September 14, 2017

Vitaly Kamluk: Matikan Fungsi Bluetooth untuk Terhindar dari Ancaman BlueBorne

Penulis: Eko Lannueardy
Vitaly Kamluk: Matikan Fungsi Bluetooth untuk Terhindar dari Ancaman BlueBorne  

MOBITEKNO – Belum lama ini peneliti yang tergabung ke dalam Armis Labs melaporkan bahwa telah muncul ancaman baru yang dapat menyerang sistem operasi populer di perangkat mobile, desktop dan IoT (Internet of Things).

Ancaman ini banyak yang menyebutnya BlueBorne, karena menyebar melalui airbone dan menyerang perangkat yang menjadi target melalui fungsi Bluetooth yang dimilikinya.

Terbilang membahayakan, BlueBorne memungkinkan penyerang mengendalikan perangkat, mengakses data dan jaringan perusahaan, serta menembus jaringan "air-gapped" yang aman.

Lebih jauh, penyerang akan lebih leluasa untuk menyebarkan malware secara lateral ke perangkat yang berdekatan. Pertanyaannya, apakah ada solusinya?

Mananggapi ancaman BlueBorne ini, Director Global Research & Analysis Team APAC, Kaspersky Lab, Vitaly Kamluk memberikan opini bahwa satu-satunya cara untuk mencegah ancaman ini adalah matikan fitur Blutooth yang ada diperangkat jika tak digunakan.

"Serangan terhadap Bluetooth atau yang dijuluki BlueBorne bisa terjadi bergantung pada ketersedian perangkat Bluetooth serta kedekatan antar perangkat. Untuk itu, jika tak digunakan, matikan atau non-aktifkan fitur Bluetooth tersebut," jelas Vitaly Kamluk.

Hadirnya beragam teknologi dalam sebuah perangkat yang dirancang tentu tak terlepas dengan aspek keamanannya. Namun, karena terlalu banyak komplikasi teknologi dari waktu ke waktu, kesalahan tak mungkin terelakkan.

Beberapa kesalahan itulah yang mengakibatkan penjahat cybercrime dengan mudah memanfaatkannya. Terbukti, serangan via fungsi Bluetooth yang ada di perangkat merupakan salah satu contoh seperti yang dilaporkan oleh Armis Labs.

"Laporan terbaru tentang kerentanan di Bluetooth mencakup beberapa kerentanan pada platform tertentu, namun jumlah kerentanan yang belum ditemukan atau tidak dilaporkan kemungkinan jauh lebih besar," ujar Vitaly Kamluk.

Oleh karena itu, Vitaly Kamluk menutup opininya dengan memberikan penegasan bahwa ancaman BlueBorne bisa menjadi perhatian bagi banyak pengguna perangkat, baik perangkat mobile, desktop dan IoT. Batasi penggunaan Bluetooth jika tak benar-benar diperlukan.

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS