE Identik dengan Note 7

Penulis: Iwan RS
Konfirmasi iFixit: Selain Baterai, Komponen Note FE Identik dengan Note 7  

MOBITEKNO – Awal Juni ini, konsumen di Korea Selatan sudah dapat membeli Samsung Galaxy Note Fan Edition (Note FE) yang merupakan phablet rekondisi (refurbished) dari Galaxy Note 7. Sebelumnya Samsung sudah mengindikasikan bahwa perbedaan keduanya hanya terletak pada jenis baterai. Note FE dengan baterai yang lebih aman dan kecil kapasitasnya dari Note 7.

Baru-baru ini, kepastian persamaan dan perbedaan kedua jenis phablet ini dikonfirmasi oleh spesialis teardown gadget, yaitu iFixit dalam laporan terbarunya belum lama ini.

""

Menurut hasil bedah jeoran iFixit, semua komponen Note 7 FEpada dasarnya sama (identik) dengan Note 7 versi orisinal. Baik jenis prosesor (Exynos 8890 Octa Core), RAM 4G, atau internal storage 64 GB (UFS 2.). Satu pengecualian adalah pada jenis baterai Note 7 FE yang tertulis menunjukkan tanggal 20 Juni. Itu menunjukkan Note FE telah menggunakan baterai jenis baru.

Baterai baru Note 7 FE dikonfirmasi oleh spesifikasi kapasitas 12.32 Wh (3200 mAh) yang lebih rendah dari Note 7 (13.48 Wh, 3500 mAh). Pada pengukuran dimensi juga terbukti baterai baru yang lebih kecil. Ini menunjukkan adanya pengurangan massa dari baterai sebelumnya. Baterai baru berdimensi 37,4 x 97,2 x ~5.0 mm (Note7 37,9 x 97.8 x 4,9 mm) dengan berat 5,4 gr (lebih ringan 2,3 gr dari baterai Note 7).

""

Meski sudah diturunkan menjadi 12.32 Wh, kapasitas baterai Note FE masih lebih tinggi dibandingkan baterai iPHone 7 Plus yang hanya 11.1 Wh. Pengurangan kapasitas sekitar 9 persen ini diharapkan Samsung akan membuat Galaxy Note FE menjadi lebih aman.

Apabila Samsung juga akan menjual Galaxy Note FE di pasar global, menarik diketahui apakah unitnya akan identik dengan unit yang dijual di Korea Selatan? Kita tunggu saja.
 

Tags: , , , , , , , , ,


COMMENTS