September 15, 2017

Anda Hobi Menggambar? Yuk, Ikutan Datascrip Creative Comic Competition

Penulis: Desmal Andi
Anda Hobi Menggambar? Yuk, Ikutan Datascrip Creative Comic Competition  

MOBITEKNO – Industri kreatif menjadi salahh satu hal yang terus didorong oleh pemerintah Indonesia agar bisa menciptakan generasi-generasi muda yang bisa membanggakan Indonesia di dunia internasional. Ada banyak hal di industri ini yang bisa digali. Salah satu contohnya adalah seni menggambar untuk menciptakan sebuah komik. Komik bisa dijadikan sarana untuk menyampaikan berbagai informasi ke khalayak ramai. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan PT Datascrip bersama Wacom menggelar Datascrip Creative Comic Competition.

Even yang akan diselenggarakan mulai hari ini (15 September 2017) hingga 30 November 2017 ini akan memberikan kesempatan kepada para pelajar dan mahasiswa yang gemar menggambar dan mencintai dunia komik untuk beradu kreativitas dalam membuat sebuah komik menarik dan komunikatif. Melalui tema “Aku Cinta Indonesia”, para pelajar ini bisa menuangkan ide-ide mereka mengenai hal apapun yang berhubungan dengaan Indonesia. Cerita apapun bisa dibuat dalam event ini karena mereka bebas menentukan genre, mulai dari drama, komedi, legenda, manga, hingga aksi.

“Kompetisi komik ini dihadirkaan untuk merangsang kreativitas anak-anak muda Indonesia dalam membuat sebuah komik. Dengan acara ini, kami mendukung industri kreatif agar bisa lebih berkembang di Indonesia. Harapannya, komik lokal bisa menjadi tuan rumah di negara sendiri,: ujar Merry T. Oetomo, Division Director PT Datascrip. “Dalam kompetisi ini, kami juga memberikan kebebasan bagi pelajar dalam membuat karyanya. Mereka bisa membuat komik dengan cara digital (bantuan perangkat grafis digital) atau secara tradisional, yaitu melalui corat-coret di lembaran kertas,” tambah Merry.

Agar dapat menampung karya komik dari beberapa tingkatan umur, kompetisi ini dibagi dalam tiga kategori, yaitu pelajar Sekolah menengah Pertama (SMP), pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Mahasiswa. Para peserta pun diberikan kebebasan, bisa perorangan maupun kelompok. Komik pun bisa dibuat dalam bentu berwarna atau hitam putih. Syaratnya, peserta membuat komik dalam 16-24 halaman dalam ukuran kertas A4 dan karya mereka belum pernah dipublikasikan sebelumnya.

Sejumlah perangkat digital untuk grafis dari Wacom pun siap menjadi hadiah untuk pemenang di setiap kategori. Untuk kategori SMP dan SMA, ada Wacom Intuass Art Medium (pemenang pertama), Wacom Intuas Comic (pemenang kedua), dan Wacom Intuas Draw (pemenang ketiga). Sementara untuk kategori Mahasiswa, PT Datascrip dan Wacom menyediakan Wacom Intuas Pro medium Paper untuk pemenang pertama, Wacom Intuas Pro Small untuk pemenang kedua, dan Wacom Intuas Comic sebagai hadiah pemenang ketiga.

Tertarik mengikutinya? Anda bisa mengunjungi Fanpage Facebook Datascrip Creative Tablet dan Instagra, Datascrip.Creativetablet untuk mendapatkan informasi mengenai kompetisi ini.

Tags: , , , ,


COMMENTS